Kuliner

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Coba Tape Ketan Muntilan

Suka ngemil tape ketan? Atau justru, kamu sangat ahli dalam berburu tape enak di Pulau Jawa? Well, jangan ngaku penggiat kuliner tape sejati kalau belum pernah mencoba nikmatnya Tape Ketan Muntilan.

Disajikan basah berwarna hijau, tape ketan Muntilan selalu jadi buruan para wisatawan yang tengah dalam perjalanan menuju Jogja atau Semarang. Adalah soal rasa yang bikin mereka ingin mampir terus!

Tapi, apa sih yang bikin spesial dari tape ketan Muntilan yang satu ini? Padahal, kalau dilihat, bentuknya nggak jauh beda dari tape ketan hijau yang sering kita temui di kota-kota besar.

Well, Pegipegi punya beberapa alasan kenapa kamu harus coba mencicipi tape khas yang satu ini. Simak ya!

1. Diburu Saat Lebaran

Foto: kumpulanresep07

Buat yang belum pernah dengar, Muntilan adalah sebuah kota kecil di Jawa Tengah. Letaknya berada di antara jalur utama Semarang-Yogyakarta dan berbatasan langsung dengan kota Magelang. Meski nggak banyak orang kenal, nama Muntilan justru terkenal dengan tape ketannya. Maklum, tape yang satu ini cukup ramai diburu saat lebaran, lho. Satu toples, tape ketan Muntilan dihargai Rp 35-50 ribu.

2. Temannya Banyak

Foto: tokopedia

Nggak cuma nikmat disantap langsung, tape ketan khas Muntilan juga bisa dicoba dengan beberapa varian ‘temannya’. Kebanyakan orang memilih ketan putih sebagai teman santapnya. Kalau nggak dicocol, tape Muntilan jadi topping sang ketan. Nggak cuma itu, kamu juga bisa menikmati tape ketan Mutilan dengan semangkuk es campur atau es teler.

3. Fermentasi Terbaik

Foto: shareandlike

Tape yang rata-rata dijual di kota Muntilaiki proses fermentasi yang sangat baik. Dengan bahan beras ketan, ragi ditabur kedalam untuk meningkatkan rasa asam dan manis hingga kematangan yang rata. Jadi, sudah pasti rasanya sangat beda dengan tape-tape pada umumnya.

4. Sendok Emping

Foto: shareandlike

Nah, salah satu kebiasaan warga Muntilan saat menyantap tape muntilan adalah cara makannya. Nggak pakai sendok, mereka justru menggunakan emping melinjo goreng sebagai alat bantu menikmati tape ketan muntilan. Sensasinya, nggak cuma manis dan asam yang pas, tetapi gurih dari emping melinjo terasa pas di lidah, lho.

5. Pilihan 2 Warna

Foto: kumparan

Tape ketan Muntilan yang biasa dijajakan memiliki dua varian warna, lho. Yang terkenal sih memang warna hijau karena mengandung daun katuk di dalamnya. Namun, kalau yang sedikit alergi dengan pewarna, banyak warga yang menjajakan tape ketan Muntilan berwarna putih polos. Soal rasa, nggak ada bedanya, kok.

Foto utama:  Sutina Asis

Nah, kira-kira mau icip tape ketan Muntilan yang satu ini? Sekalian liburan deh dengan pesan tiket kereta api, dan hotel murah Magelang di Pegipegi! Selamat merencanakan liburan, ya!

pesan tiket kereta api murah ke Magelang  cari hotel murah di Magelang

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 58 times, 1 visits today)

Comments

To Top