Rekomendasi

5 Aktivitas seru di Kepulauan Seribu

windsurfing

Kepulauan Seribu masih jadi primadona buat para backpacker, khususnya mereka yang tinggal di sekitar DKI Jakarta, meski ada banyak lokasi wisata lain yang jauh lebih indah dan mempesona.

Selain letaknya yang tak jauh dari ibukota, ongkos yang diperlukan untuk mengunjunginya juga terjangkau buat kamu-kamu yang belum punya pekerjaan tetap. Karena berupa kepulauan, spot yang asyik nggak cuma ada di satu tempat aja, melainkan tersebar di segala penjuru kepulauan yang jumlah sebenarnya nggak mencapai seribu (hanya 342 pulau saja kalo menurut sebuah sumber). Kamu dijamin nggak bakal bosan, karena eksotisme alam bahari Laut Jawa akan selalu memberimu ide tentang apa yang musti kamu lakukan ketika berpetualang di sini.

Berikut adalah lima macam aktivitas seru yang bisa kamu pilih dalam kunjunganmu ke Kepualauan Seribu;

1. Berenang
Kalo pergi ke pulau sudah pasti kamu akan menemui pantai, dan salah satu daya tarik Kepulauan Seribu adalah pantai di masing-masing pulau yang memiliki karakteristik yang nyaris sama, yaitu permukaan laut yang tenang dan jernih serta pasir pantai yang putih dan lembut.

Penghobi olahraga berenang seperti Pegipegi pasti nggak akan tega melihat pantai secantik ini hanya dilihat-lihat atau difoto-foto aja, dan pasti nggak tahan untuk nyebur dan berendam bersama rasa asin air laut.Beberapa pulau Kepulauan Seribu yang pantainya cucok buat berenang adalah Pulau Pramuka, Pulau Putri dan Pulau Sepa. Di ketiga pulau ini udah tersedia beraneka macam fasilitas seperti toilet atau kamar mandi umum dan tempat ibadah, sehingga kamu nggak perlu kebingungan mau ganti baju dan mandi di mana sesudah berenang.

2. Snorkeling

snorkeling di pulau seribu

foto: uvoicetravelling.blogspot.com

 

Meski telah terjamah tangan manusia sejak masa penjajahan Belanda, alam bawah laut di Kepulauan Seribu cukup terjaga dan dikukuhkan dengan pemberian status Taman Nasional Kepulauan Seribu demi menjaga alam bawah laut di sini dari kerusakan. Beberapa pulau dengan pemandangan bawah laut terindah adalah Pulau Rambut, Pulau Sepa, Pulau Pantara Barat dan Timur, Pulau Kotok dan Pulau Matahari.

Saran Pegipegi, pilihlah pulau atau perairan yang letaknya jauh dari Teluk Jakarta kalo kamu benar-benar penasaran ingin melihat indahnya pemandangan bawah laut Kepulauan Seribu. Maklum, karena Teluk Jakarta adalah tempat bermuaranya semua sungai yang mengalir di Ibu Kota bersama aneka jenis limbah dan sampah. Makin jauh dari Teluk Jakarta, akan semakin indah dan terjagalah alam bawah lautnya.

3. Berkemah

Ogah ikut teman-temanmu bersnorkeling karena nggak bisa berenang, nggak akan membaut kamu kehilangan keceriaan di Kepulauan Seribu. Nge-camp aja di camping ground yang terdapat di Pulau Laki Besar dan Pulau Laki Kecil yang masih termasuk dalam wilayah Kepulauan Seribu. Cara mendatangi kedua pulau ini cukup mudah, yaitu dengan naik kapal motor dari Pantai Mauk, Tangerang, dengan waktu tempuh sekitar 25 menit.

4. Windsurfing

windsurfing

ilustrasi windsurfing : www.pcwalls.net

Windsurfing merupakan sebuah cabang olahraga bahari yang digemari di mancanegara, namun kurang begitu populer di Tanah Air. Sesuai dengan namanya, windsurfing menggabungkan dua unsur, yaitu surfing dan sailing (berlayar). Dalam olahraga air yang booming di tahun 1980-an ini para windsurfer akan mempertontonkan keahlian mereka mengendarai ombak dengan bantuan angin.
Kamu nggak perlu jauh-jauh ke luar negeri buat nyobain windsurfing, karena sebuah cottage di Pulau Pantara menyediakan menyewakan peralatan windsurfing di bawah panduan seorang instruktur berpengalaman.

 

5. Bird watching

Jangan salah travelers, bird watching bukan sejenis olahraga baru. melainkan aktivitas alam bebas yang menggabungkan antara rekreasi dan kepedulian terhadap kelestarian satwa. Pulau Rambut adalah tempat keren buat kamu yang ingin berwisata sambil belajar mengenal keanekaragaman satwa.

Ada sekitar 20 ribu burung dari berbagai spesies di pulau dengan hutan bakau yang terpelihara cukup baik. Jumlah ini akan meningkat menjadi 50 ekor di setiap bulan Maret sampai September akibat migrasi burung asal Australia. Fenomena ini membuat Pulau Rambut pantas diberi julukan Pulau Kerajaan Burung.

Wah, ternyata jalan-jalan ke Kepulauan Seribu asik juga ya, travelers. Untuk kamu yang di luar Jakarta, rencanakan liburanmu ke Kepulauan Seribu dengan membeli tiket pesawat di pegipegi.com sekarang juga!

(Visited 778 times, 1 visits today)

Comments

To Top