Tempat Wisata

5 Bukit Kapur di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi

Pergi liburan ke beberapa destinasi, seperti pantai, gunung, taman hiburan, atau nge-mall bareng teman-teman sudah menjadi hal yang mainstream. Ya gak sih? Nah, biar gak bosen traveling ke tempat yang itu-itu aja, kamu bisa mencoba hal baru dengan eksplor beberapa bukit kapur yang ada di Indonesia. Buat kamu pencinta wisata alam, bukit kapur bisa menjadi pilihan yang oke banget! Selain menawarkan pemandangan memesona, setiap bukit kapur ini juga punya daya tariknya sendiri yang sayang banget kalau dilewatkan. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini.

Tebing Kapur Pantai Melasti

Terkenal sebagai pantai yang kerap digunakan untuk lokasi upacara Melasti menjelang Hari Raya Nyepi, Pantai Melasti memang memiliki keindahan yang tak perlu diragukan lagi. Selain ombaknya yang tenang lengkap dengan pemandangan memesona, pantai yang berlokasi di Desa Ungasan, Bali ini juga dikelilingi oleh tebing kapur yang semakin menambah daya tariknya. Meski belum terlalu ramai pengunjung, namun tak sedikit wisatawan yang datang hanya sekadar untuk membuktikan keindahan pantai plus mengabadikan momen di tebing kapur. Bahkan, banyak juga yang sudah berfoto pre-wedding di sana, lho!

Gunung Kapur Ciampea

Meski dinamakan Gunung Kapur Ciampea, namun salah satu objek wisata andalan Kota Bogor ini lebih tepat disebut dengan bukit kapur. Memiliki tiga puncak dengan struktur batuan kapur yang diberi nama; Batu Roti, Galau, dan Lalana, tempat ini sangat direkomendasikan untuk para pendaki pemula karena puncaknya yang tidak terlalu tinggi, namun medannya cukup menantang. Sebagai alternatif cara mengisi momen liburan, kamu bisa berkunjung ke bukit kapur ini, kemudian mendirikan tenda sambil menikmati pemandangan Gunung Gede Pangrango, Gunung Salak, dan Gunung Muara. Selain itu, menjelajah gua dan menikmati keindahan sunrise plus sunset juga bisa menjadi aktivitas seru yang dapat kamu lakukan di Gunung Kapur Ciampea.

Karst Rajamandala

Gak cuma terkenal dengan wisata kulinernya, Bandung juga menyimpan sejuta keindahan alam yang wajib kamu ketahui. Salah satunya adalah kawasan Karst Rajamandala yang merupakan kawasan bukit kapur di daerah Padalarang, Bandung Barat. Menariknya, di kawasan karst ini terdapat Goa Pawon yang konon pernah ditemukan fosil manusia purba di dalamnya. Selain itu, di sini juga terdapat bukit-bukit kapur atau yang biasa disebut pasir, dengan nama-nama unik yang dikaitkan dengan legenda Sangkuriang. Seperti Pasir Pawon, Pasir Pabeasan, Pasir Manik, Pasir Hawu, Pasir Kancahnangkub, dan Pasir Karangpenganten. Jadi, selain bisa mendaki, berfoto, dan menikmati pemandangan, kamu juga bisa lebih mengenal sejarah Bandung ketika berkunjung ke bukit kapur ini.

Bukit Kapur Tinggi Raja

Kalau bosan traveling di Pulau Jawa, kamu bisa mencoba untuk menjelajah ke Pulau Sumatra dan menikmati keindahan bukit kapur yang ada di sana, yakni Bukit Kapur Tinggi Raja. Berlokasi di Desa Dolok Tinggi Raja, Kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara, bukit kapur yang juga terkenal dengan kawah putihnya ini memiliki luas area sekitar 167 hektare. Uniknya, dari dinding bukit kapur akan mengeluarkan sumber air panas yang mencapai suhu 90 derajat celcius. Karena warnanya putih, orang yang datang ke lokasi wisata ini sering menyebutnya sebagai salju panas. Akses menuju bukit kapur ini memang cukup ekstrem karena harus melewati jalan berbatu, bahkan berlubang. Namun, semua akan terbayar dengan cantiknya pemandangan yang dijamin bakal bikin kamu betah berlama-lama di sana.

Danau Kaolin

Nah, ngomongin bukit kapur yang ada di Indonesia, bakalan belum lengkap kalau gak membahas tempat wisata satu ini. Selain pantai-pantai yang tersorot dalam film Laskar Pelangi, Belitung juga punya objek wisata lain yang gak kalah cantik, yakni Danau Kaolin. Danau ini dikelilingi oleh daratan dan timbunan galian menyerupai bukit yang berwarna serba putih dengan air berwarna biru menyala di bagian tengahnya. Berbeda dengan danau kawah lainnya yang biasanya sarat akan bau belerang yang menyengat, Danau Kaolin justru tidak berbau karena tidak terbentuk dari kawah, melainkan dari bekas pertambangan kaolin, yakni mineral yang bisa digunakan sebagai bahan industri kosmetik, kertas, pasta gigi, dan lain-lain. Selain itu, air danaunya pun tidak panas dan konon bisa bikin kulit kamu jadi lebih halus. Jadi, kalau datang ke sana, kamu gak cuma bisa menikmati pemandangan di sekitar danau, tapi juga bermain air.

Gimana, keren-keren kan lokasi wisata bukit kapurnya? Tertarik berkunjung ke sana? Oh ya, karena akses menuju bukit kapur mayoritas cukup sulit, so, pastikan kamu pergi dalam keadaan fit dan mengenakan alas kaki yang kokoh, ya. Jadi, kamu pun bisa lebih nyaman menikmati perjalanan. Yuk, segera rencanakan liburanmu dengan pesan tiket bustiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

PESAN TIKET BUS MURAH PESAN TIKET PESAWAT MURAH PESAN TIKET KERETA API MURAH CARI HOTEL MURAH

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top