Destinasi

5 Fakta Kampung Pelangi yang Bikin Kamu Ceria

Mau berburu tempat wisata lucu dan unik buat foto? Nah, kayaknya kamu perlu singgah ke kota Semarang, deh. Di sana, kamu dapat menjumpai kampung yang penuh dengan warna, Kampung Pelangi.

Sesuai dengan namanya, Kampung Pelangi menawarkan deretan bangunan berhias warna cerah layaknya pelangi. Mulai dari jembatan hingga atap rumah, semuanya memiliki corak warna yang bikin kamu tersenyum lebar.

Tiap akhir pekan, Kampung Pelangi nggak pernah sepi pengunjung, lho. Muda-mudi kota Semarang maupun pelancong rela berjalan kaki demi menikmati keceriaan di Kampung Pelangi.

Penasaran nggak sih sama Kampung Pelangi? Sebelum kamu ke sana, Pegipegi bakalan kasih tahu beberapa fakta menarik soal Kampung Pelangi yang siap bikin kamu ceria dan tersenyum lebar.

Letak Strategis

Untuk bertandang ke Kampung Pelangi, nggak sulit kok. Terletak di Kelurahan Randusari, kampung yang nama aslinya adalah Wonosari ini berada di dekat Tugu Muda dan Lawang Sewu, selatan Jalan Dr Sutomo. Posisinya berada di belakang Pasar Bunga Kalisari yang baru saja direnovasi.

Total 232 Rumah

Warna ceria yang hadir di Kampung Pelangi nyatanya muncul dari ide milik Slamet Widodo, kepala sekolah di Kampung Pelangi. Demi menghindari kesan kumuh, ia beserta warga kampung berbicara dengan pemerintah kota untuk mewarnai kampung tercinta ini. Hasilnya, ada 232 buah rumah yang rela menjadi kanvas buat karya seni ala Kampung Pelangi.

Tembus Rp 2 Milyar

When in #Semarang. #house #kampungpelangi #building #art #color

A post shared by Wisda Amalia (@wisdacil) on


Nggak cuma rumah, beberapa infrastruktur penunjang kampung seperti pos kamling, jembatan hingga balai desa pun dicat dengan warna pelangi. Nah, bagaimana dengan asalnya? Ternyata Pemerintah Kota Semarang yang menyetujui ide tersebut menyumbang dan sebesar Rp 2 milyar sebagai dana bantuan CSR untuk Kampung Wonosari. Walikota Semarang,  Hendrar Priyadi pun ikut turun tangan mengecet kampung ini, lho!

Nggak Sekedar Cat Berwarna

Colorful Indonesia! 🇮🇩 #colors #colorful #indonesia #village #decouverte #travel #voyage #kampungpelangi

A post shared by Open Minded (@openmindedmag) on

Dari luar, Kampung Pelangi terlihat sangat cerah karena pilihan warna yang mencolok. Tapi, jika kamu datang satu per satu bangunannya, ada banyak desain kartun lucu yang bisa kamu gunakan sebagai latar belakang selfie, deh! Mulai dari gambar sayap malaikat, perahu hingga balon bisa kamu temukan di sini.

Beken di Luar Negeri

Kampung pelangi #kampungpelangisemarang #semaranghits #visitsemarang #indonesia #streetphotography

A post shared by Amu Yarkhamu (@amu_yarkhamu) on

Pesona ceria Kampung Pelangi ternyata nggak cuma terdengar di dalam negeri, lho! Beberapa media luar, salah satunya adalah Vogue membahas kampung ini di laman situs resmi mereka. Headline “The Tiny Rainbow Village That’s Sparking an Instagram Craze” muncul dan langsung meraih atensi para pembacanya. Semua berkat para pengunjung yang mengabadikan Kampung Pelangi di akun Instagram mereka. Salut banget, deh!

Foto utama: thetripcorner

Penasaran sama Kampung Pelangi? Sekalian yuk liburan! Untuk kamu yang ingin liburan, pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah di Semarang lewat Pegipegi.

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 727 times, 4 visits today)

Comments

To Top