Rekomendasi

5 bandara paling keren di Indonesia

Ada yang bilang kalo airport atau bandara itu jadi jendela dan gerbang pintu masuk sebuah negara. Kalo sebuah airport punya desain arsitektur top, fasilitas lengkap, ada ruang rehat yang kondusif, koneksi wifi super cepat, bersih, dan rapi, negara tersebut bakal dikenal jadi negara yang keren dan welcome banget buat turis. Lalu, gimana dengan Indonesia? Emang sih ada banyak sekali bandara di tanah air yang tersebar luas dari ujung Pulau Sumatra hingga Papua. Nah dari sekian banyak airport, ternyata ada beberapa airport keren yang dimiliki Indonesia dan bikin bangga. Penasaran apa sajakah itu?

1. Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatra Utara
Dibuka pada 25 Juli 2013, Kualanamu memang masih berusia balita. Bandara ini dapat diakses oleh penumpang secara langsung lewat jalur kereta api khusus bandara, Stasiun Medan – Stasiun Kualanamu. Untuk arsitekturnya, bandara sleuas 1.367 hektar ini pun nggak kalah keren. Konon, model atapnya yang bertumpuk-tumpuk dan bergelombang ini menyerupai pelepah pohon sawit. Selain itu, kamu nggak perlu lama antre untuk check-in karena ada sekitar 104 counter yang siap melayani.

KUALANAMU AIRPORT ‏@KNO_AP2 dan facebook PT Angkasa Pura II - Persero

KUALANAMU AIRPORT ‏@KNO_AP2 dan facebook PT Angkasa Pura II – Persero

2. Bandara Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur
Walau namanya sudah berganti menjadi bandara Sultan Aji Mahmud Sulaiman, orang-orang pada umumnya tetap mengenalnya sebagai bandara Sepinggan. Hal spesial dari bandara ini adalah koneksinya yang langsung menuju mal. Dengan konsep eco airport dan back to nature, kamu juga bisa melihat landscape seperti hutan alam pada bagian dinding façade, serta keberadaan ventilasi atap bergelombang yang mirip banget dengan ombak laut.
Desain interiornya yang megah membuat bandara ini nggak kalah dengan Changi. Bandara ini pun dinobatkan sebagai bandara terbaik di Asia Tenggara, dan peringkat ke-16 sebagai bandara dengan tingkat layanan terbaik di dunia. Peringkat ini dinilai dari semua aspek, mulai dari kemudahan mengambil troli, kebersihan dan fasilitas, informasi penerbangan yang jelas, sampai layanan check in dan kenyamanan di ruang tunggu.

www.sepinggan-airport.com

www.sepinggan-airport.com

3. Bandara Ngurah Rai, Bali
Bandara yang satu ini baru saja selesai direnovasi, dan disulap menjadi lebih megah dan modern. Terdiri dari tiga lantai, bandara ini tetap nggak meninggalkan sentuhan budaya Bali yang kental. Coba saja lihat bagian depan bandara seluas 120.000 m² ini, tampak cantik terinspirasi dari subak (pengairan sawah dengan sistem terasering). Diperkirakan mampu menampung sekitar 16 juta penumpang dalam setahun, bandara ini juga dilengkapi dengan toko-toko yang menjual berbagai suvenir dan barang seni khas Bali. Bisa jadi oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat di rumah, nih.

http://popbali.com/

http://popbali.com/

4. Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan
Sebagai pintu gerbang Indonesia bagian timur, bandara Sultan Hasanuddin langganan mendapat penghargaan karena sudah melengkapi bandara berisi fasilitas lengkap dan canggih, dengan konsep futuristik. Bagian atapnya didesain bergelombang, menjadi simbol sosok pelaut dari suku Bugis. Memang, sih, pembangunannya masih terus dikerjakan, seperti dengan menambah fasilitas rumah sakit, restoran, dan pasar wisata. Ini semua dilakukan untuk memanjakan penumpang yang singgah di bandara Sultan Hasanuddin, Makassar.

http://hasanuddin-airport.co.id/

http://hasanuddin-airport.co.id/

5. Bandara Kalimarau, Berau, Kalimantan Timur
Buat travelers yang berencana ke pulau Derawan, bandara ini adalah hal pertama yang menyambut kamu begitu sampai di Kalimantan. Kalau snorkeling dan diving di Derawan akan bertemu banyak penyu, maka arsitektur bandara ini bisa jadi pemanasan buat kamu. Lihat saja penampakannya yang didesain menyerupai penyu, salah satu hewan langka yang dilindungi dan menjadi penghuni laut di Kepulauan Derawan. Pusatnya yang jauh dari keramaian kota, kamu pasti nggak bakal menyangka ada bandara sekeren ini.

www.beraukab.go.id

www.beraukab.go.id

(Visited 1,493 times, 1 visits today)

Comments

To Top