Tips

5 Cara Aman Pakai Kartu Kredit di Luar Negeri

Menggunakan kartu kredit di luar negeri untuk berbelanja dinilai lebih praktis. Kamu nggak perlu menukarkan uang dengan mata uang setempat buat beli barang. Cukup menggesekkan kartu kredit berlogo tertentu yang diterima oleh tempat kamu membeli barang. Mudah, kan?

Tapi di balik itu semua, kamu harus berhati-hati karena bertransaksi dengan kartu kredit di luar negeri bisa jadi menyulitkan bahkan merugikan kamu, lho. Tapi jangan khawatir, simak dulu tips di bawah ini supaya belanja kamu jadi aman dan nyaman!

1. BERITAHU BANK

Sebelum kamu berangkat liburan ke luar negeri, pastikan buat memberitahu perjalanan kamu ke bank penerbit. Kalau bank tidak mengetahuinya, bisa-bisa transaksi kamu di luar negeri dinilai mencurigakan dan dapat ditolak. Belum lagi kalau sedang berada di luar negeri dan kamu sulit dihubungi, bank juga akan kesulitan untuk memverifikasi transaksi yang kamu lakukan. Solusinya, laporkan perjalanan kamu melalui call center atau cabang bank terdekat.

2. GUNAKAN MESIN EDC DENGAN LOGO YANG SAMA

Saat mau bayar, pastikan mesin electronic data capture (EDC) yang digunakan oleh merchant memiliki logo provider yang sama dengan kartu kredit kamu. Kalau logonya tidak sama, bisa-bisa kamu kena biaya tambahan. Walaupun terkadang biayanya tidak besar, tapi kalau kamu terus-terusan menggunakan mesin EDC yang berbeda, pastinya biaya tersebut akan tambah membengkak, kan?

3. CEK LIMIT KARTU KREDIT

Biar belanja kamu tambah nyaman, jangan lupa buat cek limit kartu kredit kamu. Jangan sampai transaksi kamu ditolak karena lupa bayar tagihan! Wah, kalau sudah pilih-pilih barang dan antre di kasir lalu akhirnya gagal belanja pasti berpengaruh ke mood liburan kamu. So, cek dulu limit kartu kredit kamu sebelum memakainya, ya!

4. KETAHUI BIAYA TAMBAHAN

Biasanya, kalau kamu pakai kartu kredit di luar negeri akan ada biaya tambahan seperti biaya kurs hingga biaya administrasi. Untuk biaya administrasi sendiri besarnya beragam, mulai dari satu hingga tiga persen dari nilai transaksi. Kalau nilai belanja kamu semakin tinggi, tentu biaya administrasinya akan semakin tinggi juga. Lebih baik kamu tanyakan soal biaya ini ke bank penerbit kartu kredit kamu, supaya kamu bisa memperkirakan biaya penggunaan kartu kreditnya.

5. SIMPAN NOMOR CALL CENTER

Apabila ada kesulitan saat menggunakan kartu kredit di luar negeri, kamu bisa langsung menghubungi call center bank penerbit kartu kredit kamu. Karena itu, simpanlah nomor call center bank. Catat juga nomor kartu kredit kamu di tempat yang terpisah, seperti notebook atau smartphone. Apabila terjadi hal yang tidak diinginkan seperti dompet hilang, kamu bisa langsung melapor ke call center agar kartu kredit kamu bisa langsung diblokir.

Nah, jadi udah nggak khawatir lagi, dong, kalau mau pakai kartu kredit di luar negeri. Langsung saja rencanakan liburan dengan pesan tiket pesawat, hotel, dan tiket kereta api lewat Pegipegi. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah  cari hotel murah lain pesan tiket kereta api

Foto: Pixabay

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top