Tips

5 Cara Mengidentifikasi Followers Palsu di Instagram

Instagram adalah salah satu platform media sosial yang popular di Indonesia. Dengan jumlah pengguna yang mencapai 50 juta, Instagram telah menjadi bagian dari hidup masyarakat millennial di Tanah Air.

Semakin banyak followers atau pengikut yang kamu miliki, starta sosial pun meningkat. Sayang, nggak semua followers yang mengikuti akun kamu itu asli, lho!

Banyak akun-akun telur (Istilah akun palsu) dibuat untuk menguntungkan berbagai macam pihak. Kebanyakan sih untuk kepentingan marketing seseorang atau beberapa kelompok saja.

Paling parah jika akun tersebut sudah menyebarkan spam. Aksi kejahatan digital pun jadi konsekuensi terparah jika kamu main asal klik link di bio akun palsu.

Nah, biar kamu terhindar dari hal-hal seperti itu, Pegipegi punya 5 cara mengindetifikasi followers palsu di akun Instagram kamu. Simak, yuk!

1. Lebih Banyak Following daripada Followers

Cara yang paling mudah dalam mengindetifikasi akun palsu adalah dari jumlah orang yang mereka ikuti (following). Kebanyakan akun palsu akan serentak mengikuti banyak akun secara random. Dengan harapan, orang yang di-follow ikut melakukan hal yang sama. Perbandingannya bisa 80-20 persen dari akun yang mengikuti mereka.

2. Komen-Komen Aneh

Pernah nggak sih kamu kedatangan akun yang nggak dikenal, tiba-tiba menuliskan komentar ‘Nice picture’ atau ‘Brilliant!’. Jika kamu nggak merasa kenal dengan akun tersebut, bisa dipastikan itu adalah akun palsu. Kamu cukup report as spam saja, deh!

3. Engagement Rate Rendah

Biasanya, akun palsu memiliki jumlah komentar atau likes yang lebih sedikit ketimang followers yang mereka miliki. Sebagai gambaran, jika sebuah akun dengan total followers 100 ribu hanya memiliki 25 komentar per gambar, sudah dapat dipastikan itu adalah akun palsu. Kenapa? Karena akun palsu cenderung bersikap pasif dalam berinteraksi dua arah.

4. Foto Profil Palsu

Kamu pasti pernah mendapatkan followers yang memiliki foto profil yang ganteng banget atau cantik sekali. Jika poin-poin di atas sudah terpenuhi, maka dapat dipastikan akun tersebut adalah palsu dengan foto profil palsu. Bagaimana cara membuktikannya? Kamu tinggal copy URL foto yang mereka upload (bukan postingannya) terus paste di Google Image. Jika foto tersebut muncul di berbagai sumber, maka dapat dipastikan palsu.

5. Link Scam di Bio

Salah satu tujuan akun palsu dibuat adalah sebagai sarana guerilla marketing (marketing bergerilya melalui media sosial). Nah, biasanya, akun dengan maksud tersebut selalu menyisipkan link pada bagian profile bio mereka. Biasanya, link tersebut sudah di-shorten dengan huruf atau karakter penulisan nggak wajar. Contoh “sdbidbsdau.xyw”. Jika menemukan akun seperti itu, jangan sekali-kali klik link-nya karena bisa jadi itu usaha untuk scamming.

Daripada mikirin terus followers palsu, mending liburan! Nah, biar traveling makin menyenangkan, kamu bisa cari hotel murah lewat Pegipegi! Soal transportasinya jangan lupa pesan tiket pesawat atau tiket kereta api murah lewat Pegipegi, ya!

cari hotel murah  pesan tiket pesawat murah   pesan tiket kereta api murah

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top