Destinasi

5 Fakta Menarik Seputar Jakabaring Sports City di Palembang

Nggak terasa, gelaran Asian Games 2018 tinggal menghitung hari saja. Palembang, sebagai salah satu kota penyelenggara, telah bersolek diri dengan menghadirkan Jakabaring Sports City.

Jakabaring Sports City merupakan kompleks olahraga yang berdiri di tanah seluas 325 hektar. Kawasan ini memiliki banyak sekali venue olahraga yang akan digunakan para atlet berlomba mulai 18 Agustus mendatang.

Diresmikan pada 11 November 2011 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Jakabaring Sports City menawakan banyak sekali fasilitas menarik, lho. Terlebih, usai Pemprov kota Palembang melakukan penambahan pada sektor-sektor penting.

Layaknya kompleks Gelora Bung Karno di Jakarta, Jakabaring Sports City memiliki stadion besar sebagai pusatnya, Stadion Gelora Sriwijaya. Dengan kapasitas hingga 35 ribu orang, Gelora Sriwijaya sukses menggelar berbagai event olahraga berskala internasional seperti Piala Asia 2007 dan Piala AFF 2010 lalu.

Nah, penasaran nggak sih seperti fakta-fakta dari Jakabaring Sports City? Yuk, simak di bawah ini bahasannya, ya!

1. Hapus Kesan Negatif

Sebelum dibangun kompleks olahraga, kawasan Jakabaring dikenal menyeramkan, lho. Berdekatan dengan Danau Jakabaring, imej buruk melekat lantaran kawasan ini sangat sepi dulunya. Namun, guna mengubah citra tersebut, Pemprov Palembang pun memutuskan untuk menempatkan kompleks olahraga di sini. Dengan total biaya Rp 4,5 triliun, kawasan Jakabaring pun sukses disulap menjadi kompleks olahraga dengan fasilitas lengkap.

2. Modal Satu Stadion

Foto: Sinandoh

Pembangunan Jakabaring Sports City dilakukan secara bertahap. Pada awalnya, Jakabaring Sports City hanya bermodalkan satu stadion sepakbola, Gelora Sriwijaya sebagai atraksi utama. Dua hall Gelora Olahraga Dempo dan Ranau menjadi venue pendamping stadion utama. Namun, usai selesai direnovasi pada tahun lalu, Jakabaring Sports City kini telah memiliki 14 venue olahraga seperti stadion menembak, gedung akuatik hingga stadion atletik.

3. Sirkuit MotoGP

Selain Asian Games 2018, Pemprov kota Palembang juga tengah mengebut pengerjaan sirkuit bertaraf internasional. Nantinya, sirkuit tersebut akan digunakan sebagai venue helatan akbar MotoGP pada 2019 mendatan. Hermann Tilke, yang sukses mendesain sirkuit-sirkuit seperti Marina Bay Street Circuit di Singapura dan Yas Marina Circuit di Abu Dhabi, ditunjuk sebagai arsiteknya.

4. 13 Cabang Olahraga

Foto oleh: Gunawan Kartapranata

Dengan modal 14 venue, Jakabaring Sports City direncanakan menggelar total 13 cabang olahraga. Antara lain sepakbola, basket, tenis, voli, kano, dayung, menembak, triathlon, sepak takraw, panjat tebing, skateboarding, rollerskate dan bowling. Selain itu, Jakabaring Sports City akan digunakan sebagai venue penutupan Asian Games 2018 pada 2 September mendatang.

5. Fasilitas Kelas Dunia

Pemprov Palembang benar-benar serius dalam menghadirkan wajah baru dari Jakabaring Sports City. Mengingat, sekitar 15 ribu tamu negara diprediksi bakal memadati kota Palembang selama gelaran Asian Games 2018 mendatang. Untuk itu, berbagai fasilitas pendukung diberikan oleh pengelola Jakabaring Sports City. Salah satu yang paling menarik adalah LRT. Transportasi massal kelas dunia ini siap menghantarkan para atlet dan suporter dari Bandara Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II.

Mau liburan di Palembang? Biar makin murah, jangan lupa booking tiket pesawat, atau beli tiket kereta api ke Palembang di Pegipegi, ya!

Pesan Tiket Pesawat ke Palembang Cari Hotel Murah lain di Palembang Pesan Tiket Kereta Api ke Palembang

Foto utama: Gunawan Kartapranata

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top