Destinasi

4 Wisata Menarik Dekat Stasiun Tugu Yogyakarta yang Bisa Kamu Nikmati

Liburan ke Yogyakarta makin seru dengan naik kereta api! Soalnya, saat tiba di Stasiun Tugu, kamu sudah bisa langsung jalan-jalan ke beberapa destinasi wisata menarik, lho!

Karena letaknya yang sangat strategis, Stasiun Tugu menjadi gerbang masuk para pelancong yang ingin langsung menjelajah isi kota Yogyakarta. Mulai dari pusat perbelanjaan hingga kuliner lezat bisa dijumpai dekat Stasiun Tugu, lho.

Apalagi, nggak jauh dari situ, kamu bakal disambut dengan keramaian Jalan Malioboro yang dikenal sebagai pusat pernak-pernik terbesar di Indonesia. Jadi, nggak butuh waktu lama buat kamu untuk jatuh cinta sama Yogyakarta.

Nah, sebagai referensi, berikut empat tempat wisata dekat Stasiun Tugu Yogyakarta yang bisa kamu nikmati saat pertama kali turun dari kereta api. Simak, yuk!

Jalan Malioboro

Jalan Malioboro jadi daya tarik tersendiri bagi para turis yang tengah berlibur. Yap, sepanjang jalan yang menghubungkan Stasiun Tugu dengan pintu masuk Alun-Alun Malioboro, berjejer ratusan toko pernak-pernik tradisional.
Mulai dari pernak-pernik tradisional seperti batik, blangkon, keris hingga kaus ala distro lokal, Dagadu, bisa kamu dapatkan dengan harga yang terjangkau. Lumayan kan buat oleh-oleh sanak saudara hingga teman di kota asal. Nah, di ujung jalan Malioboro, terdapat area taman dekat Istana Presiden yang bisa kamu manfaatkan buat bersantai sambil menikmati suasana damai khas Yogyakarta.

Benteng Vredeburg

Bangunan peninggalan Belanda yang memiliki makna Benteng Perdamaian ini merupakan tempat yang cukup rugi jika nggak dikunjungi kala main ke Jogja. Pasalnya, letaknya memang diapit oleh Malioboro dan titik 0 Kilometer Kota Gudeg. Paling penting memang kita akan banyak belajar mengenai sejarah bangsa pra Kemerdekaan hingga orde baru lewat empat diorama yang ada. Tenang, tiap diorama akan terpampang rapi replika, patung, koleksi benda, foto-foto, dan lukisan bersejarah untuk memanjakan mata.

Taman Sari

Kawasan ini adalah bukti peninggalan Raja Mataram di Yogyakarta. Terletak di luar komplek Alun-Alun Malioboro, Taman Sari dikenal dengan pola bangunan artistik Jawa yaitu sering disebut dengan Istana Air. Jika kita masuk mengelilingi tempat ini akan dijumpai bangunan unik seperti Gedhong Gapura Hageng (gerbang besar), Umbul Pasiraman (pemandian sultan, istri, dan puteri sultan), Gedhong Gapura Panggung (kolam berdinding besar), dan yang paling epik buat foto-foto yaitu Sumur Gemuling (masjid bawah tanah).

Tugu Yogyakarta

Main ke Yogyakarta belum lengkap kalau nggak mampir ke Tugu! Yap, monumen yang berada di kawasan Jetis ini menjadi simbol utama, selain Alun Alun Malioboro, bagi Yogyakarta. Dibangun oleh Sultan Hamengkubuwana I, Tugu Yogyakarta dibangun sebagai patokan arah menghadap puncak Gunung Merapi. Kini, Tugu Yogyakarta makin keren dengan hadirnya lampu hias di sekitarnya. Kamu bisa berburu foto Instagrammable di Tugu Yogyakarta bareng keluarga maupun sahabat.

Pengin main ke Yogyakarta? Yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan cari hotel murah di Yogyakarta lewat Pegipegi! Selamat liburan!

*Harga berlaku sesuai tanggal dibuatnya artikel

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top