Destinasi

5 Alasan Kalian Harus Ngefans Sama Turki

Beberapa waktu lalu, Indonesia lagi demam sama hal-hal berbau Korea. Kalau main ke mini market, lagu yang diputar lagu K-pop. Kalau nonton serial, penginnya nonton dramanya Lee Min Ho. Kalau cari makeup, pasti yang dicari makeup dari Korea supaya pas ngaca berasa kayak lihat Song Hye Kyo. Kalau lapar, bawaannya pengin makan Kimchi, padahal sayur asem jauh lebih enak. Sekarang, tren Korea kayaknya mulai bergeser karena tren Turki sudah mulai merajalela. Dan nggak ada salahnya lho, kita mulai ngefans sama Turki karena fakta-fakta berikut.

1. Sinetron Turki rating-nya tinggi

Sekarang, kalau buka teve, biasanya kita langsung dengar reff lagu ini.

Masih adakah cinta yang abadi
Menyatukan dua hati saling isi
Daun pun menari, Alam bersaksi
Seindah musim ceri

Tanpa sadar, original sountrack sinetron “Cinta di Musim Cherry” buatan Turki ini jadi guilty pleasure kita. Sebenarnya nggak pengin nyanyi, sih, tapi bawaannya pengin nyanyiin lagu itu terus. Gimana dong? Nggak cuma soundtrack sinetron Turki yang nyangkut di hati banyak orang, tapi sinetronnya juga. Buktinya, sekarang banyak kaum hawa yang lebih tertarik nonton sinetron Turki ketimbang sinetron Indonesia. Padahal, jumlah sinetron Indonesia ada ratusan, lho. Sementara jumlah sinetron Turki hanya belasan. Selain “Cinta di Musim Cherry”, masih ada sinetron Turki lainnya seperti “Cinta Elif”, “Shehrazat”, dan lain-lain.

cinta di musim ceri

www.muvila.com

2. Cowoknya ganteng, ceweknya cantik

Biasanya, darah campuran yang disukai itu adalah darah campuran Asia dan bule. Nah, orang-orang Turki seperti memiliki kedua campuran itu. Sekilas mereka terlihat seperti orang Arab, tapi bisa juga terlihat kayak bule. Itulah yang membuat penampilan mereka cantik, ganteng, dan unik. Nggak heran kalau ibu-ibu rumah tangga betah nonton sinetron Turki di rumah. Abis cowoknya bikin gemes!

Orang Korea juga menggemaskan sih, tapi kayaknya banyak yang sudah bosan melihat orang Korea yang penampakannya sama semua. Maklum, soalnya standar kecantikan orang Korea, kan, semuanya sama. Kulit putih, mulus, bersih, mata bulat, hidung mancung, bibir tipis, dan dagu berbentuk ‘V’. Karena standar kecantikan itulah mereka rela berlomba-lomba melakukan operasi plastik. Dan kayaknya kita belum pernah mendengar gosip soal orang Turki hobi operasi plastik, deh. Soalnya mereka sudah ganteng dan cantik dari sananya, sih.

CDMCe

www.iyaa.com

3. Makanannya enak

Siapa, sih, yang asing dengan kebab Turki? Resto atau kedai yang menyajikan kebab Turki di Indonesia aja sudah banyak banget! Kita juga nggak bisa memungkiri betapa enaknya daging yang diiris tipis-tipis dari pemanggang vertikal yang berputar. Biasanya kebab disajikan bersama roti atau tortila dengan topping tambahan seperti tomat, selada, bawang bombay, timun, dan lain-lain. Rasanya memang Timur Tengah banget, tapi masih bisa diterima oleh lidah orang Indonesia.

