Tips

5 Barang yang Wajib Dibawa ke Pulau Derawan

www.gapyeartravelstore.com

Indonesia memang paling juara untuk urusan keindahan bawah lautnya. Begitu banyak lokasi yang bisa dieksplor untuk snorkeling dan diving, mulai dari Sumatera sampai Papua. Nggak ketinggalan Kalimantan yang memiliki pulau Derawan, sukses bikin penyelam tingkat dunia jatuh cinta dengan pesona taman bawah lautnya. Apalagi Derawan juga dikelilingi banyak pulau-pulau cantik, seperti Maratua, Sangalaki, Berau, dan Kakaban yang sayang banget untuk dilewatkan.

Nah, buat travelers yang berencana melangkahkan kaki ke Derawan, selain uang tunai jangan lupa bawa lima barang ini, ya. Dijamin liburan kamu jadi lebih menyenangkan, deh.

1. Uang tunai
Hal terpenting wajib kamu bawa saat traveling ke pulau adalah uang tunai. Seperti jika travelers ke Derawan, maka bawa uang tunai sejak berangkat dari kotamu atau ambil uang tunai saat tiba di Berau. Maklum, di Derawan kamu nggak akan menjumpai ATM, lho. Selain itu jangan lupa bawa power bank untuk gadget kamu. Energi cadangan ini bisa mengantisipasi kekecewaan kamu ketika beraksi di Derawan. Mau mengabadikan kecantikan Derawan atau asyik selfie, bisa banget! Supaya irit baterai, postingnya saat di penginapan saja, ya.

travel.india.com

travel.india.com

2. Tas ransel
Lupakan tas cantik yang bisa membatasi gaya para travelers perempuan. Atau tas pinggang—tapi dipakai sebagai selempang—yang kini kembali tren di kalangan pria. Sebaiknya gunakan ransel yang bisa memuat semua barang kamu, mulai dari sunblock, dompet, sampai peralatan snorkeling. Selain daya tampungnya banyak, ransel juga membuat mobilitas kamu lebih praktis dan nyaman. Tubuh nggak terasa pegal karena beban ditanggung kedua bahu, bergerak pun lebih nyaman dibanding memakai tas selempang.

boomertechtalk.com

boomertechtalk.com

3. Underwater camera
Nggak perlu dijelaskan lagi, inilah barang yang wajib kamu bawa untuk mengabadikan momen langka saat kamu snorkeling dan diving di pulau Derawan. Nggak hanya foto terumbu karang dan ikan-ikan cantik, kamu juga bisa melihat langsung penyu hijau yang mulai langka. Pastikan yang kamu bawa adalah underwater camera, ya, untuk hasil foto lebih maksimal.

www.wetresolution.com.au

www.wetresolution.com.au

4. Bekal yang cukup
Nah, ini yang wajib kamu bawa saat jalan-jalan ke pulau Derawan, makanan dan minuman sebagai penambah energi. Bisa dibilang warung atau penjual makan akan sulit ditemui sepanjang perjalanan. Apalagi setelah snorkeling dan diving, tenaga habis terkuras dan perut terasa keroncongan. Hindari membawa makanan yang mengandung MSG dan garam karena akan membuat kamu selalu haus. Bekali diri dengan makanan yang mengenyangkan tapi praktis, misalnya buah, roti, kacang-kacangan, dan granola bar. Ingat, semua sampah wajib kamu simpan sampai nantinya ketemu tempat sampah, ya!

outoftheboxfood.com

outoftheboxfood.com

5. Sandal gunung
Benda yang satu ini wajib kamu bawa, terutama jika kamu berniat mengeksplor pulau-pulau lainnya di sekitar Derawan. Misalnya, jika travelers mengunjungi pulau Kakaban yang aksesnya agak terjal dan mengharuskan naik turun tangga. Bayangkan jika kamu mengalami cidera atau terselip karena memakai flat shoes (perempuan), atau sandal jepit (pria). Ingat, nggak perlu mementingkan penampilan karena faktor keselamatan dan kenyamanan menjadi alasan utama. Pastikan sol pada sandal gunung yang kamu pakai memiliki grip/pegangan yang kuat pada berbagai medan.

http://www.teva.com/

http://www.teva.com/

(Visited 424 times, 1 visits today)

Comments

To Top