Uncategorized

5 Fakta Heboh Hewan Mirip Cumi-Cumi Raksasa di Maluku

Kalau kamu pecinta mitologi mahluk raksasa laut, kabar yang satu ini terdengar sangat menarik. Masyarakat Pulau Seram, Maluku dihebohkan dengan sebuah penampakan hewan mirip cumi-cumi raksasa.

Yap. hewan mirip cumi-cumi raksasa tersebut ditemukan oleh warga pesisir Pantai Dusun Hulung, Kabupaten Seram Bagian Barat pada sore hari, Selasa (9/5) lalu. Niat hati mau pulang berlayar usai mencari ikan, justru mereka kedatangan tamu yang ternyata sudah tidak bernyawa ini.

Nah, bagaimana sih penampakannya? Kenapa cumi-cumi raksasa tersebut bisa terdampar? Pegipegi sudah kumpulkan beberapa fakta menarik tentang cumi-cumi raksasa di Pulau Seram tersebut. Simak ya!

Ukuran 1 Bus Mewah

Foto: citizenjournalism

Kalau biasanya cumi hanya berukuran 20-40 cm, cumi-cumi raksasa yang ditemukan di Pulau Seram beda! Ia memiliki panjang 15 meter dengan lebar 6-7 meter. Perbandingannya sama seperti ukuran dimensi bus mewah, Elysum RV yang dilengkapi dengan landasan helikopter di atasnya.

Terdampar 7-10 Hari

Foto: kumparan

Saat ditemukan, hewan laut mirip cumi-cumi raksasa ini telah mati. Setelah diteliti, ternyata ia sudah terdampar selama 7-10 hari. Bau busuk yang menyengat jadi salah satu penyebab kenapa warga bisa menemukan hewan ini, meski jauh dari dermaga.

Seberat Crane

Foto: kumparan

Proses evakuasi bangkai hewan laut mirip cumi-cumi raksasa ini memakan waktu yang lama. Maklum, dengan dimensi sebesar itu, hewan ini juga memiliki berat yang luar biasa. 35 ton adalah angka yang muncul saat tim melakukan evakuasi. Beratnya sama seperti crane yang biasa digunakan untuk proyek konstruksi.

Khawatir Mencemari

Foto: pojoksatu

Saat ditemukan, hewan laut mirip cumi-cumi raksasa ini telah membusuk. Banyak burung pencari bangkai dan belatung muncul. Baunya yang nggak sedap juga memancing niat warga untuk mengangkatnya ke daratan. Takut jika pantai mereka tercemar semakin lebih parah lagi.

Ternyata Cuma Paus

Foto: sekadau

Pertanyaan mengenai jenis hewan laut yang terdampar pun terjawab usai Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) datang untuk menyelidiki. Setelah dilakukan pemeriksaan, KPP memastikan bahwa bangkai tersebut adalah ikan paus berjenis sperm whale. Bagian tubuh dari paus yang membusuk pun terbelah dan bentuknya menyerupai tentakel. Nggak heran wujudnya mirip cumi-cumi raksasa.

Mau liburan sambil nonton cumi-cumi di atas? Sekalian liburan deh dengan pesan tiket pesawat murah, juga hotel murah di Ambon melalui pegipegi.com!

cari tiket pesawat murah

cari tiket kereta api murah

cari hotel murah di jakarta

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 400 times, 2 visits today)

Comments

To Top