Destinasi

5 Destinasi Wisata Alam di Indonesia Buat Liburan Sepanjang 2020

Jatah cuti kembali penuh? Jangan lupa pakai buat liburan, ya! Apalagi, sepanjang tahun 2020, ada banyak hari libur yang bisa kamu manfaatkan buat traveling.

Nggak usah jauh-jauh ke luar negeri, deh. Sialnya, Indonesia punya banyak banget tempat wisata yang seru buat dikunjungi.

Kebetulan, deretan destinasi wisata ini masuk ke dalam daftar teratas pencarian di Google, lho. Jadi, sudah pasti bagus dan cantik banget.

Penasaran? Berikut rekomendasi 5 destinasi liburan seru sepanjang 2020. Simak, yuk!

Raja Ampat

Nggak bisa dipungkiri lagi, Raja Ampat adalah destinasi impian para pelancong di Indonesia. Baik wisatawan dalam negeri maupun mancanegara berlomba-lomba untuk datang dan menikmati keindahan alamnya. Salah satu alasannya adalah Pesona Pulau Pianemo. Memiliki arti kepala tombak, pulau unik yang satu ini nggak cuma menawarkan panorama yang cantik, tetapi pengalaman nggak terlupa bersantai dari atas padang bukitnya. Makin menawan, Pianemo dikelilingi oleh air laut yang sangat biru. Cuaca tropis khas pesisir membalut gugusan pulau ini yang sesekali diterjang angin bukit yang santai dan nyaman, membuat kamu betah berlama-lama di sana. Meski harus menaiki 320 anak tangga, rasa lelah bakal terbayar lunas saat melihat pesona dari Pulau Pianemo. Maklum, kawasan ini dianggap sebagai Wayag versi mini yang menawarkan bukit-bukit karst menjulang cantik. Selain Pianemo, Raja Ampat juga menawarkan destinasi wisata santai lainnya, seperti Desa Yenwaupnor yang memesona. Di Desa Yenwaupnor, kamu bisa dengan bebas mendengarkan kicauan burung cendrawasih yang mampu menyejukkan hati. Karena, di sana belum terjangkau oleh banyak wisatawan.

Gunung Bromo

Gunung Bromo adalah ikon wisata Provinsi Jawa Timur. Dari gunung ini, kamu bisa lihat pemandangan fantastis dari ketinggian sekitar 2.300 meter di atas permukaan laut. Nggak heran, setiap hari, kawasan Gunung Bromo nggak pernah sepi dari para pelancong. Ada yang mendaki hingga ke puncak, namun ada pula yang cuma main-main ke Pasir Berbisik Bromo. Nah, banyak orang yang ingin mendaki Gunung Bromo berangkat dari Probolinggo. Kamu bisa mengikuti rute menuju Desa Cemoro Lawang yang ada di dekat pintu masuk kawasan Gunung Bromo. Pemandangan sunrise atau sunset-nya paling juara dan bisa kamu lihat dengan jelas dari Puncak B29, yang jadi salah satu view point di Gunung Bromo. Buat main ke Gunung Bromo, kamu bisa transit di kota Malang. Dengan rute Malang-Tumpang-Gubugklakah-Ngandas-Jemplang-Bromo, kamu butuh 2,5 jam perjalanan. Rute ini menjadi favorit di kalangan wisatawan ketimbang melalui Surabaya-Probolinggo. Meski medannya cukup terjal, pemandangan alam yang tersaji di sini siap memanjakan kamu.

Dieng

Nama Dieng memang sudah tidak asing lagi bagi traveler Indonesia, bahkan turis mancanegara juga banyak lho yang mengunjungi daerah ini. Wajar saja, selain pemandangan alam yang indah, Dieng juga punya banyak tempat wisata yang unik untuk dikunjungi seperti Telaga Warna yang legendaris, sumber mata air yang bertebaran, kompleks candi Hindu dan budaya Kejawen yang masih kental dianut masyarakatnya. Untuk mencapai Dieng, terlebih dulu kamu harus menuju Wonosobo yang berjarak sekitar tiga jam dari Magelang. Dari Terminal Wonosobo, kamu bisa melanjutkan perjalanan selama satu jam menggunakan mikrobus ke arah Dieng. Tibalah kamu di Dataran Tinggi Dieng yang terletak sekitar 2.000 meter di atas permukaan laut. Banyak sekali tempat wisata yang bisa kamu kunjungi selama berada di Dieng. Sebut saja Telaga Warna, Kawah Sikidang, Kompleks Candi Arjuna, hingga Bukit Sikunir.

Nusa Penida

Liburan di Bali nggak lengkap kalau nggak main ke Nusa Penida. Sebagai salah satu dari tiga pulau kecil ngetop di Bali, Nusa Penida punya banyak spot menarik untuk ditawarkan. Mulai dari berjemur di pinggir pantai, hingga berburu mata air yang segar, semuanya bisa dilakukan dalam sehari mengingat pulau yang satu ini nggak terlalu besar. Menariknya, meski masih cukup asri, Nusa Penida sangat mudah untuk diakses. Kamu bisa main dan berlibur di sini hanya dengan menumpang transportasi air mulai dari kapal cruise, fast boat, maupun kapal Ro-Ro (roll on – roll off) Nusa Jaya Abadi. Ada banyak banget aktivitas yang bisa dilakukan selama berada di Nusa Penida. Seperti berendam di Mata Air Tembeling, buru karang di Angel’s Bilabong hingga menjelajah Goa Giri Putri.

Labuan Bajo

Siapa sih yang nggak tahu Labuan Bajo? Surga wisata dengan jutaan pesona alam di dalamnya sudah cukup lama dikenal sebagai destinasi kelas dunia yang menawan. Nggak cuma pantai yang cantik dan deretan pulau tropis memesona, Labuan Bajo juga siap membuat kamu terpanah dengan danau yang cantik hingga air terjun yang sejuk. Labuan Bajo adalah pelabuhan kecil yang dijadikan tempat masuk jika kamu berkunjung ke Pulau Komodo. Letaknya di ujung barat Flores, wilayah Nusa Tenggara Timur. Tentunya pemandangannya nggak kalah indah dengan Pulau Komodo. Karena, ketika sunset, warna langit berubah menjadi jingga. Matahari yang mulai tenggelam akan menciptakan siluet pulau-pulau kecil yang dekat dengan pelabuhan.

Sudah nggak sabar liburan tahun baru? Jangan lupa pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah pesan tiket kereta api murah cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top