Destinasi

5 Air Terjun Tersembunyi di Malang, Jawa Timur

5 Air Terjun Memukau di Malang, Jawa Timur

Kota Malang memiliki cuaca yang sejuk, dengan pemandangan alamnya yang indah. Puas mengeksplor perkotaan dan wisata kulinernya, jangan lewatkan untuk berkunjung ke air terjunnya. Yap, Malang memiliki banyak air terjun alami atau yang biasa disebut coban. Khusus untuk kamu, pegipegi ulas lima di antaranya. Yuk, cek di bawah ini!

1. Coban Tundo

Cubon Tundo berada di daerah dataran tinggi, tepatnya di atas Desa Tambakasri, Sumbermanjing Wetan. Ada tiga air terjun berdekatan yang bisa kamu temukan sekali jalan. Dari satu air terjun ke air terjun berikutnya pun kira-kira hanya butuh waktu 10 menit dengan berjalan kaki. Menuju ke Coban Tundo, akses yang biasa digunakan para pengunjung adalah melalui Desa Sukodono, karena jalur kecilnya aman dan tidak membingungkan.

Bagi travelers yang membawa kendaraan roda empat bisa memarkir di halaman rumah warga sekitar Coban Tundo. Jalur menuju ke Cuban Tundo hanya bisa dilewati dengan berjalan kaki atau kendaraan roda dua. Masuk Coban Tundo nggak dikenakan biaya sepeserpun. Namun jika kamu membawa kendaraan, biaya parkirnya Rp 10 ribu* untuk mobil dan Rp 5 ribu* untuk sepeda motor.

Nah, air terjun pertama yang bakal kamu temuin bernama Coban Tundo Telu. Air terjun ini bagai kolam kecil, makanya jarang ada yang bermain di Coban Tundo Telu. Yang kedua, Coban Tundo Loro, merupakan air terjun dengan kolam sedalam 8 meter. Di sini, kamu bisa mencoba lompat dari batu besar di sisi kanan air terjun setinggi 5 meter. Yang terakhir, Coban Tundo Siji memiliki kolam sedalam 2 meter. Sekeliling air terjun ini ditumbuhi banyak pepohonan rindang, membuat suasana sekitar sejuk dan tentram.

2. Coban Nirwana

Berenang di 5 Air Terjun Bening, Malang

Foto dari photomalang.com

Coban Nirwana atau yang dulunya bernama Coban Mbok Karimah berada di Desa Gedangan. Nama Coban Mbok Karimah sendiri diambil dari nama tokoh masyarakat setempat, yaitu Mbok Karimah. Coban ini kedalamannya mencapai 3 meter, jadi mesti ekstra hati-hati saat ke sini. Belum ada tarif masuk ke Coban Nirwana ini. Tapi bagi pengunjung yang ingin berenang dan bermain di sini, cukup membayar biaya parkir Rp 2 ribu* untuk kendaraan roda dua dan Rp 5 ribu* untuk kendaraan roda empat. Makin nyaman karena di Coban Nirwana juga tersedia kamar mandi dan warung makan sederhana yang dikelola masyarakat.

3. Coban Panca Warna

Berenang di 5 Air Terjun Bening, Malang

Foto dari akun Youtube @Mas Say Laros

Coban Panca Warna atau yang biasa disapa Coban Telaga Warna ini berlokasi di jalan Dampit, Lumajang, Purwoharjo, Ampelgading. Masuk ke air terjun ini enggak dikenakanan biaya apapun, travelers. Tapi ada biaya parkir Rp 2 ribu* untuk sepeda motor dan Rp 5 ribu* untuk kendaraan roda empat. Coban Panca Warna berada nggak jauh dari Coban Ciblungan, jaraknya pun hanya sekitar 1 km.

3. Coban Ciblungan

Sama dengan air terjun rekomendasi pegipegi sebelumnya, kondisi alam di sekitar Coban Ciblungan tentu masih sangat terjaga. Jernihnya air menyatu dengan suasana alam yang sunyi. Nggak usah khawatir kalau kamu nggak pandai berenang, karena air terjun ini dangkal, kedalamannya hanya sepaha orang dewasa. Sehingga sangat aman untuk bermain dan berendam. Harga tiket masuknya hanya Rp 5 ribu* per orang, dan tarif parkir kendaraan roda empat Rp 5 ribu* dan roda dua Rp 2 ribu* saja, travelers.

5. Coban Kedung Jembar

Lokasi Coban Kedung Jembar berada di Desa Sumberoto, Donomulyo. Kedung Jembar memiliki bentuk yang berundak serta dihiasi kolam-kolam kecil dan kolam utama yang paling besar. Kedalaman kolam utamanya antara 3-5 meter. Biaya masuknya gratis, travelers. Tapi bagi yang membawa kendaraan, tentu wajib membayar biaya parkir.

Perhatikan hal-hal berikut ini!

  1. Jangan sungan untuk bertanya atau minta tolong diantar warga sekitar ketika menuju air terjun. Beri uang terima kasih kepada warga yang mengantar, yah, travelers!
  2. Hindari berkunjung ketika cuaca hujan.
  3. Jangan lupa membawa pulang sampah dan barang bawaan.
  4. Hormati aturan dan larangan yang dibuat masyarakat setempat.
  5. Jangan lupa membawa baju ganti dan perlengkapan renang.

Foto utama dari www.asliindonesia.net

86633390c87633299b6b6705793bb48020f34ed78483f4b017pimgpsh_fullsize_distr

Tubuh lelah puas bermain seharian di air terun, langsung cari tempat peristirahatan lewat pegipegi. Karena pegipegi punya banyak hotel dengan harga terjangkau di Malang. Nggak hotel aja, kamu bisa pesan tiket kereta api dan pesawat murah ke Malang. Ayo, rencakan liburan kamu ke Malang sesegera mungkin, travelers!

cari hotel murah di malang pesan tiket pesawat murah ke malang pesan tiket kereta api ke malang

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Download aplikasi pegipegi di Google Play atau App Store agar tranksaksi lebih cepat dan lebih mudah! Miliki potongan harga tiket kereta api, tiket pesawat dan kamar hotel saat ini juga. Semoga selamat sampai tujuan, travelers!

apps-store

google-play

(Visited 898 times, 2 visits today)

Comments

To Top