Kuliner

5 Fakta Menarik Wingko Babat, Si Manis Dari Kota Semarang

Mendengar kata Semarang, yang terlintas sudah pasti kulinernya. Nah, salah satu kuliner favorit para pelancong saat berkunjung ke Kota Atlas ini adalah wingko babat.

Yap, camilan yang terbuat dari kelapa ini seakan jadi kuliner wajib buat oleh-oleh dari Semarang. Dengan tekstur legit, wingko babat punya ciri khas rasa kelapa manis yang bikin kamu nggak berhenti menyantapnya.

Wingko babat adalah teman serasi buat kamu ngeteh maupun ngopi di sore hari. Nggak heran sih, kalau nggak cuma para pelancong, tetapi juga warga lokal Semarang gemar sekali berburu panganan yang satu ini.

Tapi, penasaran nggak sih tentang asal usul dari wingko babat? Well, Pegipegi punya 5 hal menarik seputar wingko babat yang harus kamu ketahui. Yuk, disimak!

Bukan Dari Semarang

Wingko Babat sudah lama dikenal luas sebagai kuliner khas Semarang. Tapi, sejarah berkata kalau kue kelapa yang satu ini justru berasal dari Babad, Lamongan, Jawa Timur. Adalah warga Babad bernama Loe Lan Hwa dan The Ek Tjong yang pertama kali membawa wingko babat ke Semarang. Mereka memutuskan mengungsi dari Lamongan saat perang pecah di sana. Dengan keahlian membuat kue kelapa, keduanya pun mulai membuka usaha wingko babat mulai 1946 di Semarang. Sejak itu, istilah wingko babat asal Semarang pun tercipta.

Jalan Pandanaran

Layaknya bakpia di Yogyakarta, wingko babat menguasai satu daerah khusus di kota Semarang. Kawasan jalan Pandanaran adalah lokasi di mana wingko babat berbagai merek banyak dijual. Biasanya, wingko dijual berdampingan dengan bandeng presto khas Semarang. Jadi, kalau mau beli wingko babat, ke jalan Pandanaran, ya!

Evolusi Rasa

Sejak pertama kali tercipta, wingko babat hadir dengan rasa kelapa yang manis dan gurih. Namun, seiring dengan kemajuan zaman, wingko babat hadir dengan varian rasa yang lebih banyak. Wingko Babat Dyriana jadi salah satu merek wingko babat dengan lima rasa, mulai dari kelapa, durian, nangka, cokelat, serta rasa pisang.

Merek Legendaris

Dari sederet merek wingko babat, nama Wingko Babad Kereta api adalah yang paling ngehits. Terdiri dari empat varian rasa, kelapa, nangka, coklat, dan vanilla, wingko babat yang satu ini terkenal dengan kemasan bergambar kereta api. Usut punya usut, ternyata Wingko Babad Kereta Api dulunya hanya dijual di sekitar Stasiun Tawang, Semarang. Dari situlah wingko babat ini menggunakan kereta api di mereknya.

Tradisi Seserahan

Jika di Semarang dikenal sebagai oleh-oleh, wingko babat di Lamongan justru beken karena menjadi salah satu bentuk seserahan pada acara pernikahan. Wingko babat merupakan simbol bagi tekat bulat sang pria untuk meminang wanita yang ia cintai.

Sudah tahu lokasinya? Biar makin murah, jangan lupa booking tiket pesawat, atau beli tiket kereta api  ke Semarang dan cari hotel Semarang, di Pegipegi, ya!

Pesan Tiket Pesawat Semarang Cari Hotel Murah di Semarang Pesan Tiket Kereta Api Semarang

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 65 times, 1 visits today)

Comments

To Top