Destinasi

5 Chinatown di Indonesia yang Asyik untuk Dijelajahi

jelajah chinatown di indonesia

Sejarah mencatat, bahwa masyarakat Tionghoa sudah ada sejak lama dan menjadi bagian nggak terpisahkan dari bangsa Indonesia. Hal ini terlihat dengan tersebarnya Chinatown atau kawasan Pecinan di seluruh nusantara. Chinatown berikut ini bisa kamu pilih sebagai destinasi wisata sejarah, budaya, dan kuliner yang asyik dan seru untuk dijelajahi! 

Petak Sembilan Glodok Jakarta

Kental akan sejarah etnis Tionghoa, Petak Sembilan seolah melemparkanmu ke dunia yang berbeda dari Jakarta. Di sini, kamu bisa berwisata sejarah dan memanjakan perut dengan wisata kulinernya yang lezat. Menjelajahi Petak Sembilan, kamu wajib berkunjung ke Kompleks Vihara Dharma Bakti, Pasar Pecinan, Gang Gloria, dan banyak lagi lainnya. 

Kampung Sudiroprajan Solo

Jika biasanya kawasan Pecinan berada di tengah kota, berbeda dengan yang ada di Solo, yaitu Kampung Sudiroprajan. Selama ini, Kampung Sudiroprajan menjadi tempat bermukim etnis Tionghoa. Mereka hidup berbaur selama bertahun-tahun dengan warga Jawa sehingga kedamaian dan kerukunan yang sangat terjaga bisa kamu rasakan di sini. Menjelang Imlek, kamu akan melihat bagaimana kampung ini ramai oleh lampion. Dengan digelarnya Grebeg Sudiro, suasana pun jadi tambah meriah.

Kampoeng Semawis Semarang

Semawis sejatinya adalah singkatan dari Semarang untuk pariwisata. Gerbang bertuliskan Pecinan Semarang terletak di ujung Jalan KH. Wahid Hasyim, Semarang. Di area tersebut setidaknya ada sembilan buah kelenteng. Cocok untuk wisata sejarah, budaya, dan religi. Buat kamu pencinta kuliner, mampir ke sini menjadi destinasi yang nggak boleh dilewatkan. Selain sajian tradisional khas Semarang, di sini kamu juga bisa membeli pernak pernik khas Tionghoa yang dijajakan di sekitarnya.

Kampung Ketandan Yogyakarta

Gapura berukir naga, dengan tulisan Kampung Ketandan dan lambang Kraton Praja di pucuknya, menjadi gerbang masuk kawasan yang kental dengan arsitektur Tionghoa ini. Warna merah dan kuning yang mendominasi, ditemani oleh lampion dan dekorasi oriental lainnya. Berada di timur Jalan Malioboro, menjadikannya mudah diakses bagi wisatawan dari luar kota. Momen tahun baru Tionghoa, biasanya makin semarak dengan adanya festival budaya dan bazar yang menjual pernak pernik khas Tionghoa.

Pasar Mambo & Gang Singapur Pangkal Pinang

Terletak di sisi timur Pulau Sumatra, Pangkal Pinang dikenal akan akulturasi budaya Tiongkok dengan Melayu yang kental. Jika kamu berada di pusat kota, Pasar Mambo dan Gang Singapur bisa menjadi pilihan tepat buat kamu yang ingin main ke kawasan Pecinan. Di dua tempat ini, kamu bisa berwisata budaya, belanja, dan mencicipi beragam kuliner lezat. Selama di sini, sempatkanlah mengunjungi Klenteng Kwan Tie Miaw yang merupakan klenteng tertua di Pulau Bangka dan menjadi bukti nyata kedatangan orang Tionghoa di Bangka Belitung.

Nah, itu dia lima kawasan Chinatown yang bisa menjadi inspirasi tambahan buat tempat penjelajahan kamu selanjutnya. Sebelum traveling, jangan lupa pesan tiket pesawat, tiket kereta api, tiket bus, dan hotel promo hanya di Pegipegi!

PESAN TIKET PESAWAT PESAN TIKET KERETA PESAN TIKET BUS PESAN HOTEL MURAH

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play
apps-store

Comments

To Top
%d bloggers like this: