Kuliner

5 Alasan Kenapa Harus Coba Gurihnya Becek Kerbau

Travelers, suka merasa bosan dengan daging sapi atau daging kambing? Rasanya, kamu harus travelling ke Grobogan, Jawa Tengah, deh!

Tepatnya di Warung Sedap Yanto Ganjar, kamu dapat menemukan hidangan bernama becek kerbau yang dikenal dengan kegurihannya. Sepintas, becek kerbau terlihat seperti sop konro ala kota Makassar, namun yang membedakan adalah bahan dasarnya yang berwujud daging kerbau.

Penasaran nggak sih bagaimana wujud dari becek kerbau ala Grobogan? Pegipegi sudah mengumpulkan beberapa fakta menarik soal hidangan yang satu ini dan alasan mengapa kamu harus coba! Simak ya.

1. Minim Kolesterol

Becek kerbau disinyalir cocok banget buat kamu yang sedang menjalani diet kolesterol. Meski teksturnya lebih keras dibandingkan daging sapi atau kambing, daging kerbau memiliki kadar lemak dan kolesterol yang minim. Dengan campuran rempah-rempah, nggak heran becek kerbau banyak yang diburu om dan tante yang usianya sudah lanjut.

2. Rahasia Gurihnya

Selain daging kerbau yang dikenal kencang, rasa gurih tercipta berkat campuran rempah-rempahnya. Di dalam satu mangkuk becek kerbau, kamu bisa merasakan bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, lengkuas, cabai hingga daun kedondong yang ditumbuk halus. Untuk mempertajam rasa, adonan bumbu ini digongso atau digoreng tanpa minyak.

3. 10 Kilo Daging Kerbau

Soto kerbau @waroengsedep_yantoganjar 10k nendang rasanya

A post shared by Becek khas purwodadi (@yantoganjar) on

Ramainya pengunjung Warung Sedap Yanto Ganjar ini membuat produksi beceknya juga banyak. Setiap hari, mereka mampu menjual 15 kilogram balungan dan iga kerbau, serta 10 kilogram daging kerbau. Rata-rata, seluruh bahan utama tersebut diperuntukkan untuk produksi becek kerbau per harinya. Sadis!

4. Harga MurMer

Nah, walaupun daging kerbau itu anti mainstream, nyatanya Warung Sedap Yanto Ganjar nggak mematok harga selangit. Berbeda dengan sop konro atau gule kambing, seporsi becek dihargai 17 ribu hingga 25 ribu saja. Isiannya pun bisa pilih. Mulai dari balungan, iga sampai daging. Kalau belum puas, kamu juga bisa mencicipi gule kerbau dengan harga super murah, 17 ribu!

5. Level Empuk Dewa

Foto: kompas

Banyak yang mengira becek kerbau ala Warung Sedap Yanto Ganjar memiliki tekstur daging yang keras. Nyatanya, dengan proses masak yang benar, justru becek kerbau di sini memiliki level keempukan yang luar biasa. Daging yang melekat pada tulang juga gampang terkelupas dan begitu empuk ketika disantap. Diperlengkap lagi dengan lezatnya bumbu yang meresap pada serat-serat daging.

Foto utama: kompas

Mau icip hidangan yang satu ini, travelers? Yuk, segera rencanakan liburanmu bareng Pegipegi dengan pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah, ya!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto utama: liputan6.com

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 146 times, 1 visits today)

Comments

To Top