Destinasi

5 Artspace di Jakarta Ini Bisa Bikin Foto Kamu Jadi Kece

Bosan jalan-jalan ke mall? Sekali-sekali cobain deh ke artspace atau galeri yang punya berbagai koleksi seni. Di Jakarta ada beberapa pilihan artspace yang tiap sudutnya Instagenic banget. Nggak heran kalau kamu bakal lihat pengunjung yang rela dandan maksimal buat punya foto kece. Ada di mana aja, ya? Simak di bawah ini!

1. Museum MACAN

Belakangan ini yang lagi hits banget adalah Museum MACAN. Eits, jangan kaget dulu pas liat namanya. Bukan berarti kamu bakal nemuin hewan macan di dalam museum ini. Melainkan ada berbagai kesenian modern dan kontemporer karya berbagai seniman dalam dan luar negeri.

Nama MACAN sendiri adalah singkatan dari Modern and Contemporary Art in Nusantara. Selain lukisan dan seni rupa, kamu bisa lihat Infinity Room karya Yayoi Kusama yang jadi daya tarik utama Museum MACAN. Museum ini terletak di AKR Tower Level MM, jalan Panjang No. 5, Kebon Jeruk. Kamu bisa lihat-lihat koleksinya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 50.000 untuk orang dewasa, Rp 40.000 untuk pelajar atau lansia, dan Rp 30.000 untuk anak-anak.

2. Galeri Hadiprana

Foto: Website Galeri Hadiprana

Galeri Hadiprana sudah berdiri sejak tahun 1961 dan didirikan oleh seniman Hendra Hadiprana. Di artspace yang satu ini, kamu bisa melihat berbagai koleksi lukisan karya beberapa anak muda. Galeri Hadiprana sangat selektif soal memilih koleksi seni yang dipamerkan. Jadi kamu nggak bakal kecewa deh sama karya-karya yang ada di sini. Kamu juga bisa mengikuti berbagai program dan workshop seru yang sering diadakan di sini. Langsung saja ke Hadiprana Art Centre di jalan Kemang Raya No. 30, Jakarta Selatan.

3. Galeri Nasional Indonesia

Foto: Doc. GNI

Dilihat dari luar, mungkin bangunan Galeri Nasional Indonesia terlihat kuno dan tua. Tapi justru hal ini yang jadi salah satu daya tarik artspace ini. Di dalamnya kamu bisa lihat pameran tetap dan temporer yang tersebar di tiga bagian gedungnya. Ada lukisan, patung, instalasi, hingga seni media baru dari berbagai era dipamerkan di artspace ini.

Kamu nggak perlu keluarin uang buat ke artspace ini karena tiket masuknya gratis, lho! Tapi ingat, saat ke sini, kamu nggak diperbolehkan buat menyentuh karya seni yang dipajang dan berfoto dengan menggunakan lampu flash. Galeri Nasional Indonesia ada di jalan Medan Merdeka Timur No. 14, Gambir.

4. Art:1 New Museum

A post shared by Zein Mohammad (@jungekoln) on

Di kawasan Kemayoran, tepatnya di jalan Rajawali Selatan Raya No. 3, ada Art:1 New Museum yang memiliki koleksi seni modern dan kontemporer. Nggak cuma lukisan aja, tapi ada juga video art, fotografi, dan instalasi di artspace ini. Dulunya museum ini bernama Mon Décor Gallery dan sejak tahun 2011 berubah nama menjadi Art:1 New Museum.

Saat melangkah ke dalam, kesan bersih dan artsy akan langsung tampak. Tembok putih mengelilingi karya-karya yang ada di sini. Kamu bisa berkunjung ke sini dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 100.000 untuk orang dewasa dan Rp 75.000 untuk pelajar. Perlu kamu tahu, nih, kalau bawa kamera profesional kamu akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 75.000.

5. Dia.lo.gue

A post shared by Dia.Lo.Gue. (@dialogue_arts) on

Satu lagi artspace yang nggak boleh kamu lewatin di Kemang adalah Dia.lo.gue. Sesuai namanya, artspace ini punya tujuan agar terjadi dialog antara pengunjung, seniman, dan desain. Jadi di dalam artspace ini kamu bisa melihat koleksi yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.

Beberapa koleksinya terbatas dan lain daripada yang lain. Kamu bisa melihat karya seni dalam bentuk aksesori rumah, mainan, hingga alat tulis. Di bagian belakang Dia.lo.gue juga terdapat kafe yang asyik buat nongkrong asik sambil ngobrol. Kalau penasaran, kamu bisa mengunjungi Dia.lo.gue di jalan Kemang Selatan No. 99A, Jakarta Selatan.

Setelah jalan-jalan dari sini, kamu bisa punya banyak stok foto buat update Instagram, deh! Jangan lupa untuk selalu menghargai karya seni yang ada di setiap artspace, ya.

Buat kamu yang mau kepoin artspace di Jakarta ini ayo pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Jakarta lewat Pegipegi.

pesan tiket pesawat murah ke jakarta  pesan tiket kereta api murah ke jakarta  cari hotel murah di jakarta

Foto utama: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

 

Comments

To Top