Rekomendasi

4 Tempat wisata yang wajib dikunjungi di Medan

Kota Medan merupakan salah satu ibu kota propinsi terbesar di Indonesia, setelah Surabaya dan Jakarta tentunya. Meski belum dikenal luas sebagai kota wisata seperti Denpasar, misalnya, sejumlah wisatawan lokal, baik di wilayah Sumatra maupun luar Sumatra, menjadikan kota ini sebagai salah satu tujuan wisata terbaik berkat keindahan alam dan keunikan karakter penduduk setempat. Berikut kami sajikan beberapa tempat menarik yang dapat dikunjungi saat travelers berjalan-jalan di Kota Medan.

1. Istana Maimun

Istana Maimun Medan Yoshiewafa

Istana yang didominasi oleh warna kuning ini merupakan peninggalan bersejarah dari masa Kesultanan Deli. Istana yang memiliki 30 ruangan ini dirancang oleh seorang arsitek berkebangsaan Italia, atas perintah Sultan Deli, Makmun Al Rasyid Perkasa Alamsyah sekitar tahun 1888. Dibangun di atas tanah seluas 2722 m2, Istana Maimun dikenal berkat keunikan gaya desain yang menggabungkan antara budaya Melayu, Islam, Spanyol, India dan Italia.

Istana Maimun terletak di Jl. Brigjen Katamso Kelurahan Sukaraja, Medan, dan tak sulit dijangkau karena terletak di tepi jalan utama. Sayang, Istana Maimun tampak sedikit kurang terawat, meski telah digadang-gadang sebagai ikon Kota Medan. Kamu cukup membayar biaya retribusi sebesar Rp 5000/ orang untuk mengamati beberapa peninggalan masa Kesultanan Deli di dalam istana ini.

2. Air Terjun Dwi Warna Sibolangit

Air Terjun Dua Warna  yoshiewafa

Ini dia salah satu wisata alam yang menakjubkan di Medan, Air Terjun Dwi Warna Sibolangit. Disebut dwi warna karena memang air terjun berikut sungai yang mengalir di bawahnya memiliki dua warna berbeda. Air terjun Sibolangit terdiri dari dua titik air terjun yang  masing-masing berwarna kebiruan dan terasa dingin kalau disentuh. Sedangkan air terjun yang kedua berwarna putih dan air yang hangat. Menarik bukan?

Hanya saja, diperlukan upaya yang cukup keras untuk dapat menikmati keindahan ini, karena kamu harus berjalan kaki selama 3 jam melalui hutan sebelum mencapai air terjun. Sibolangit sendiri merupakan suatu area pegunungan yang dapat kamu capai setelah berkendara selama 2 jam dari Kota Medan.

3. Air Terjun Sipiso-piso, Tongging, Kabupaten Karo

Si piso Piso Piso2 Waterfal yoshiewafa

Air terjun berketinggian 120 meter ini telah terkenal di telinga wisatawan mancanegara berkat keadaan geografis di sekelilingnya, dan bahkan dikenal sebagai salah satu air terjun tertinggi di dunia. Untuk mencapai air terjun ini kamu harus berjalan menuruni ratusan anak tangga di punggung bukit yang mengelilinginya. Saat berjalan di anak tangga ini kamu akan disuguhi pemandangan memikat lainnya, yaitu view Danau Toba yang terletak tak jauh dari Air Terjun Sipiso-piso.

Kamu bisa mendatangi lokasi wisata ini dengan berkendara selama 2 jam dari Kota Medan ke Kabanjahe. Sesampainya di Kabanjahe, travelers dapat naik bus menuju Danau Toba. Kamu hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit dari Desa Tongging menuju Air Terjun Sipiso-piso.

4. Merdeka Walk

Merdeka Walk medan yoshiewafa

Pecinta kuliner pasti tak akan melewatkan kesempatan untuk mengunjungi pusat kuliner khas Medan yang hanya buka di malam hari. Pusat jajanan ini terletak di Lapangan Merdeka, Medan di bawah pepohonan rindang dan dikelilingi bangunan tua bersejarah yang masih digunakan hingga saat ini. Hiasan lampu berwarna-warni menambah kehangatan suasana, apalagi jika kamu mengunjungi lokasi ini bersama orang tercinta.

Mari kita berpetualang di Kota Medan!

(Visited 1,142 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top