Rekomendasi

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Keliling Solo Dengan Werkudara

Pernah punya mimpi berkeliling kota London dengan bus double decker beratap terbuka? Tenang, nggak perlu jauh-jauh ke ibukota Inggris tersebut. Kota Solo ternyata punya wahana transportasi serupa bernama Bus Tingkat Werkudara.

Sudah beroperasi sejak 2011 lalu, wahana yang diambil dari salah satu karakter perwayangan Jawa ini sukses menarik perhatian para wisatawan yang berkunjung ke kota Solo. Nggak jarang, tiap akhir pekan, tiket buat keliling kota Solo pun selalu ludes terjual.

Saat datang mencoba, tahun lalu, Pegipegi harus antri panjang buat dapatkan tiket. Maklum, dalam sehari, Bus Tingkat Werkudara hanya melayani tiga kali perjalanan dari pukul 09.00 WIB hingga 15.00 WIB.

Tapi, apa sih yang spesial dari Bus Tingkat Werkudara ini? Well, Pegipegi sudah merangkum 5 alasan kenapa kamu harus coba naik bus tingkat yang satu ini. Simak ya!

Nggak Capek!

Foto: busnesia

Berada di ketinggian 4,5 meter, kamu bisa menikmati suasana asri dan tenang Solo dengan berbagai macam wisata budayanya, sebut saja Keraton Solo, Lumbung Batik, hingga Alun-Alun kota Solo tanpa harus menguras keringat karena berjalan kaki. Dengan kecepatan rata-rata 40 kilometer perjam, kamu bisa menikmati cuaca tropis dengan aliran angin sejuk dari atas atap bus.

Murah-Meriah

Ada dua cara buat naik Bus Tingkat Werkudara, individu atau sewa kolektif. Jika kamu hanya membawa beberapa orang, pihak penyedia wahana mematok tarif Rp 20.000 per orang untuk satu kali perjalanan. Namun, jika datang rombongan, kamu bisa sewa bus Werkudara dengan harga Rp 800 ribu per tiga jam. Dengan kapasitas hingga 50-60 orang, harga tersebut cukup terjangkau!

Fasilitas Sangat Lengkap

Foto: suaramerdeka

Menggunakan bus produksi dalam negeri, Werkudara sangat nyaman untuk ditumpangi. Soal fasilitas, Werkudara sangat lengkap. Di bagian bawah bus, terdapat fasilitas utama seperti TV, kursi CIP, AC dan layanan karaoke. Untuk di bagian atap, disediaka kursi plastik yang nyaman serta pemandu wisata. Jika perlu, penyedia layanan juga menyiapkan seorang fotografer yang bisa kamu mintai tolong untuk berfoto.

Rute Menarik

Namanya juga wahana wisata, rute yang diambil Bus Tingkat Werkudara pun sangat menarik. Dimulai dari depan Stadion Manahan, Solo, bus bergerak selama 90 menit melalui jalan Slamet Riyadi – Purwosari – Gladak – Balaikota – Pasar Gedhe –RSUD dr Moewardi – UNS – Jurug – UNS – Panggung – Pasar Gedhe – Gladag – Pusat Grosir Solo (PGS) – Sangkrah – Alun-alun Utara – Pasar Kliwon – Baturono – Gading – Tipes – Baron – Jongke – Purwosari – Kerten hingga balik lagi ke Manahan. Jika beruntung, bus akan berhenti di beberapa titik wisata buat memberikan kamu kesempatan berselfie ria!

Ada Paket Tur

Foto: Angling Widiyanto

Nggak cuma rute umum, Bus Tingkat Werkudara juga menyediakan rute yang bisa kamu pilih, lho! Ada empat paket tur, A, B,C dan D. Salah satu paket yang menarik adalah Paket D di mana Werkudara akan mengantarkan kamu menuju tempat wisata Museum Batik Kuno Danar Hadi, Pusat Grosir Solo dan Kampung Batik Laweyan, siapa tahu mau berbelanja.

Foto: mayamayul

Tertarik buat traveling ke Janjang Koto Gadang? Sekalian liburan, yuk! Kamu bisa pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah Solo di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 257 times, 1 visits today)

Comments

To Top