Destinasi

5 Fakta Seru Gedung Sate di Bandung

Bandung selalu menjadi destinasi favorit di kala long weekend. Berbagai lokasi wisata, baik alam maupun sejarah, hadir di ibukota Jawa Barat ini.

Salah satu yang menarik dan wajib banget dikunjungi adalah Gedung Sate. Terletak di jalan Diponegoro No.22, Gedung Sate menawarkan banyak benda-benda bersejarah peninggalan pemerintahan kota Bandung dan Belanda.

Semakin menarik, karena di Gedung Sate, banyak hal-hal yang masih sangat dirahasiakan, lho! Nah, sebagai referensi kamu berkunjung ke Gedung Sate, Pegipegi punya 5 fakta seru soal Gedung Sate.

1. Menyimpan Lorong Rahasia

#gedung #sate #bandung #architecture #building #like #followforfollow #follow

A post shared by Yugo Sucipto (@yyuugooo) on

Dilihat dari luar, Gedung Sate terlihat sangatlah megah. Dengan ornamen khas kolonial Belanda, siapapun bakal tertarik buat datang ke sini. Tapi siapa sangka kalau Gedung Sate menyimpan sebuah lorong rahasia yang berhubungan langsung dengan kantor dinas Gubernur Jawa Barat. Kenapa dirahasiakan? Konon kabarnya, lorong tersebut sejak lama ditutup karena ada seorang tawanan yang tewas di sana. Namun pengelola gedung nggak mau angkat bicara soal hal tragis tersebut.

2. Tugu Serangan Gurhaka

Foto: wowmenariknya

Jika kamu menyempatkan diri untuk melihat halaman depan Gedung Satu, terdapat sebuah tugu bertuliskan “Dalam mempertahankan Gedung Sate terhadap serangan pasukan Gurhaka tanggal 3 Desember 1945, tujuh pemuda gugur dan dikubur pihak musuh di halaman”. Nah, empat di antaranya yaitu Rana, Subengat, Surjono dan Susilo tetap dianggap dimakamkan di tugu tersebut lantaran nggak ditemukan.

3. Ornamen Jambu

Foto: liburanbandung

Di bagian atap Gedung Sate terdapat ornamen berbentuk jambu air berjumlah enam buah. Banyak yang mengartikan ornamen jambu tersebut sebagai penanda kesuburan wilayah yang dimiliki oleh kota Bandung. Sedangkan untuk jumlahnya, enam berarti total biaya yang digunakan untuk membangun Gedung Sate, enam juta golden.

4. Tahan Gempa

Foto: serbabandung

Pembangunan Gedung Sate dipimpin oleh arsitek asal Belanda, Ir. J. Gerber dengan gaya arsitek Indo-Eropa. Gedung Sate menggunakan banyak persendian, sehingga gedung ini tahan gempa hingga 9 SR. Nggak heran kalau bangunan yang satu ini sangat kokoh.

5. Nama Sate

Foto: okezone.com

Banyak yang mengira penamaan Gedung Sate dipilih karena banyak yang berjualan sate di sekitarnya. Padahal, jika kamu lihat struktur ornamen jambu di atas, Gedung Sate justru mirip dengan tusuk sate! Karena berbentuk seperti sate, masyarakat Bandung menyebut gedung tersebut dengan Gedung Sate agar lebih mudah diucapkan, hingga saat ini. Sementara nama asli gedung ini adalah  Gouvernements Bedrijven, sulit diucapkan, kan?

Kebayang kan, asyiknya hunting foto Gedung Sate! Nggak perlu khawatir soal bujet traveling! Soalnya Pegipegi punya tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah di Bandung. Dijamin bujet kamu nggak akan membengkak.

pesan tiket pesawat murah ke bandung pesan tiket kereta api murah ke bandung cari hotel murah di bandung

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 582 times, 4 visits today)

Comments

To Top