Destinasi

5 Fakta Seru Ayunan Langit Watu Jaran di Yogyakarta

Yogyakarta dikenal memiliki wisata kebudayaan dengan berbagai nilai sejarahnya. Nggak cuma itu, belakangan, Kota Pelajar ini juga mulai muncul dengan deretan wisata ekstrem, salah satunya Ayunan Langit Watu Jaran.

Wahana yang juga dikenal dengan Sky Wing ini dapat kamu temui di Desa Wisata Purwosari, Kulon Progo, 30 kilometer dari Yogyakarta. Nggak cuma bisa merasakan sensasi ekstremnya, tetapi kamu juga bakal disambut dengan pemandangan asri khas pegunungan Kulon Progo.

Sejak diluncurkan secara resmi pada akhir pekan lalu, Ayunan Langit Watu Jaran sukses menarik perhatian banyak wisatawan. Meskipun bukan yang pertama, karena Wisata Maribaya, Bandung juga memiliki wahana yang sama, foto-foto selfie mereka dengan wahana tersebut sudah viral di media sosial.

Nah, kira-kira apa yang bikin Ayunan Langit Watu Jaran jauh lebih spesial? Pegipegi punya 5 fakta seru seputar Ayunan Langit Watu Jaran. Simak ya!

Melayang Ketinggian 800 Meter

Foto: Kompas

Nah, berbeda dengan ayunan langit yang lain, Ayunan Langit Watu Jaran memiliki menawarkan sensasi ekstrem yang nggak main-main. Kamu bakal bergelantungan di pinggir tebing setinggi 800 meter dengan bertumpu pada tiang pancang setinggi 10 meter. Angin pegunungan bakal makin memacu adrenalin kamu semakin kencang.

Wadah Selfie Yang Instagenic

ini bukan bandung,tapi kulonprogo punya #wisatakulonprogo #jogjakarta #watujaran

A post shared by Denny.r (@denny_tam93) on

Dengan latar belakang Perbukitan Manoreh, kamu juga bisa berselfie ria. Keasrian alam yang masih terjaga dengan nuansa tenang alam pegunungan bisa bikin foto-foto kamu makin instagenic. Kamu juga bisa lho minta petugas ayunan langit untuk memfoto kamu sedang berayun-ayun di ketinggian 800 meter. Lumayan, buat pamer di sosmed!

Keselamatan Terjamin

Banyak pertanyaan muncul soal keselamatan dan keamanan dari Ayunan Langit Watu Jaran ini. Terlebih, wahana ini masih sangat baru dan berlokasi di tempat yang cukup ekstrem. Nyatanya, pengelola wisata Ayunan Langit Watu Jaran berkoordinasi langsung dengan SAR Yogyakarta dalam pengembangannya. Ini dibuktikan kualitas ayunan yang mampu menopang beban seberat 500 kilogram. Berbahan baja, ayunan ini juga anti korosi dan memiliki usia selama tiga tahun sebelum diganti baru.

Murah Meriah

Foto: eljohnnews

Jika kamu harus merogoh kocek yang lebih dalam untuk bungee jumping, Ayunan Langit Watu Jaran memiliki perbedaan yang signifikan. Hanya cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 30 ribu, kamu sudah bisa menikmati sensasi melayang selama 5-10 menit, termasuk asuransi jiwa. Karena akses jalan masuk ke sana masih jelek, pengembang wisata menyediakan layanan ojek gratis buat para pengunjung yang mau ke Ayunan Langit Watu Jaran.

Dikelilingi Wisata Alam Lainnya

Ayunan Langit Watu Jaran memang jadi wahana wisata perdana bagi Desa Wisata Purwosari. Tapi, dalam waktu dekat, pemerintah daerah juga siap memperkenalkan beberapa lokasi wisata alam baru yang nggak jauh dari Ayunan Langit Watu Jaran, seperti kebun salak, perkebunan cengkih dan teh hingga air terjun. Lokasinya pun bakal makin mudah diakses karena pada 2019 mendatang, Bandara Internasional Kulonprogo akan mulai beroperasi.

Foto utama: explorewisata

Mau coba sensasi Ayunan Langit Watu Jaran? Kamu bisa naik pesawat pesawat atau kereta api yang tiketnya bisa dipesan di pegipegi.com. Jangan lupa sekalian cari hotel murah di Yogyakarta, ya!

pesan tiket pesawat murah ke yogyakarta  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah di yogyakarta

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

(Visited 1,207 times, 12 visits today)

Comments

To Top