Tips

4 Tips Penting Agar Tetap Sehat Setelah Konsumsi Kuliner Pedas

Indonesia menjadi hunian bagi banyak sekali kuliner tradisional lezat. Ada yang manis, gurih, namun juga ada yang pedas.

Nggak heran, banyak orang yang sangat mencintai kuliner pedas, termasuk kamu yang membaca artikel ini. Mulai dari varian sambal yang menggoyang lidah hingga bumbu rica-rica yang menciptakan sensasi pedas-manis.

Tapi, makanan pedas bisa jadi bumerang buat kesehatan kamu jika nggak berhanti-hati. Bahaya terkena gangguang lambung hingga tenggorokan bisa saja menyerang.

Nah, sebagai referensi kamu, Pegipegi punya beberapa tips sehat untuk pecinta kuliner pedas. Yuk, simak di bawah ini!

1. Sesuaikan Dengan Porsi Makan

Rasa pedas diciptakan sebagai usaha untuk meningkatkan selera makan. Jadi, nggak seharusnya masakan yang kamu akan konsumsi didominasi rasa pedas. Usahakan, level kepedasan harus disesuaikan dengan porsi makan yang kamu konsumsi. Intinya, secukupnya, deh!

2. Hidari Perut Kosong

Makanan yang terlalu pedas dapat menyebabkan banyak orang terkena penyakit asam lambung hingga iritasi usus. Nah, salah satu faktornya adalah kondisi perut kosong saat makanan pedas masuk. Lambung yang bekerja keras bakal mudah terluka dan mengalami peradangan. Jadi, pastikan kamu melahap makanan yang normal dulu sebelum mengonsumsi makanan pedas selanjutnya.

3. Jangan Sebelum Tidur

Setiap cabai mengandung senyawa capcaisin yang dapat mempengaruhi suhu tubuh pada manusia. Ketika makanan pedas masuk, asam lambung akan mengalami pergejolakan. Sehingga, sangat nggak disarankan untuk menyantap makanan pedas sebelum kamu tidur pada malam hari agar isi perut nggak mengalir balik ke kerongkongan saat kamu berbaring.

4. Pastikan Gosok Gigi Usai Makan Pedas

Selain minum air putih hangat, cara untuk meredakan sensasi pedas adalah dengan menggosok gigi. Nah, ada baiknya kamu menggosok gigi setelah menyantap masakan pedas, sekaligus menghilangkan bau cabai yang bisa saja membuat nafas kamu nggak segar.

Sudah siap berburu masakan pedas yang kamu inginkan? Jangan lupa pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top