Kuliner

5 Alasan Kamu Perlu Ganti Karbo dengan Shirataki

Seiring perubahan gaya hidup yang menjadi lebih sehat saat ini, semakin banyak pula jenis-jenis makanan sehat yang direkomendasikan untuk dikonsumsi. Seperti salah satunya adalah shirataki. Buat kamu yang belum tahu, shirataki adalah makanan pengganti karbohidrat yang berbentuk seperti mi atau nasi.

Shirataki merupakan olahan serat glucomannan dari konjac, yakni sejenis tanaman umbi-umbian yang kemudian diolah menjadi konyaku dan kemudian dibuat menyerupai bentuk mi dan nasi. Dengan tekstur yang kenyal mirip jeli, makanan asal Jepang ini memiliki kalori dan karbohidrat yang rendah, namun kaya akan serat dan mengenyangkan.

Nah, buat kamu yang sedang menjalani diet atau mulai merubah gaya hidup menjadi lebih sehat, yuk simak beberapa alasan kenapa kamu perlu mengonsumsi shirataki berikut ini!

1. Rendah Kalori

Karena terbuat dari konjac, shirataki memiliki kalori yang cukup rendah sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh kamu yang lagi diet nih, travelers. Dalam setiap 100 gram shirataki, kalori yang terkandung adalah sekitar 15 sampai 20 kalori. Nggak cuma itu, karena 97% kandungan air yang ada dalam shirataki, makanan berserat tinggi ini juga bisa memberikan rasa kenyang lebih lama, lho.

2. Baik untuk Pencernaan

Glucomannan yang terkandung di dalam shirataki dapat berfungsi untuk menjaga gula darah kamu agar tetap stabil. Dengan mengonsumsi shirataki secara rutin juga bisa membantu mengontrol tekanan darah, meningkatkan fungsi metabolisme, dan mempercantik kulit. Nggak heran kalau makanan ini direkomendasikan bagi kamu yang sedang memulai hidup sehat.

3. Harga Terjangkau

Selain baik untuk kesehatan, shirataki juga mudah ditemukan dan harganya pun terjangkau. Kamu bisa membeli shirataki di sejumlah pasar swalayan besar atau melalui situs jual beli online. Biasanya shirataki dikemas dalam plastik berisi air yang dijual dengan harga sekitar Rp7.000 sampai Rp12.000 untuk ukuran 250 gram.

4. Mudah Diolah

Nggak cuma mudah ditemukan dan harganya terjangkau, shirataki juga mudah diolah menjadi makanan favorit kamu lho, travelers! Kamu bisa membuat tumis shirataki, ramen shirataki, tom yum, hingga nasi shirataki goreng.

Sebelum mengolahnya, sebaiknya cuci terlebih dahulu shirataki, kemudian siram dengan mengunakan air panas. Selanjutnya, kamu bisa menyiapkan bahan pelengkap seperti telur, bakso, wortel, udang, brokoli dan bumbu-bumbu, kemudian tumis bahan-bahan tersebut hingga matang, dan masukkan shirataki sebagai sentuhan akhir.

5. Rasanya Lezat

Soal rasa, shirataki memiliki rasa yang tak jauh berbeda dengan nasi, mi, kwetiau, atau bihun yang biasa kamu temui. Bedanya, tekstur makanan ini lebih kenyal dan berwarna transparan. Selain itu, jika biasanya nasi atau mi perlu dibumbui ekstra saat dimasak agar terasa lezat, shirataki yang bersifat tasteless ini justru lebih mudah menyerap rasa dari bumbu, sehingga kamu tidak perlu menggunakan banyak jenis bumbu untuk bisa menikmati kelezatannya.

Gimana, makin penasaran pengin nyoba shirataki? Meskipun dengan menyantap shirataki bobot tubuh kamu bisa berkurang, tapi jangan lupa untuk tetap berolahraga serta mengonsumsi air putih, sayuran, buah-buahan, protein sehat, dan lemak sehat ya, supaya asupan gizi kamu tetap seimbang dan diet berjalan dengan lancar. Selamat mencoba!

Nah, supaya liburan kamu makin seru, yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top