Tips

5 Cara Raup Untung dari Hobi Traveling

Banyak yang menganggap jadi traveler hanyalah kegiatan untuk membuang-buang uang dan cuma bisa dilakukan oleh golongan tertentu. Tapi, pendapat itu nggak selamanya benar, lho. Soalnya dari kegiatan yang menyenangkan ini, travelers juga bisa mendapatkan uang. Ibaratnya jadi hobi yang dibayar. Apa saja ya, caranya?

1. Nulis blog atau artikel

Punya banyak cerita mengenai tempat seru yang kamu kunjungi? Coba tulis ceritanya di blog pribadi kamu dengan gaya bahasa yang menarik dan sesuaikan dengan ciri khas kamu. Pastikan juga foto-foto, font, dan desain blog kamu menarik, sehingga orang-orang yang berkunjung betah membaca blog kamu. Jika blog kamu sudah ramai pengunjungnya, kamu bisa menggunakan blog kamu untuk berbisnis. Misalnya dengan menerima endorsement dari travel agent atau membuka jasa pasang iklan.

Di majalah atau media online banyak juga yang membahas soal pengalaman traveling. Biasanya mereka menerima artikel dari pembaca juga, lho. Nggak ada salahnya kamu coba mengirimkan artikel soal pengalaman seru kamu saat traveling. Kalau artikelmu menarik dan mereka suka, kamu bakal dapat honor dengan jumlah lumayan, lho. Mungkin bisa beli tiket traveling yang sedang promo. Hihihi…

travelblog

www.lostgirlsworld.com

2. Menulis buku

Sudah banyak buku yang membahas soal traveling dan ceritanya nggak ada habisnya. Temanya juga beragam. Ada yang membahas soal jalan-jalan murah, cerita seru di kota atau negara lain, bahkan soal kisah cinta di negara lain. Jadi, menulis cerita traveling di buku merupakan prospek besar di dunia penulisan. Asalkan kamu pintar memilih angle penulisan dan ceritanya nggak itu-itu aja, penerbit pasti tertarik untuk menerbitkan bukumu. Nggak usah khawatir dengan tulisan kamu yang belum sempurna. Asalkan kamu sudah mencoba untuk menulis, editor bakal membantu kamu, kok.

Kalau kamu belum berhasil menembus penerbit buku mayor, kamu bisa mencobanya secara indie. Sudah banyak kok penulis yang menerbitkan buku secara self publish. Enaknya self publish adalah kamu bisa berkuasa penuh atas buku yang kamu buat. Seperti apa sampulnya, seperti apa isinya, bahkan kamu juga bisa menentukan harganya sendiri. Mulai aja pasarkan buku ke teman-teman sendiri dan promo di media sosial yang kamu punya.

travel-books1

www.noholidaynolife.com

3. Jualan barang import

Banyak yang pengin belanja barang-barang lucu, tapi nggak bisa membelinya karena barang itu cuma dijual di luar negeri. Kalau membeli barang tersebut dengan cara import, ongkos kirimnya nggak murah. Dan biasanya kita juga diharuskan punya kartu kredit dulu. Nah, jika kamu suka traveling ke luar negeri dan menemukan barang-barang unik yang nggak dijual di negara sendiri, nggak ada salahnya kamu borong buat jualan di Indonesia, lho.

Jualannya nggak perlu sampai buka toko segala, tapi jualan dulu aja secara online di Instagram atau Facebook kamu. Sama seperti menjual buku. Jual dulu aja ke teman-teman. Kalau mereka puas dengan barang yang kamu jual, minta mereka memberikan testimonial positif di media sosial. Sehingga, online shop kamu makin terpercaya dan banyak yang pesan barang di kamu.

CuteSocksKorea

www.teachingtravel.com

4. Jual kartu ucapan dari berbagai tempat wisata

Maksudnya gimana, nih? Maksudnya, kamu bikin kartu ucapan yang difoto dengan latar belakang tempat wisata yang sedang kamu kunjungi. Sekarang ini kan orang sering bingung ingin kasih kartu ucapan ke teman atau pacar, tapi bosan dengan kartu ucapan yang beredar di pasaran. Kenapa nggak menggunakan kartu ucapan yang benar-benar foto asli dari berbagai tempat wisata yang indah? Apalagi di kartu ucapan itu tertulis nama orang spesial di hati. Hihihi…

Bisnis kartu ucapan ini sudah mulai beredar banyak di Instagram dan dilakukan oleh travelers. Kamu tinggal kabari aja ke orang-orang bahwa kamu akan liburan ke suatu tempat. Jika mereka berminat memesan kartu ucapan dari kamu, kamu hanya tinggal siapkan foto kartu ucapan tersebut dengan kamera beresolusi bagus. Ucapan-ucapannya pun tegantung pesanan setiap orang. Biasanya ada yang minta ucapin ‘happy birthday’ , happy anniversary’ , dan lain-lain.

IMG_1447

Dok. Instagram @gb.id

5. Jual foto di agen penyedia foto

Kalau sering traveling, kamu pasti sering mengunjungi tempat wisata yang indah dan unik dong? Foto aja dengan kamera canggih kamu. Kalau fotonya bagus dan berkarakter, kamu bisa menjual foto-foto kamu di agen penyedia foto. Kalau ada yang berniat men-download foto kamu dengan resolusi besar, kamu bisa mendapatkan uang dari sana. Kapan lagi bisa punya pekerjaan sampingan sebagai fotografer?

Sudah banyak fotografer yang menjual hasil foto mereka di agen penyedia foto dan mendapatkan keuntungan yang besar. Kalau mau mendapatkan uang dengan cara tersebut harus sabar, sih. Karena kamu bersaing dengan banyak fotografer handal dari seluruh dunia. Ya, hitung-hitung ini adalah bisnis iseng-iseng yang siapa tahu bisa menghasilkan sesuatu. Yang penting kamu jangan menyerah ketika belajar fotografi.

5-photography

www.mechgceb.com

Salah satu contoh penulis Indonesia yang berhasil mendapatkan uang dari hobi traveling adalah Vabyo. Kisahnya bisa kamu baca di sini. Jangan lupa buat cek tiket pesawat dan hotel murah di pegipegi.com supaya kamu punya pengalaman traveling yang bisa diceritakan di blog pribadi!

(Visited 2,924 times, 1 visits today)

Comments

To Top