Tips

5 Alasan Kenapa Berselancar di Pantai Itu Sangat Menyehatkan

Surfing atau berselancar adalah olahraga yang menarik. Selain dapat dilakukan saat kamu liburan di pantai, selancar punya banyak manfaat bagi kesehatan.

Dengan bermodalkan papan, berselancar mampu membantu kamu mempertahankan stamina. Metabolisme dalam tubuh kamu bakal terjaga tiap kali tubuh bagian atas dan bawah berkolaborasi menjaga keseimbangan selama berselancar.

Meski cukup esktrim, selancar dapat jadi olahraga wisata yang bisa kamu cicipi pada liburan selanjutnya. Biar makin semangat, Pegipegi punya 5 manfaat berselancar bagi tubuh, nih.

Simak, yuk!

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Berselancar adalah salah satu bentuk latihan kardio yang alami. Dengan menggunakan hampir seluruh tubuh bagian atas saat mendayu mencari ombak, jantung kamu akan dilatih untuk bekerja secara teratur sesuai dengan iramanya. Maklum, mendayung beberapa menit saja mampu membakar ratusan kalori dalam tubuh yang sekaligus menjaga kesehatan bagi jantung.

2. Vitamin D Alami

Berselancar di pantai sama artinya dengan menerima banyak vitamin D yang dikirimkan oleh matahari. Sinar ultraviolet mengandung vitamin D yang sangat berguna untuk menjaga kekuatan tulang. Vitamin D tersebut mengatur produksi kalsium dan fosfor dalam darah. Nggak cuma itu, vitamin D jga berfungsi untuk mengatur pertumbuhan sel kulit dengan baik, lho!

3. Menguatkan Otot

Saat berselancar, kamu harus menggerakan nyaris seluruh tubuh kamu, nggak terkecuali tangan dan kaki. Semakin lama kamu berselancar, otot di dalam tubuh makin melatih dirinya sendiri. Sehingga, ketika harus melakukan tugas berat selanjutnya, otot nggak mudah cedera seperti terkilir atau pembengkakan dan bergerak lebih fleksibel.

4. Pelepas Stress Akut

Saat berselancar, yang kamu harus hadapi adalah ombak besar dan diri kamu sendiri. Di sini, kamu dilatih untuk fokus memilih ombak sekaligus membuat keputusan krusial. Saat berhasil menunggangi ombak, meski kecil, adrenalin pun terlepas sehingga rasa stress di dalam kepala berangsur hilang. Jika dilakukan secara berulang, mental kamu akan terlatih kuat menghadapi kekuatan alam seperti ombak besar.

5. Memperbaiki Kualitas Tidur

Ada yang bilang, kalau tidur kamu ingin teratur, berolahraga lah! Ada benarnya. Apalagi berselancar termasuk olahraga yang menguras baik fisik maupun mental. Semakin lama kamu berselancar, semakin lelah tubuh, semakin mudah kamu lelap tertidur. Pada saat ini, kamu memberikan waktu yang cukup bagi otot-otot dalam tubuh untuk memperbaiki diri.

Mau berselancar? Sekalian liburan, yuk! Biar mudah, kamu bisa pesan tiket pesawathotel, dan tiket kereta apinya lewat Pegipegi. Selamat liburan.

cari tiket pesawat cari hotel murahcari tiket kereta api

Foto: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top