Destinasi

4 Tradisi Unik Valentine di Berbagai Negara

Biasanya Valentine (hari kasih sayang) identik dengan pemberian cokelat atau bunga, tapi Valentine nggak hanya sebatas itu, lho. Soalnya, kalau kamu perhatikan, di berbagai negara punya tradisi Valentine unik dan beda dari biasanya. Mungkin ada beberapa tradisi yang bisa kamu tiru ketika memberikan kejutan untuk orang yang kamu sayangi.

Jepang: Valentine dengan berbagai jenis cokelat

Cewek kasih cokelat ke cowok pas Valentine, itu sudah biasa banget. Tapi, kalau cewek di Jepang kasih cokelat ke seseorang, cokelatnya bukan cokelat sembarangan. Pemberian cokelat harus disesuaikan dengan jenis dan sifat hubungan yang dijalani. Misalnya, cokelat giri-choko (giri berarti kewajiban) yang biasanya diberikan kepada orang yang nggak memiliki hubungan romantis dengan kita, seperti teman atau rekan kerja.Sedangkan, cokelat honmei-choko adalah cokelat khusus yang diberikan kepada pacar atau suami. Cokelat yang satu ini sangat spesial karena dibuat sendiri oleh si cewek. Cowok-cowok yang menerimanya pun bisa dibilang sangat beruntung.

Selang satu bulan kemudian (14 Maret) ada perayaan yang dinamakan White Day, di mana si cowok akan memberikan balasan hadiah dua atau tiga kali lipat lebih berharga daripada hadiah yang mereka terima saat Valentine. Istilah ini disebut sanbai gaeshi (kembali tiga kali). Jika ada cowok yang nggak mengembalikan pemberian, si cowok dianggap nggak menghargai hubungan. Dan jika si cowok mengembalikan pemberian dengan harga yang sama, si cowok dianggap ingin mengakhiri hubungan.

valentine-day-japan

http://www.kanpai-japan.com/

Korea Selatan: Valentine hingga tiga bulan

Hari kasih sayang di Korea berlangsung selama tiga periode, yaitu pada tanggal 14 Februari, di mana warga Korea Selatan merayakan Valentin seperti negara lainnya. Cewek-cewek mengungkapkan rasa sayang mereka kepada cowok yang mereka suka. Misalnya dengan memberikan kartu ucapan, bunga, atau cokelat. Satu bulan berikutnya, pada tanggal 14 Maret ada perayaan White Day. Cowok-cowok membalas apa yang telah dilakukan si cewek. Dulu sih, paling si cowok hanya membalas dengan marshmallow atau permen. Kalau di zaman sekarang, mereka cenderung memberikan hadiah berupa barang mewah.

Satu bulan setelah White Day, warga Korea Selatan merayakan Black Day (14 April). Black Day ditujukan untuk mereka yang jomblo. Ketika Black Day, mereka berkumpul bersama teman yang juga belum punya pacar untuk makan jiajang-myeon, makanan berupa mie dengan bumbu berwarna hitam. Atau bisa juga sekadar minum kopi bareng. Saat Black Day, para jomblo di Korea Selatan juga berkesempatan untuk melakukan kopi darat.

korea

http://beyondhallyu.com/

Denmark: tradisi mengirim surat tanpa nama

Valentine di Denmark dikenal dengan nama Gaekkebkrew. Perayaannya nggak jauh berbeda dengan negara lainnya. Penuh dengan suasana romantis, mawar, kata-kata penuh cinta, dan cokelat. Namun, di negara itu ada tradisi tukar kartu yang disebut lover’s card yang dilakukan oleh cowok kepada cewek yang ia sukai. Kartunya terbuat dari bahan transparan, jika didekatkan ke lampu akan muncul gambar pengirim dengan hadiah di tangannya. Gambar yang paling popular adalah bunga snowdrop berwarna putih. Snowdrop adalah simbol cinta dan kasih sayang bagi warga Denmark.

Ada juga tradisi bernama joke letters, surat yang berisi puisi-puisi lucu yang ditujukan kepada cewek yang ia sukai. Dan yang paling seru adalah tradisi di mana seorang pria memberikan surat berisi puisi-puisi cinta romantis yang dituliskan tanpa nama kepada cewek yang ia sukai. Tugas si cewek adalah menebak pengirim surat romantis tersebut. Jika si cewek bisa menebak dengan benar, selanjutnya mereka berdua akan pergi berkencan.

maxresdefault (2)

www.youtube.com

Inggris: dirayakan oleh cewek jomblo dan anak-anak

Valentine di Inggris justru dirayakan oleh cewek jomblo dan anak-anak. Cewek jomblo menyimpan beberapa helai daun di balik bantal di malam hari sebelum Valentine tiba. Ada juga yang menyelipkan daun-daun tersebut ke dalam air mawar sebelum disimpan. Supaya cowok yang akan menjadi suami mereka nanti bakal datang lewat mimpi. Kalau anak-anak di Inggris menganggap Valentine sebagai pesta permen. Mereka menunggu Jack Valentine (santa Kalus-nya Valentine) mengetuk pintu rumah dan membawakan permen dan hadiah.

Sedangkan, para cowok di Inggris memberikan sebuah sendok cantik terbuat dari kayu dan diukir dengan simbol-simbol tertentu ke cewek yang ia sukai. Setiap ukiran pada sendok kayu punya arti berbeda. Contohnya, pola sepatu kuda memiliki arti roda keberuntungan dan dukungan. Sedangkan, pola ukiran sendok yang berbentuk kunci melambangkan kunci menuju hati orang terkasih.

england

www.history.org

(Visited 443 times, 1 visits today)

Comments

To Top