Tips

5 barang yang wajib dibawa saat ke Bunaken

lespypolsenasie.wordpress.com

Buat travelers yang hobi snorkeling dan diving, bisa jadi Taman Nasional Bunaken di Manado, Sulawesi Utara masuk dalam daftar tempat yang kamu incar, nih. Pemandangan bawah lautnya yang memukau, jadi rumah bagi 390 spesies terumbu karang dan koral. Nggak heran, Bunaken sukses memanjakan mata wisatawan lokal maupun mancanegara sejak lama.

Berencana ke Bunaken dalam waktu dekat? Tiket dan akomodasi sudah beres, jangan lupa membawa lima barang ini, nih, supaya traveling kamu berjalan lancar. Cari tau lebih lanjut di sini!

1. Uang tunai
Yap, uang memang jadi hal terpenting ketika kamu traveling. Tapi khusus untuk ke Bunaken, kamu wajib membawa uang tunai, nih. Jangan mengandalkan kartu ATM atau kartu kredit, karena akan membuat kamu repot saat bertransaksi di Bunaken. Bisa dibilang semua transaksi di Bunaken dilakukan secara tunai, mulai dari saat membeli makanan, sampai menyewa alat dan kapal. So, sebelum berangkat, pastikan kamu sudah membawa uang tunai dalam jumlah cukup, ya.

keuangan.kontan.co.id

keuangan.kontan.co.id

2. Dokumen lengkap
Yang dimaksud dokumen di sini bukan data diri pribadi kamu seperti KTP dan SIM, melainkan semua bukti sewa dan transaksi selama di Bunaken. Misalnya, tanda terima menyewa kapal dan perlengkapan snorkeling. Jangan anggap remeh, hal ini penting agar kamu nggak perlu repot menjelaskan berulang kali saat diminta tanda buktinya. Akan lebih praktis jika kamu membawa sendiri peralatan water sport, bisa berhemat sekian ratu ribu, tuh.

ucanr.edu

ucanr.edu

3. Underwater camera
Pemandangan bawah laut di Bunaken rasanya sayang sekali jika tidak diabadikan. Apalagi jika travelers bisa sekalian menjadi modelnya, he he he. Tentunya underwater camera jadi barang yang wajib dibawa saat ke Bunaken. Jika rombonganmu nggak ada yang memiliki kamera khusus tersebut, bisa juga menyewa dan minta tolong pemandu untuk mengabadikan aksimu saat di bawah air. Awalnya memang sulit. Tapi ketika melihat hasil fotonya yang keren, layak banget dicoba, deh.

5top.com

5top.com

4. Krim tabir surya
Berada di bawah teriknya sinar matahari dalam waktu lama, tentu saja risiko kulit menggelap. Mending kalau rata, ini malah belang-belang dan terlihat gosong. Belum lagi ancaman kulit yang perih karena terbakar, atau bahkan kanker kulit. Hiiiy! Hindari hal-hal tersebut dengan membawa krim tabir surya alias sunblock dengan perlindungan minimal SPF30. Oleskan secara merata ke seluruh kulit tubuh dan wajah, secara berkala. Jangan anggap enteng, walau aktivitasmu di bawah air tapi tetap saja sinar matahari mampu menembusnya.

naturalsociety.com

naturalsociety.com

5. Kacamata
Eits, jangan anggap kacamata hanya untuk gaya, ya. Benda yang satu ini wajib dibawa, apalagi jika mata kamu termasuk sensitiv jika terkena benda asing yang terbawa angin. Misalnya saat di atas kapal menuju lokasi snorkeling, kacamata dapat menghalau angin yang lumayan kencang. Saat berjemur di pantai, pasir pun bisa terhalang oleh kacamata.
Dan yang terpenting—terutama buat para perempuan—kacamata bisa bikin wajah kamu awet muda. Yup, terlalu sering mengernyitkan dahi saat matamu silau akan membuat tanda permanen di dahi alias keriput!

www.docannie.com

www.docannie.com

(Visited 250 times, 1 visits today)

Comments

To Top