Berita

5 Bandara di Indonesia dengan Fakta-Fakta Unik di Dalamnya

Liburan naik pesawat? Kenapa nggak! Apalagi, Indonesia dihuni banyak sekali bandara yang nggak cuma penting tetapi juga unik, lho.

Sebagai tujuan wisata berkelas di dunia, Indonesia memiliki banyak sekali bandar udara atau bandara yang tersebar di 34 provinsi. Beberapa di antaranya memiliki peran yang cukup vital, lho.

Namun, tahukah kamu, dari ratusan bandara di Indonesia, beberapa di antaranya punya runway yang sangat pendek, lho. Nggak cuma itu, soal fasilitas, beberapa bandara Indonesia punya fasilitas yang cukup mewah, lho.

Nah, sebagai referensi kamu, Pegipegi sudah kumpulkan 5 bandara dengan fakta yang cukup unik di Indonesia. Penasaran? Cek di bawah ini!

Bandara Terluas di Indonesia – Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang

Hadir dengan tiga terminal keberangkatan dan kedatangan, Bandara Soekarno-Hatta menjadi obyek vital bagi Jakarta maupun Indonesia. Dengan luas 2,137 hektar, Soekarno-Hatta memegang status sebagai bandara terluas di Indonesia. Nggak cuma luas, Bandara Soekarno-Hatta kini memiliki wajah baru dengan berbagai fitur menarik di dalamnya. Seperti kehadiran Skytrain, KRL Bandara hingga Premium Check-In yang memudahkan para penumpang. Hal ini yang membuat Bandara Soekarno-Hatta dijuluki yang paling sibuk di mana sebanyak 66,9 juta penumpang hilir mudik sepanjang 2019 ini.

Bandara Dengan Runway Terpendek – Bandara Kamur, Papua

Berstatus sebagai bandara UPBU Kelas 3 di Indonesia, Bandar Kamur memegang peran penting dalam mobilitas masyarakat Asmat. Berada di samping sungai yang cukup deras, bandara ini memiliki runway terpendek di Indonesia, hanya 600 x 18 meter. Meski pendek, bandara ini aktif melayani penerbangan perintis dari satu desa ke desa lain. Beberapa jenis pesawat seperti Twin Otter bisa mendarat di sini.

Bandara Dengan Runway Terpanjang – Hang Nadim, Batam

Terletak di Kelurahan Batu Besar, Kecamatan Nongsa, Bandara Hang Nadim merupakan salah satu bandara paling penting di kawasan Selat Malaka. Mulai beroperasi sejak 1984, Bandara Hang Nadim dijuluki bandara dengan runway terpanjang di Indonesia, yaitu 4,025 meter. Fasilitas lengkap ditambah dengan kawasan parkir pesawat yang cukup besar, Bandara Hang Nadim mampu menampung 18 pesawat berbadan besar. Berbagai maskapai, baik lokal dan internasional kerap singgah di sini, baik untuk melayani penerbangan langsung maupun transit.

Bandara di Atas Air – Bandara Ahmad Yani, Semarang

Dari ratusan bandara yang ada di Indonesia, Bandara Ahmad Yani memegang status terunik, Bandara di Atas Air. Bukan sekedar istilah, karena bandara di Semarang ini berdiri di atas rawa bekas tambak wargaa. Dengan teknologi prefebricated vertikal drainase (PVD), Bandara Ahmad Yani juga menyediakan berbagai fasilitas yang dibangun di atas air juga seperti kolam-kolam taman dan air mancur. Bangunan terminal baru ini nantinya sebagian besar berdiri di atas air dan dikelilingi kolam. Area bandaranya bahkan sudah ditanami 24 ribu pohon mangrove untuk menghijaukan area.

Bandara Termewah – Sultan Aji Mahmud Sulaiman, Balikpapan

Walau namanya sudah berganti menjadi bandara Sultan Aji Mahmud Sulaiman, nama Bandara Sepinggan masih sangat familiar bagi masyarakat Balikpapan. Diklaim sebagai bandara termewah, Hal spesial dari bandara ini adalah koneksinya yang langsung menuju mal. Dengan konsep eco airport dan back to nature, kamu juga bisa melihat landscape seperti hutan alam pada bagian dinding façade, serta keberadaan ventilasi atap bergelombang yang mirip banget dengan ombak laut. Desain interiornya yang megah membuat bandara ini nggak kalah dengan Bandara Changi, Singapura. Bandara ini pun dinobatkan sebagai bandara terbaik di Asia Tenggara, dan peringkat ke-16 sebagai bandara dengan tingkat layanan terbaik di dunia

Wah, lagi #ButuhPegipegi? Tenang! Biar liburan makin mudah, jangan lupa pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah pesan tiket kereta api murah cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top