Destinasi

5 Candi Unik dan Bersejarah di Magelang Buat Kamu Liburan

Liburan di kota Magelang belum lengkap kalau nggak berburu candinya. Apalagi, Magelang menjadi rumah bagi candi Buddha terbesar di dunia, Borobudur.

Ada banyak banget candi Buddha yang tersebar di Magelang, lho. Beragam fakta menarik dan bentuk yang unik bisa kamu nikmati saat liburan di deretan candi-candi ini.

Apalagi, lokasinya yang saling berdekatan pasti memudahkan kamu yang datang bersama keluarga atau sahabat. Jadi, nggak cuma bisa dapat keseruaannya, tetapi juga dapat banyak pengetahuan baru.

Penasaran? Pegipegi punya rekomendasi 5 candi unik dan bersejarah di Magelang yang bisa kamu kunjungi. Simak, yuk!

Candi Pawon

Jika kamu lagi cari candi alternatif buat berwisata di Magelang, Candi Pawon bisa jadi pilihannya. Lokasinya yang berada di antara Candi Mendut dan Candi Borobudur membuat Candi Pawon mudah diakses. Candi Pawon sendiri menjadi tempat penyimpanan abu jenazah Raja Indra (782-812M), yang merupakan ayah Raja Samaratungga dari Dinasti Syailendra. Nah, kata Pawon sendiri punya arti tempat penyimpanan abu.

Candi Mendut

Candi Mendut

Bangunan Candi Mendut memang tak sebesar Candi Borobudur. Tapi di balik kesederhanaannya, candi ini ternyata memiliki peranan penting di kalangan umat Buddha. Sebagai candi yang memiliki peranan penting, Candi Mendut termasuk salah satu yang wajib dikunjungi wisatawan, terutama saat perayaan upacara Waisak. Berdasarkan penemuan Prasasti Kayumwungan di Karang Tengah oleh arkeolog asal Belanda JG de Casparis, candi ini dibangun pada tahun 824 Masehi oleh Raja Indra dari Dinasti Syailendra. Di bagian kaki candi, kamu bisa menemukan sejumlah panel relief yang berisi cerita berbagai kisah. Seperti burung dan kura-kura, Brahmana dan kepiting atau fabel lainnya. Relief yang menggambarkan kisah jataka bukanlah cerita untuk anak-anak seperti kelihatannya, melainkan berisi pesan moral kepada para pengunjung

Candi Pendem

Candi yang satu ini berada d Dusun Candi Pos, Desa Sengi. Seperti Borobudur, kamu bakal menemukan banyak sekali ornamen Buddha di Candi Pendem. Candi bercorak Hindu ini pendiriannya hampir sama dengan kompleks Candi Asu Magelang, kedua candi ini didirikan di akhir abad IX M, tepatnya pada masa kekuasaan Raja Mataram kuno kedelapan yang telah berkuasa pada tahun 855-885 M, yaitu Maharaja Rakai Kayuwangi Dyah Lokapala. Meski bentuknya nggak terlalu besar, Candi Pendem cukup jadi spot nostalgia kamu mengenang kebesaran Mataram di tanah Jawa.

Candi Asu

Masih satu lokasi dengan Candi Pendem, Candi Asu punya fakta yang unik. Kata Asu di candi ini merupakan pemberian masyarakat sekitar. Disebut sebagai Candi Asu karena dahulu di daerah dekat candi ini terdapat banyak anjing. Candi ini merupakan peninggalan Mataram Kuno dari trah Wangsa Sanjaya (Mataram Hindu). Dalam prasasti disebutkan, Candi ini merupakan tempat suci untuk melakukan pemujaan. Candi tersebut terletak tidak jauh dari di lereng Gunung Merapi di dekat sebuah pertemuan dari dua sungai yaitu Sungai Pabelan dan Sungai Telingsing

Candi Borobudur

Kompleks candi yang satu ini nggak cuma jadi ikon bagi Magelang, tetapi juga Indonesia, lho. Berstatus sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO, Candi Borobudur memiliki ribuan panel relief yang tersebar di setiap tingkat menceritakan kehidupan manusia saat zaman tersebut disertai perjalanan Buddha. Candi Borobudur pun merupakan manifestasi dari kehidupan manusia yang terbagi atas tiga tingkat, yaitu Kamadatu, Rupadatu, dan Arupadatu. Pada abad ke-9, Candi Borobudur berkembang menjadi pusat studi Agama Buddha sekaligus menjadi tempat ziarah ummat Buddha dari Myanmar, India, Tiongkok, dan lain-lain.

Mau liburan di Magelang sambil berburu candinya? Jangan khawatir! Karena, Pegipegi punya rekomendasi 5 hotel strategis dekat candi di Magelang yang bisa kamu cek di sini

Soal transportasi, kamu bisa langsung pesan bus ke Magelang lewat aplikasi Pegipegi. Jika kamu mau pakai pesawat dan kereta api, kamu bisa menuju transit di Yogyakarta sebelum ke Magelang. Yuk, langsung pesan tiket pesawat ke Yogyakarta atau pesan tiket kereta api ke Yogyakarta. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke Yogyakarta cari hotel murah lain di Magelang pesan tiket kereta api ke yogyakarta

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top