Destinasi

5 Destinasi Wisata Alam Menawan di Sekitar Candi Borobudur

Liburan ke Jawa Tengah nggak bakal lengkap kalau belum mampir ke Borobudur. Yap, candi Buddha terbesar di dunia ini adalah destinasi wisata kebudayaan kelas dunia yang sarat akan sejarah.

Banyak wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, yang berbondong-bondong untuk liburan di sana. Ada juga yang tertarik untuk mengulik kisah di balik kemegahan Candi Borobudur.

Terletak di Magelang, Borobudur pun juga dikelilingi banyak sekali spot wisata alam yang nggak kalah menariknya. Mulai dari kawasan danau, gunung hingga bukit hijau cocok buat kamu yang ingin dapat panorama berbeda.

Nah, sebagai referensi kamu, Pegipegi punya 5 destinasi wisata alam di sekitar Candi Borobudur yang wajib disambangi. Simak di bawah ini, yuk!

Gunung Telomoyo

Gunung Telomoyo merupakan gunung yang berada di Kabupaten Semarang dan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Gunung cantik ini adalah gunung berapi yang belum pernah meletus. Ketinggiannya mencapai 1.894 mdpl. Gunung Telomoyo bisa dilihat dari Kota Salatiga, Secang, Magelang, dan Ambarawa. Gunung Telomoyo diapit oleh Gunung Ungaran, Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, dan Gunung Sumbing. Waktu terbaik untuk berwisata di Gunung Telomoyo adalah saat pagi atau sore hari. Ketika menikmati sunrise atau sunset di sana, dijamin rasa letih sekaligus stres hilang seketika. Makanya, gunung ini lebih sering disebut sebagai Gunung Pemancar ketimbang Gunung Telomoyo.

Puncak Suroloyo

Buat kamu yang kangen dengan cantiknya matahari terbit, coba kunjungi Puncak Suroloyo yang ada di Kulon Progo, Yogyakarta. Berhubung lokasinya ada di puncak bukit, kamu bisa melihat semburat sinar matahari saat terbangun dari peraduannya. Mau mengabadikan lewat lensa kamera, bisa banget! Selain itu, kamu pun akan disambut kupu-kupu, capung, dan burung-burung yang menjadi penghuni tetap Pegunungan Menoreh. Suntikan energi ini pun dijamin sukses membuat travelers semangat lagi untuk melanjutkan perjalanan menuju Puncak Suroloyo.

Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu adalah salah satu spot terbaik untuk menyaksikan sunrise dengan latar Gunung Merapi Merbabu. Dari sana, kamu dapat menikmati cantiknya Candi Borobudur yang diselimuti kabut. Punthuk Setumbu berada di sebuah bukit yang memiliki ketinggian sekitar 400 mdpl yang terletak di gugusan Bukit Menoreh. Awalnya tempat ini hanya sebuah ladang penduduk, namun sejak ada fotografer yang mengabadikan sunrise dari sana, orang-orang pun pada berdatangan. Di tempat ini terdapat rumah panggung, gazebo, dan kursi-kursi kayu yang digunakan duduk menanti matahari terbit.

Air Terjun Kedung Kayang

Air Terjun Kedung Kayang adalah wisata alam yang sangat mempesona. Memiliki ketinggian 40 meter, Air Terjun Kedung Kayang menyimpan pesona Gunung Merapi dari kejauahan. Air yang mengalir dari atas, jatuh dengan derasnya, menciptakan efek cantik untuk berfoto. Udara yang sangat sejuk berpadu dengan panorama hutan pinus di sekitar, membuat Air Terjun Kedung Kayang destinasi yang spesial. Air Terjun Kedung Kayang dapat diakses dari Boyolali maupun Magelang. Namun, para wisatawan lebih banyak memilih rute menuju Puncak Ketep untuk mencapai Air Terjun Kedung Kayang.

Embung Kledung

Berlokasi di Parakan, Temanggung, Embung Kledung menawarkan wisata danau yang berada di dataran tinggi. Udara sejuk dan panorama hijau tersaji siap bikin kamu terpukau. Makin menarik, karena kamu juga bakal dimanjakan keindahan dua gunung kembar, Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Selain sebagai tempat wisata, Embung Kledung juga merupakan wadah penampungan air hujan dimana apabila musim kemarau embung ini dimanfaatkan untuk pengairan, sumber mata air dan dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari.

Pengin main ke Magelang? Sekalian bermalam di Magelang dan cari hotel murah di Magelang lewat Pegipegi! Selamat liburan!

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top