Destinasi

5 Destinasi Pilihan Ramadan 2013

Idealnya, bulan Ramadan memang dihabiskan bersama keluarga tercinta di tempat kita tinggal. Tapi, tidak salah juga lho kalau kamu ingin mencicipi suasana Ramadan di kota atau bahkan negara lain.

Nah, untuk travelers yang berencana menjalani Ramadan jauh dari rumah, PegiPegi sudah merangkum 5 pilihan destinasi di luar Indonesia yang bisa menjadi opsi kamu dalam menjalani ibadah puasa yang lain dari biasanya.

1. Penang – Malaysia

Mosque-Penang-Georgetown

Sebagai negara tetangga yang memiliki banyak kemiripan budaya dengan Indonesia,  Malaysia menjadi pilihan tepat untuk kamu yang masih ingin merasakan suasana yang mirip dengan kampung halaman. Selain merasakan atmosfer dan kegembiraan Ramadan serupa seperti di Indonesia, Penang juga menawarkan ragam kuliner yang lezat. Warga Malaysia sendiri mengakui bahwa kuliner terlezat negeri itu berada di Penang.

2. Tunis – Tunisia

tunis2

Tunisia adalah kota indah di kawasan Mediterania yang mengusung pesona kota kuno meskipun beberapa bagian kota terasa lebih modern. Kamu tidak akan kesulitan menemukan makanan halal di Tunis karena mayoritas warganya memang beragama Islam. Tapi, Tunis juga menawarkan roti dan kue ala Prancis, karena negara ini memang pernah menjadi jajahan Prancis. Kombinasi dua budaya itu menjadikan Tunis sebagai destinasi eksotis yang bisa kamu nikmati di bulan Ramadan tahun ini.

3. Doha – Qatar

doha qatar

Kalau kamu ingin merasakan suasana Ramadan di wilayah Arab, Doha adalah pilihan yang menarik. Jadwal dan ritme di seluruh penjuru kota akan berubah dan menyesuaikan dengan ritme Ramadan. Kamu tidak akan kesulitan mencari tempat berbuka puasa atau sahur di Doha karena hampir semua restoran besar menawarkan menu tersebut. Selain itu, semua masjid di sini akan menggelar berbagai aktivitas untuk memperdalam ilmu agama serta meramaikan suasana Ramadan.

4. Cape Town – Afrika Selatan

cape town

Kota paling selatan di benua Afrika ini menawarkan pemandangan indah sekaligus suasana kota modern yang rapi dan tertib. Dikelilingi oleh pegunungan dan pantai, Cape Town memiliki populasi Muslim yang cukup besar. Kamu bisa menemukan banyak masjid di sekitar area Bo Kaap dan Signal Hill untuk menjalankan ibadah Tarawih ataupun salat lima waktu. Nilai plus lainnya, periode Juni hingga Agustus adalah musim dingin di Cape Town, jadi kamu tidak perlu khawatir kehausan karena temperatur tinggi di benua Afrika.

5. Gold Coast – Australia

gold-coast2

Meskipun Australia bukan negara yang didominasi warga Muslim, tapi Gold Coast bisa menjadi pilihan untuk menjalani ibadah puasa kamu. Islamic Center di Arundel adalah satu-satunya masjid di Gold Coast. Tapi jangan salah lho, masjid ini menggelar banyak aktivitas keagamaan maupun sosial di bulan Ramadan. Kamu juga bisa mencicipi berbagai menu buka puasa dari komunitas Muslim di sana yang mewakili banyak negara. Oya, karena Australia sedang menjalani musim dingin, waktu puasa kamu cenderung lebih singkat lho. Sebagai gambaran, waktu imsak tahun ini sekitar pukul 6.37, sementara waktu berbuka adalah sekitar pukul 5.06.

(Visited 147 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top