Berita

5 Alasan Penting Yang Bikin Transjakarta Koridor 13 Spesial!

Mulai 13 Agustus lalu, warga Jakarta, khususnya yang tinggal di kawasan Selatan dan Barat sudah bisa menggunakan Koridor 13 Transjakarta. Melayani rute Ciledug- Tendean, pengoperasian rute anyar Transjakarta ini terbilang spesial.

Kamu nggak cuma mendapatkan armada baru yang keren abis, tetapi juga akses jalan layang yang eksklusif. Di mana, jalur busway yang digunakan berada di atas ketinggian 10-20 meter dari jalan raya biasa.

Tersedia 13 halte di jalur sepanjang 9,3 kilometer, koridor ini adalah satu-satunya yang menggunakan jalan tol khusus di Jakarta. Jadi, nggak perlu khawatir kejebak macet, deh!

Nah, kira-kira, kenapa sih kamu harus coba berangkat kerja atau sekolah naik Transjakarta Koridor 13? Pegipegi kasih kamu 5 alasannya!

Cuma Setengah Jam

 

Biasanya. jarak tempuh Ciledug menuju Tendean bisa memakan waktu lebih dari 2 jam pada pagi dan sore hari. Kini, dengan Transjakarta Koridor 13, kamu bisa memangkas waktunya.

Koridor 13 terbentang dari Ciledug hingga Tendean sepanjang 9,3 kilometer, di mana kamu hanya menghabiskan waktu selama 30 menit. Ya, paling lama kalau antrian bus panjang, 45 menit deh. Efisien, kan!

Series Vintage

Foto: Kompas

Yang bikin menarik dari Transjakarta Koridor 13 adalah penampakan armadanya. Jika biasanya kamu hanya melihat series bus Eropa dan China lewat rilisan Scania dan MAN, koridor yang satu ini hadir dengan armada bus vintage series.

Menggunakan mesin Mercedes-Benz, bus dengan livery vintage ini seakan membawa kembali kenangan lama. Namun, tentu saja sang vendor, PPD memastikan semua armada vintage ini memiliki suspensi udara dan transmisi otomatis.

Armada Banyak

Foto: Twitter Busway Fan

Nggak usah khawatir kamu bakal telat kerja karena kehabisan armada. PT Transjakarta menyediakan sekitar 100 bus yang siap melayani koridor 13, di mana ada 30 yang beroperasi tiap hari. Dengan 13 halte, jam operasi dimulai pada pukul 05.00 WIB hingga berakhir pada pukul 19.00 WIB.

Beberapa tempat pemberhentian favorit, halte Adam Malik, halte Cipulir, halte Mayestik, halte Tirtayasa, dan halte Tendean siap melayani calon penumpang tiap saat. Wah, jadi makin semangat naik Transjakarta, deh!

Lift dan Eskalator

Demi kenyamanan warga Jakarta, PT Transjakarta juga menyediakan akses mudah menuju ke lokasi halte. Salah satunya halte Cipulir di mana menggunakan eskalator untuk menuju lokasi loketnya.

Sedangkan, di beberapa koridor yang memiliki ketinggian 15-20 meter, PT Transjakarta berencana memasang lift penumpang. Namun, gebrakan ini belum dapat terlaksana lantaran masalah lahan yang agak sempit.

Banyak Yang Puas

Sejak pertama kali dibuka untuk umum, impresi yang didapatkan warga Jakarta terhadap Koridor 13 Transjakarta sangatlah positif. Mereka puas dengan pengoperasian koridor ini, meski ada beberapa hal yang masih kurang.

Seperti yang dirasakan oleh Anna. “Hari ini nyobain Busway koridor 13, Ciledug – Tendean. Lacar bangett, Cepat sampai walaupun kecepatannya cuma 40 km/jam. Iseng dilanjut sampai ke Pancoran, lanjut ke UKI Cawang, terus lanjut naik yang ke arah Harmoni, turun UI Salemba. Cuma ngabisin duit Rp. 3500,- Padahal biasanya ngabisin lima puluh ribu buat ongkos Gojek, whahahaa, menang banyak hari ini…” ucapnya lewat akun Facebook Anna He He.

Sementara itu, Mahardhika Utama cukup terkesan dengan apa yang dihadirkan Koridor 13 Transjakarta. “Koridor 13 Transjakarta rute Ciledug-Tendean mulai beroperasi. Dari Ciledug ke Tendean cuma 25 menit disuguhi pemandangan Jakarta dari ketinggian sambil liat orang-orang dibawah kejebak macet. Bisa rada jumawa lah naek kendaraan umum. Tinggal informasi soal rute dan halte mana yang dibuka dan ditutup aja mesti ditambah biar nggak nyasar atau salah turun” tulisnya lewat akun Instagram @mahardhikautama.

Untuk mendapatkan informasi terkini seputar Koridor 13, kamu bisa pantengin akun Twitter @PT_transjakarta.

Foto utama: Twitter @shortirapp

Penasaran mau coba naik Transjakarta Koridor 13? Sekalian liburan, deh! Jangan lupa pesan tiket pesawat murah dan kereta api ke Jakarta lewat Pegipegi. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke Jakarta cari hotel murah lain di Jakarta  pesan tiket kereta api murah Jakarta

(Visited 286 times, 1 visits today)

Comments

To Top