Berita

5 Fakta Menarik LRT, Transportasi Keren di Jakarta dan Palembang

Mulai tahun ini, Indonesia kedatangan moda transportasi massal baru bernama LRT (Light Rail Transit). Dua kota besar, Jakarta dan Palembang pun menjadi yang pertama menggunakan transportasi kereta bebas macet ini.

Diresmikan oleh Presiden Jokowi pada 2015 silam, penggarapan LRT di Jakarta pun sudah 75 persen rampung dan direncanakan meluncur pada Agustus nanti. Sedangkan Palembang akan segera meresmikan LRT pada 15 Juli mendatang.

Nantinya, moda transportasi kereta ini akan berfungsi harian, mengangkut warga yang hilir mudik di dua kota tersebut, terutama pada masa ajang Asian Games 2018 mendatang.

Nah, sebelum mencicipi nikmatnya naik LRT ini, Pegipegi memiliki beberapa fakta menariknya. Siapa tahu bisa menjadi referensi kamu dan keluarga. Simak, yuk!

1. Buatan Dalam Negeri

Proyek LRT melibatkan anak bangsa. Pasalnya, Palembang akan menggunakan rangkaian LRT yang dibuat oleh PT INKA (Persero), Madiun. Dengan kapasitas total 379 orang per rangkaian, LRT Palembang sudah menggunakan Wi-Fi untuk memudahkan warga beraktifitas.

2. Datang Dari Korea Selatan

Foto: Wikipedia

Berbeda dengan Palembang, proyek LRT Jakarta menggunakan rangkaian yang datang dari Korea Selatan. Dibuat oleh Hyundai Roterm, LRT buatan Korea Selatan ini memiliki spesifikasi yang sama. Adalah kecepatan dan ketepatan dalam penggarapan jadi alasan PT Jakarta Propertindo selaku pemenang tender LRT memilih LRT buatan Korea ini. Namun, nantinya, produksi LRT selanjutnya akan menggunakan rangkaian buatan PT INKA di Madiun.

3. Bernilai Triliyunan

Proyek LRT di dua kota tersebut menghabiskan dana yang cukup besar. Jika Palembang menggunakan dana sebesar Rp 12 triliun, Jakarta harus menghabiskan dana sebesar Rp 23 triliun. Kedua dana tersebut digunakan untuk membangun infrastruktur LRT seperti depo, stasiun, rel hingga rangkaian keretanya.

4. Demi Kelancaran Lalu Lintas

Beberapa hari lalu, muncul pertanyaan yang cukup menghebohkan. Kenapa LRT membutuhkan pembangunan tiang tinggi? Jawabannya sederhana, faktor geografis wilayah di Jakarta lantaran pembangunan LRT nggak bisa dipukul rata tinggi rendahnya. Hal yang mempengaruhi lainnya adalah soal kelancaran lalu lintas. Pemerintah menyediakan LRT untuk mengurangi banyak perlintasan kereta api di darat yang sering menjadi penyebab kemacetan.

5. Jarak Tempuh

LRT di Palembang menghubungkan Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II dengan Kompleks Olahraga Jakabaring. Sedangkan Jakarta akan memiliki tuju rute LRT berbeda seperti Kebayoran Lama-Kelapa Gading hingga Puri Kembangan-Tanah Abang. Jika Palembang mencakup jarak 23,4 kilometer, maka Jakarta 42,1 kilometer dengan perencanaan total jarak 130 kilometer.

Sekarang, jadi semangat kan buat menyambut LRT? Sambil menunggu, yuk traveling. Tenang, biar nggak ribet, kamu bisa pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Ottowa Construction

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top