Tips

5 Bahaya Tidur Terlalu Lama Saat Puasa

Ketika sedang berpuasa, kebanyakan dari kita memilih untuk tidur agar waktu cepat berlalu. Apalagi pas weekend! Ngaku deh, pasti kamu lebih memilih untuk tidur lebih lama kan? Hihihi… Padahal, waktu yang ideal untuk tidur adalah 7-8 jam sehari. Tidur terlalu lama, apalagi saat puasa bisa menimbulkan beberapa bahaya. Apa aja nih?

1. Meningkatkan risiko depresi

Ada penelitian yang membuktikan bahwa 15% penderita depresi memiliki jam tidur yang berlebihan. Sehingga, tidur berlebihan diduga meningkatkan risiko depresi, terutama ketika puasa.

2. Menurunkan kemampuan otak

Ternyata kemampuan otak kita bisa menurun bukan hanya karena tidur kurang 6 jam. Tapi, juga karena tidur lebih dari 8 jam. Hal ini didapat dari sebuah penelitian di Inggris. Makanya kebanyakan orang tua lebih suka bangun pagi dan tidak tidur berlebihan. Secara tidak langsung bisa menunda penurunan fungsi otak.

3. Meningkatkan risiko diabetes

Bukan hanya tidur kurang dari 5 jam yang bisa meningkatkan risiko diabetes, namun juga tidur lebih dari 9 jam. Mereka memiliki risiko 50% lebih besar terkena diabetes.

4. Bisa berakibat buruk pada jantung

Ada juga sebuah riset yang mengatakan bahwa tidur lebih dari 8 jam sehari bisa berakibat buruk pada kesehatan jantung. Mereka yang tidur lebih lama memiliki risiko terkena angina (nyeri dada atau rasa nggak nyaman yang biasanya disebabkan oleh kurangnya aliran darah ke jantung) dua kali lebih banyak.

5. Berat badan naik lebih cepat

Lagi bulan puasa, tapi kok berat badan malah naik? Bisa jadi karena kamu tidur terlalu lama. Soalnya mereka yang tidur terlalu sedikit atau terlalu lama rata-rata mengalami kenaikan berat badan lebih banyak. Meskipun makan dan beraktivitas seperti biasa.

Ternyata, segala sesuatu yang berlebihan memang nggak baik kan, travelers! Termasuk soal tidur di bulan puasa. Supaya puasa kamu lancar dan sehat, yuk, usahakan agar tidur cukup dan tidak berlebihan. Daripada kebanyakan tidur, mendingan kamu rencanain aja liburan selanjutnya dengan pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto utama: http://www.zestvip.com

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 386 times, 3 visits today)

Comments

To Top