Destinasi

5 Destinasi Wisata Seru di Probolinggo

Indonesia memang menawarkan begitu banyak wisata alam yang indah, dan salah satunya di Probolinggo. Berada di Jalur Pantura, Probolinggo jadi destinasi yang strategis buat kamu datangi. Setidaknya ada lima destinasi wisata seru yang nggak boleh kamu lewatkan di Probolinggo. Cek di sini, yuk!

1. GUNUNG BROMO

Dari gunung yang menjadi ikonnya Jawa Timur ini kamu bisa lihat pemandangan fantastis dari ketinggian sekitar 2.300 meter di atas permukaan laut. Nah, banyak orang yang ingin mendaki Gunung Bromo berangkat dari Probolinggo. Kamu bisa mengikuti rute menuju Desa Cemoro Lawang yang ada di dekat pintu masuk kawasan Gunung Bromo.

Pemandangan sunrise atau sunset-nya paling juara dan bisa kamu lihat dengan jelas dari Puncak B29, yang jadi salah satu view point di Gunung Bromo. Harga tiket masuk ke kawasan Gunung Bromo berkisar antara Rp 27.500-Rp 32.500 untuk wisatawan lokal dan Rp 217.500-Rp 317.500 untuk wisatawan asing.

2. DESA CEMORO LAWANG

Karena ada di ketinggian, Desa Cemoro Lawang sering disebut-sebut sebagai negeri di atas awan. Di pagi hari, desa ini diselimuti oleh kabut tebal yang akan menghilang saat matahari makin tinggi. Rumah-rumah penduduk dengan perkebunan yang tersebar di desa ini menambah pemandangan hijau yang memanjakan mata. Desa ini juga bisa jadi objek foto buat kamu yang hobi fotografi. Saat mau mampir ke Gunung Bromo, kamu bisa transit dulu di desa ini buat refreshing.

3. AIR TERJUN MADAKARIPURA

Punya tinggi hingga 200 meter, Air Terjun Madakaripura menjadi air terjun tertinggi di Pulau Jawa, lho! Kebayang, dong, gimana indahnya pemandangan di sini? Air terjun ini juga punya sebutan Air Terjun Abadi karena derasnya air di sini nggak pernah berhenti dan berkurang sedikitpun. Tapi saat musim hujan, debit air di Air Terjun Madakaripura dapat berubah sewaktu-waktu dan bisa membahayakan.

Untuk rute ke sini, kamu bisa naik bus besar yang mengarah ke Tongas dan berhenti di pertigaan Tongas. Setelah itu, lanjutkan perjalanan dengan menaiki angkot ke arah pintu masuk air terjun. Kamu bisa membayar tiket masuk sekitar Rp 11.000 per orang. Di perjalanan menuju air terjun, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan pepohonan hijau dan udara yang segar. Jangan lupa gunakan sepatu atau sandal gunung yang nyaman dan bawa baju ganti, ya!

4. PANTAI BENTAR

Pengin jalan-jalan ke pantai? Probolinggo punya Pantai Bentar. Biasanya pantai identik dengan udara yang panas. Tapi di Pantai Bentar, kamu bisa merasakan udara sejuk dari pepohonan yang ada di pinggir pantai. Jembatan kayu yang membentang di Pantai Bentar juga bisa jadi spot selfie kamu saat berkunjung ke sini.

Kalau kamu lapar, mampir ke warung-warung yang ada di pinggir pantai. Ada makanan dan minuman seperti es kelapa muda yang menyegarkan. Harga tiket masuk ke Pantai Bentar hanya sekitar Rp 4.000 untuk orang dewasa dan Rp 3.000 untuk anak-anak. Pantai ini bisa diakses dengan mudah dari Jalur Pantura.

5. PULAU GILI KETAPANG

Foto: yosianurvia

Menyeberang dari Probolinggo, ada Pulau Gili Ketapang yang nggak kalah indahnya. Pulau berpasir putih ini bisa diakses dari Pelabuhan Tanjung Tembaga dengan satu jam perjalanan perahu. Pemandangan bawah lautnya pun bisa kamu nikmatin lewat snorkeling. Ada ikan warna-warni dan terumbu karang yang indah menghiasi bawah laut Pulau Gili Ketapang.

Nggak banyak penduduk yang tinggal di Pulau Gili Ketapang, makanya pulau ini jadi tenang dengan ombak yang sedikit. Cocok banget buat kamu yang bosan dengan hiruk-pikuk suasana perkotaan. Kalau mau sedikit bertualang, kamu bisa coba buat berkemah di Pulau Gili Ketapang.

Yang mau jalan-jalan ke Probolinggo, ayo pesan tiket kereta api dan hotel murah di Probolinggo lewat Pegipegi! Supaya liburan kamu makin hemat. Selamat liburan!

pesan tiket kereta api murah ke probolinggo cari hotel murah di probolinggo

Foto utama: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top