Kuliner

5 Fakta Menarik Getuk Lindri yang Manis dan Legendaris

Jika kamu suka traveling ke Jawa Tengah, ada satu kuliner menarik yang wajib dicoba. Namanya adalah getuk lindri.

Yap, panganan berbahan dasar singkong ini memang mudah ditemui jika kamu berwisata ke daera seperti Magelang, Yogyakarta, Solo hingga Semarang. Bentuknya yang cantik serta rasanya yang manis mampu membuat lidah kamu bergoyang.

Namun, nggak banyak yang tahu kenapa getuk tersebut dinamakan lindri. Apalagi soal asal usul siapa yang pertama kali muncul dengan ide membuat getuk gulung yang satu ini.

Untuk menjawab sedikit rasa penasaran Pegipegi sudah siapkan 5 fakta menarik seputar getuk lindri yang wajib kamu ketahui. Mari, disimak!

1. Asal Nama Lindri

Banyak orang yang mengira nama lindri pada getuk lindri merepresentasikan seseorang. Ternyata, nggak sepenuhnya benar. Nama lindri diambil dari alat penggulung getuk, lindri. Proses penggulungan adonan pun dinamakan lindri. Jadi, getuk lindri bukan getuk yang dibikin orang oleh bernama, lindri ya!

2. Mirip Mie

Berbeda dengan model getuk lain, getuk lindri memiliki bentuk yang sangat khas. Bongkahan adonan singkong yang digulung kemudian dipress menciptakan bentuk getuk yang mirip mie. Aroma getuk lindri pun berbeda dengan yang lain, karena menggunakan daun pandan yang harum serta parutan kelapa yang gurih, menambah sedap getuk lindri.

3. Umumnya Tiga Warna

Warna getuk lindri memang bermacam-macam. Namun, masyarakat lebih akrab dengan tiga warna dasar getuk lindri, krem, pink dan hijau muda. Ketiga warna tersebut melambangkan sifat getuk lindri yang sederhana tetapi juga fun, dapat diingat terus oleh siapapun yang menyantap.

4. Campursari Maupun Disco

Yang khas lainnya dari getuk lindri adalah penampakan pedagangnya. Di beberapa daerah, para pedagang menjajakan getuk lindri dengan menggunakan gerobak berwarna putih biru. Dengan pengeras suara di atas, sang pedagang menarik perhatian calon pembeli dengan memainkan lagu campursari maupun disco keras-keras.

5. Pengganti Beras

Getuk lindri sudah ada dari zaman penjajahan Belanda. Warga Magelang menggunakan getuk sebagai panganan pokok, pengganti beras. Maklum, pada masa itu, beras adalah bahan makanan sehari-hari yang sangat sulit buat didapatkan. Sosok yang pertama kali berinovasi adalah mbah Ali Mohtar yang berasal dari Desa Karet, Magelang. Ia membuat getuk, ia mencoba berinovasi dengan ketela sehingga menjadi satu makanan yang menarik untuk dihidangkan dan nggak bikin bosan buat disantap.

Ada rencana mencicipi getuk lindri? Sekalian liburan saja! Yuk, segera rencanakan liburanmu dengan pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 53 times, 1 visits today)

Comments

To Top