Di mal-mal atau bazaar juga banyak orang Turki yang buka kedai es krim Turki. Es krimnya berbeda dari es krim pada umumnya karena terbuat dari bahan pengental dan pegenyal, jadi ketika disajikan dengan cone, es krim nggak bakal tumpah. Bahkan, ketika cone-nya dibalik. Rasanya juga enak dan bikin happy apalagi si penjual es krimnya suka mengerjai kita ketika memberikan es krim. Si penjual nggak langsung kasih es krimnya, tapi mereka ajak kita main “tarik ulur”. Kadang, ada juga lho pembeli cewek yang nggak sungkan mencium si penjual es krim Turki supaya nggak dikerjai lagi. Nggak sungkan soalnya si penjual cakep, sih! Hihihi…

Selain kebab dan es krim Turki, masih banyak makanan Turki lainnya yang bisa kita coba. Seperti, pide (pizza Turki), lahmacun (roti pipih dan garing yang atasnya ada daging giling, salad, dan sari lemon), borek (kue asin ala Turki), baklava (kue pencuci mulut yang rasanya pedas dan manis), dan lain-lain.

resep-kebab-turki-daging-sapi-tokomesin

www.tokomesin.com

4. Banyak tempat wisata indah dan bersejarah

Ada banyak tempat wisata indah dan bersejarah di Turki yang bikin kamu puas foto-foto cantik di sana. Pastinya foto-foto Instagram kalian bakal banyak likes-nya! Hihihi… Ada Galata Bridge yang merupakan salah satu dari beberapa jembatan yang melintasi teluk Golden Horn di Turki. Selain bisa melihat pemandangan laut yang indah, kita juga bisa melihat langsung bagaimana nelayan memancing ikan di tepi jembatan sambil duduk-duduk di tepi dermaga dan menikmati sandwich ikan. Di sana juga ada bagunan bekas gereja dan masjid bernama Hagia Sophia yang kini dijadikan museum.

Kalau ingin berkunjung ke masjid yang indah, kalian bisa mampir ke Masjid Sultan Ahmed yang lebih dikenal sebagai Masjid Biru karena dinding interiornya dihiasi oleh 20.000 keping keramik biru. Di Turki juga ada bekas tempat pacuan kuda bernama Hippodrome yang kini dijadikan sebagai tempat untuk beristirahat. Kalian juga bisa main-main ke Topkapi Palace yang merupakan kompleks bekas istana tempat tinggal Sultan Ottoman Turki selama 400 tahun dan kini sudah dijadikan museum. Topkapi Palace memiliki banyak bangunan dan fasilitas lengkap seperti asrama, sekolah, perpustakaan, masjid, taman, rumah sakit, dan lain-lain.

Blue_Mosque_Courtyard_Dusk_Wikimedia_Commons

www.wikimedia.org

5. Pantai di Turki dikenal dunia

Turki memiliki 383 pantai dan 21 marina (tempat pangkalan kapal). Pantai-pantai tersebut dianugrahi penghargaan oleh Blue Flag (kelompok lingkungan internasional) yang menilai pantai dan marina di Turki memiliki kualitas air yang tinggi dan lingkungannya bersih. Pantai-pantai Turki yang terkenal di dunia adalah Iztuzu Beach, yaitu pantai keemasan yang panjang dan dikelilingi bukit pinus dan menjadi ekosistem penyu. Pantai Cleopatra juga menarik perhatian pengunjung karena pantai ini diyakini sebagai tempat Cleopatra berbulan madu.

Pantai Kaputas di Turki juga nggak kalah indah karena pantai tersebut memiliki pasir keemasan yang berbatu dan perairannya sangat jernih. Dan masih ada pantai lain yang nggak boleh dilewatkan, yaitu pantai Marmaris yang berada di sebelah barat daya Turki. Pantai Marmaris dikenal sebagai pelabuhan kapal pesiar dan yacht untuk para wisatawan dari Inggris. Uniknya, di sana kita bisa memesan makanan cepat saji, lho! Wah, jadi mupeng pengin main ke Turki, kan!

turkey-801429_960_720

www.pixabay.com

(Visited 1,660 times, 1 visits today)

Comments

To Top