Destinasi

5 Air terjun menakjubkan di Malang

Air Terjun Coban Sumber Pitu

Travelers, apa yang ada dalam benakmu kalau disebut kata Malang? Pasti buah apel dan hawa dingin ya! Eit, nggak cuma itu saja lho karena kota ini juga punya banyak coban atau air terjun yang tidak kalah cantiknya dengan daerah-daerah lain. Nah kali ini, Pegipegi mau ajak kalian ‘ngebolang’ menuju ke berbagai air terjun di Malang. Yuk, diikuti sama-sama.

 

Air Terjun Sumber Pitu

Air Terjun Coban Sumber Pitu

foto: papanpelangi.co

 

Air terjun ini disebut dengan Umbulan Pitu dan berada di kawasan yang cukup asri dan sejuk. Panorama khas pegunungan sangat mudah dilihat, seperti keberadaan bebatuan besar dan air sungai yang mengalir dengan jernih. Dentuman air yang terjun dari tebing dan menghantam bebatuan di bawah menjadi nyanyian alam yang enak didengar. Yang paling khas dari tempat ini adalah banyak warga masyarakat yang datang untuk menyembuhkan penyakit dan memohon kelancaran rejeki karena konon air di sini berkhasiat untuk kesehatan dan bertuah.

 

Air Terjun Coban Rondo

Air Terjun COban Rondo

foto: zulfikaralex.com

 

Terletak di belantara hutan pinus, keberadaan air terjun ini sekitar 1.135 meter di lereng Gunung Kawi. Bisa dibayangkan ya travelers kalau hawanya begitu dingin. Dengan tiket masuk Rp10.000* per orang, kalian bisa mengeksplorasi keindahan air terjun sepuasnya sambil berenang atau sekedar bermain air dan mengambil foto. Dengan ketinggian air terjun yang mencapai 60 meter, kalian akan betah menikmati tiap jengkal di area tersebut. Nah sebelum pulang, jangan lewatkan juga menyantap menu makanan lokal ya, seperti sate kelinci, sate ayam, kacang rebus, dan kentang goreng. Hmm, pasti nikmat rasanya menyantap makanan ditengah hawa dingin.

 

Air Terjun Coban Pelangi

Air Terjun Coban Pelangi

foto: www.backpackerindonesia.com

 

Air terjun ini berada di kawasan pegunungan yang cukup terjal berkemiringan sekitar 450 dengan kondisi jalan berkelok-kelok. Bisa dikatakan kalau medan yang harus ditempuh cukup menguras tenaga karena kalian harus melewati daerah perbukitan dan menyusuri anak sungai. Namun kalian tidak akan merasa bosan karena kicauan burung, jernihnya sungai serta pemandangan yang terhampar begitu menghijau akan selalu menemanimu. Dengan ketinggian sekitar 30 meter, bisa dikatakan kalau air terjun ini cukup tinggi dan memukau travelers dari berbagai daerah. Bahkan kalau lagi beruntung, kalian bisa menyaksikan indahnya pelangi yang terbentuk dari bias-bias air dan cahaya matahari diantara tebing-tebing karang.

 

Air Terjun Coban Talun

Coban Talun

foto: optiik.ub.ac.id

 

Karena lokasinya berada di kawasan Bumi Perkemahan Malang, atau tepatnya di lereng barat Gunung Arjuna – Welirang, Air Terjun Coban Talun menjadi incaran travelers yang sedang melakukan kegiatan oudoor disana. Hebatya lagi, air terjun ini punya ketinggian sekitar 75 meter dan berdiameter sekitar 15 meter yang menjadikannya elok dipandang mata. Suasana yang begitu sejuk dengan pepohonan yang mengayomi area air terjun, hawa yang dingin, kicauan burung, serta atmosfer yang sejuk membuat pendar pelangi sangat mudah terbentuk. Untuk bisa masuk kesana, kalian harus membayar retribusi Rp5.000* perorang dengan parkir motor Rp2.000* dan parkir mobil Rp4.000*.

 

Air Terjun Banyu Anjlok

Air Terjun Banyu Anjlok

Air Terjun di Pantai Banyu Anjlok

 

Inilah satu-satunya air terjun di Malang yang lokasinya berdekatan dengan pantai. Bersumber dari sebuah bukit yang terus mengalir melalui tebing, air terjun ini memang tidak tinggi karena hanya sekitar 7 meter saja. Kalau kamu sedang berada di Teluk Kletak’an, akan sangat mudah menemukannya. Biar pengalaman makin tak terlupaan, kalian bisa menaiki batu untuk mencapai puncak air terjun. Dari sana, kalian bisa mendapati cekungan cukup lebar yang berisi air tawar yang bisa digunakan untuk berenang atau sekedar berendam untuk menyegarkan tubuh. Dengan suasana yang begitu tenang dan sejuk, travelers bisa beristirahat sejenak dari kesibukan yang menguras tenaga dan pikiran.

Nah travelers, kalau kalian berencana ‘ngebolang’ ke air terjun di Malang tersebut, pesan saja tiket pesawat dan booking hotel di website Pegipegi.com. Caranya mudah dan nggak ribet. Selamat berlibur.

 

Keterangan * : Harga berlaku pada saat artikel ini ditulis

(Visited 1,128 times, 2 visits today)

Comments

To Top