Kuliner

5 Bubur Tradisional yang Selalu Ada di Bulan Puasa

bubur untuk berbuka puasa

Puasa selalu identik dengan kudapan berbuka yang cenderung jarang ditemui di momen lainnya. Mulai dari aneka jajan pasar, gorengan, minuman es, hingga bubur tradisional. Nah, memasuki bulan puasa yang tinggal menghitung hari, kira-kira kamu sudah ada persiapan makanan untuk berbuka puasa belum, travelers? Kalau belum, semoga ulasan berikut ini bisa menginspirasi kamu yang ingin membuat kudapan untuk berbuka atau hunting takjil di sekitar rumah, ya!

BUBUR KACANG HIJAU

Jenis bubur pertama yang sering kita temui saat bulan puasa adalah bubur kacang hijau. Bubur tradisional satu ini memang menjadi salah satu kudapan berbuka puasa yang cukup diminati oleh banyak orang. Memiliki tekstur yang lembut dengan rasa manis dan sedikit gurih, sajian bubur kacang hijau terbuat dari perpaduan biji kacang hijau yang dimasak bersama gula merah, santan, sedikit jahe dan daun pandan. Konon, berbuka puasa dengan kacang hijau bisa memberikan banyak manfaat untuk tubuh, lho. Seperti menurunkan kolesterol, melancarkan pencernaan, dan menjaga berat badan agar tetap stabil.

BUBUR KETAN HITAM

Nah, kalau ada bubur kacang hijau, pasti ada bubur ketan hitam. Berbahan dasar ketan hitam yang juga dimasak dengan santan, gula merah, dan daun pandan, bubur ketan hitam tak hanya memiliki tekstur yang lembut, namun juga kenyal. Biasanya, bubur ketan hitam disajikan dengan tambahan kuah santan kental yang gurih dan pas banget ketika disantap bersama bubur ketan yang manis. Di banyak penjaja takjil, bubur ketan hitam dan bubur kacang hijau biasanya disajikan dalam mangkuk atau gelas saji secara bersamaan, karena memang citarasa keduanya yang lezat dijamin bakal memanjakan lidah kamu.

BUBUR SUMSUM CANDIL

Selanjutnya adalah bubur sumsum candil yang biasanya juga kerap dijajakan bersama bubur kacang hijau dan ketan hitam. Bubur sumsum terbuat dari tepung beras yang diolah dengan santan, sejumput garam, dan daun pandan, sehingga menghasilkan sajian bubur yang lembut dan gurih. Setelah matang, bubur sumsum kerap disajikan bersama bubur candil atau yang dikenal juga dengan sebutan biji salak. Berbeda dengan bubur sumsum, bubur candil terbuat dari tepung ketan yang dibentuk bulat-bulat, kemudian direbus, dan dimasak dengan kuah gula merah. Manisnya candil dan gurihnya bubur sumsum terasa sangat nikmat saat disantap, apalagi ketika momen berbuka puasa, benar gak, travelers?

BUBUR MUTIARA

Memiliki warna pink cantik dengan tekstur yang kenyal dan lembut membuat bubur mutiara juga menjadi kudapan favorit untuk berbuka puasa. Bubur mutiara terbuat dari sagu mutiara yang direndam, kemudian dimasak bersama gula pasir dan daun pandan. Setelah jadi, sagu mutiara disajikan dengan saus santan kental yang menambah kelezatan sajian ini. Perpaduan rasa yang manis dan gurih benar-benar pas disantap selagi hangat. Tapi, banyak juga, lho yang menjual bubur mutiara dengan tambahan es batu, sehingga sering disebut es mutiara. Dan ternyata rasanya gak kalah lezat!

BUBUR KAMPIUN

 

View this post on Instagram

 

Bubua Kampiun – Assorted traditional sweet gruels Bubua (bubur) kampiun is specialty of West Sumatera, Indonesia. It consist of various sweet dumpling and gruels mixed togather. It is said, the creator of this festive dish was Amai Zona, a granny who participated in a contest making ‘bubur’. Because she came late into the venue, she couldn’t make anything. So this bubur seller just combined the leftover of what she had brought with her. The effort was fruitfull, MC announced Granny Amai Zona is the champion of the contest. When asked about the name of her creation, granny replied proudly: it is Bubua Kampiun (Champion) ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜ Bubur Kampiun usually served as brakfast, but during Holy Fasting Month, it often served as takjil (first dish when you break the fast). . #bubur #bubua #bubuakampiun #buburkampiun #buburmanis #buburkacangijo #kolakpisang #buburcandil #buburketanhitam #buburSumsum #sarikaya #coconut #sugar #santan #kelapa #gurih #legit #manis #sweet #sweettooth #dessert #traditionalFood #sumatrabarat #indonesianFood #thegourmetboy

A post shared by budiman halim (@thegourmetboy) on

Buat kamu pencinta aneka bubur tradisional, kamu wajib mencoba bubur kampiun asal Minang yang menggugah selera. Diambil dari kata “champion”, bubur kampiun benar-benar layak disebut “juara”, karena isi semangkuk bubur ini tak hanya lengkap, namun juga melimpah. Memadukan beragam jenis bubur, seperti bubur sumsum, ketan hitam, kacang hijau, candil, dan kolak pisang dalam satu mangkuk, sajian yang satu ini cocok banget dijadikan pilihan makanan untuk berbuka puasa. Meski terdiri dari rasa dan tekstur bubur yang berbeda-beda, namun saat disantap bersamaan, dijamin kamu bakal ketagihan, deh. Penasaran kan?

Jadi, sudah siap menyambut bulan Ramadan dan bertemu dengan aneka bubur untuk berbuka puasa? Oh ya, selain memperbanyak ibadah, selama bulan puasa, pastikan kamu gak lupa untuk selalu menjaga kesehatan dengan minum vitamin, madu, dan air putih yang cukup saat sahur maupun berbuka, ya, travelers! Selamat menjalankan ibadah puasa!ย Kalau #NantiKitaPegipegiLagi, jangan lupa pesanย tiket bus,ย tiket pesawat,ย tiket kereta api, danย hotel murahย di Pegipegi, ya.

PESAN TIKET BUS MURAHย PESAN TIKET PESAWAT MURAHย PESAN TIKET KERETA API MURAHย CARI HOTEL MURAH

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top