Tips

5 Cara Tepat Mengatasi Vertigo yang Kambuh Tiba-Tiba

Vertigo sangatlah berbahaya. Terlebih bagi kamu yang hobi traveling dengan transportasi publik maupun pribadi.

Vertigo menyerang kepala tanpa adanya peringatan. Pada umumnya disebabkan oleh gangguan telinga bagian dalam, infeksi hingga perubahan tekanan secara mendadak.

Jika sudah terjadi, rasa sakit dan pusing luar biasa dapat menyebabkan kamu kehilangan fokus pandangan. Resiko terjatuh atau kecelakaan bagi pengemudi kendaraan adalah hal yang nggak sulit dihindari jika kamu memaksakan diri.

Tapi, tenang, ada cara mengatasi jika vertigo tiba-tiba muncul. Berikut langkah-langkah tepat yang dirangkum oleh Pegipegi.

1. Berhenti dan Atur Nafas

Jika vertigo tiba-tiba menyerang, yang kamu harus lakukan adalah berhenti dari apa yang tengah kamu lakukan. Atur nafas dengan cara tarik dan hembuskan secara perlahan. Tujuannya, agar peredaran darah yang tersumbat menuju otak kembali lancar. Lakukan hal tersebut minimal 10 detik sejak vertigo menyerang.

2. Cari Sandaran yang Pas

Jika masih terasa sakit, coba untuk duduk sejenak dan cari sandaran untuk kepala. Lakukan proses relaksasi pernafasan seperti di atas dalam posisi duduk. Buat diri kamu senyaman mungkin sehingga darah yang tersumbat segera mengalir lancar.

3. Jangan Menggeleng

Rasa sakit di kepala terjadi karena adanya sumbatan. Nah, sangat dilarang untuk menggerak-gerakan kepala atau menggeleng karena justru akan memperparah rasa sakit. Jadi, sangat dianjurkan untuk bersandar maupu berbaring saat vertigo kambuh.

4. Air Putih Hangat

Jika kamu sudah merasa nyaman dengan posisi relaksasi, segera tegak air putih hangat. Gunanya untuk melemaskan otot-otot yang tegang karena vertigo. Jika tersedia, kamu juga dapat mengosumsi jahe hangat karena memiliki khasiast menenangkan lebih efektif.

5. Gerak Foster

Jika kamu sudah mulai tenang, silahkan coba melakukan gerakan foster. Tujuannya untuk mengurai rasa sakit yang menumpuk di kepala. Gerakanya cukup mudah. Tekuk perlahan tubuh ke posisi berlutut dan dengan muka menatap ke langit-langit ruangan selama beberapa detik.

Setelah itu bungkukan badan dengan kepala berada di antara kedua lutut dan cobalah agar dahi menyentuh lantai selama 30 detik hingga rasa sakit vertigo berkurang.

Selanjutnya, posisikan kepala Anda ke sisi telinga yang merasakanan sakit selama 30. Setelah itu tegakkan kepala Anda pelan-pelan dengan posisi dimiringkan ke sisi telinga yang merasakan vertigo. Terakhir, coba berdiri secara perlahan.

Mau liburan hemat? Bisa banget. Pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top