Destinasi

5 Fakta Menarik Lokasi Syuting Kong: Skull Island

King Kong kembali menjajah Hollywood. Lewat film terbarunya, Kong: Skull Island, karakter kera monster dari mitos Jepang ini secara tegas menegaskan kalau nggak ada yang bisa menaklukkannya.

Dikemas ke dalam film penuh action sepanjang 118 menit, Kong: Skull Island mampu merajai tangga film Box Office. Maklum, beberapa nama besar seperti Tom Hiddleton, Samuel L. Jackson hingga Brie Larson dilibatkan dalam pembuatannya.

Namun, ada yang menarik dari film Kong: Skull Island ini. Yap, mereka sukses mengeksploitasi keindahan alam Vietnam nyaris di sepanjang filmnya. Beberapa spot wisata menakjubkan diubah menjadi setting film, salah satunya Hạ Long Bay.

Situs Warisan Dunia versi UNESCO ini menjadi istana buat sang King Kong sepanjang film. Di sanalah, King Kong berjibaku dengan manusia sekaligus Skull Crawlers, kadal purba, untuk mempertahankan wilayah dan isinya.

Nah, sebelum kamu nonton film arahan sutradara Jordan Vogs-Roberts ini, Pegipegi kasih sedikit fakta-fakta menarik soal Hạ Long Bay, Istana Sang King Kong.

1. Mantan Rumah Naga

ha_long_bay

Foto dari gapyear

Teluk Hạ Long Bay dikenal memiliki pulau-pulau karst yang menakjubkan. Terbentuk pada 500 juta tahun yang lalu akibat aktivitas tektonik laut China Selatan, teluk Hạ Long Bay merupakan salah satu sedikit wilayah di Vietnam yang pernah dihuni manusia pra sejarah pada ribuan tahun yang lalu. Menariknya adalah soal kisah legenda. Menurut orang lokal di sana, Hạ Long Bay punya arti Teluk Naga. Mereka percaya pulau-pulau Karst yang hadir di teluk Hạ Long Bay terjadi karena dewa menurunkan naga untuk menjatuhkan permata dan batu giok di sana.

2. Dikelilingi Ribuan Pulau

5088108_orig

Foto dari halongbaycastawaytour

Walau statusnya hanya teluk, jangan pernah meremehkan Hạ Long Bay. Yap, di sana lah berdiam ribuan pulau karst yang sangat indah. Beberapa memiliki nama seperti Pulau Ubur-Ubur, Pulau Gajah hingga Pulau Kembar. Karena jumlahnya ribuan, sebagian besar pulaunya belum pernah disentuh manusia karena memiliki ketinggian yang ekstrim untuk dikulik. Medannya pun terbilang sulit ditaklukan jika kamu datang tanpa persiapan.

3. Kaya Akan Flora dan Fauna

boniodendron-parviflorum-an-endemic-plant-on-ha-long-bay-custom

Foto dari http://world-bays.com

Nggak cuma King Kong dan naga yang pernah di situ. Menurut sumber yang ada, Hạ Long Bay memiliki 14 spesies flora dan vegetasi sub tropis yang langka seperti schefflera alongensis atau uyung hingga impatiens halongensis. Nah, soal fauna lebih hebat lagi. 20 jenis fauna mendiami Hạ Long Bay dengan 450 jenis moluska serta 200 spesies ikan yang hidup di perairannya. Jadi nggak heran, kamu bisa ketemu berbagi macam hewan dan tumbuhan aneh di sana.

4. Goa-Goa Langka

thien cung cave - Oriental sails

Foto dari orientalsails

Deretan pulau karst yang terdapat di Hạ Long Bay menyimpan banyak misteri. Nah, itu semua bisa kamu temukan jika berani masuk ke goa-goa langka yang ada di sana. Karena jumlah pulaunya ribuan, jangan heran kalau angka goanya dua kali lipat. Tapi tenang, beberapa pemadu wisata di sana sudah punya goa-goa favorit seperti Hang Hanh (gua terpanjang di Halong Bay), Kim Quy Grotto, Luon Grotto, Tam Cung Cave, Me Cung Cave, Trinh Nu Grotto, Bo Nau Cave, Sung Sot Cave, Thien Cung Cave, dan goa terbesar Dau Go Cave. Siapa tahu kan bisa meet and greet bareng King Kong

5. Ranjau Perang Bertebaran

ha-long-61-e1467707293594

Foto dari http://absolutevietnam.vn

Buat yang belum tahu, terletak di Vietnam, Teluk Hạ Long Bay sempat kedatangan tamu nggak diundang pada abad-13. Kala itu, Invasi Kubilai Khan dari Mongolia sukses menduduki Teluk Hạ Long Bay sebelum diusir oleh bangsa Vietnam. Alhasil, banyak sekali senjata hingga perahu antik peninggalan bangsa Mongol tersebar di sini. Nggak cuma itu, sejak Perang Vietnam berakhir, Amerika Serikat “lupa” bawa pulang banyak sekali ranjau-ranjau dari sana. Jadi, harus hati-hati kalau mau ke Teluk Hạ Long Bay.

Foto utama dari squarespace

Mau ke Vietnam tapi jauh? Nggak perlu khawatir soal kam bisa travelling di Indonesia dengan bujet yang minim! Soalnya Pegipegi punya tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah buat kamu travelling bareng dia!

CARI HOTEL MURAH

CARI TIKET PESAWAT MURAH

CARI TIKET KERETA API MURAH

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 353 times, 1 visits today)

Comments

To Top