Tips

4 Solusi Atasi Makanan Menumpuk Usai Lebaran

Selain bersilaturahmi, Hari Raya Idul Fitri juga identik dengan acara makan bersama. Berbagai menu khas Lebaran, seperti opor, rendang, sayur labu siam, kue kering, dan hidangan pelengkap lainnya bisa kamu temukan di momen spesial ini.

Namun, salah satu masalah utama dari banyaknya hidangan yang tersaji di rumah adalah sisa makanan yang menumpuk. Daripada makanan terbuang sia-sia, berikut ini Pegipegi kasih tips mengatasi sisa makanan usai Lebaran yang bisa kamu coba di rumah!

1. Membekukannya di dalam Freezer

Bahan-bahan makanan seperti buah-buahan, kue, roti, tomat, paprika, bawang, dan rempah-rempah yang belum sepenuhnya terpakai bisa kamu bekukan di dalam freezer untuk kemudian digunakan kembali. Nantinya, kamu tinggal menghangatkan kembali bahan-bahan tersebut kemudian memadukannya dengan bahan makanan lain dan menyantapnya kembali.

2. Mengolah Kembali Sisa Makanan

Kalau kamu mempunyai sisa hidangan lebaran, seperti opor atau rendang, kamu bisa menyisihkan kuah atau ekstra bumbu dari dagingnya, kemudian suwir-suwir atau potong kotak-kotak daging dan olah kembali menjadi makanan favorit kamu. Kamu bisa membuat risoles, martabak, dan pastel dengan isian daging rendang atau ayam bumbu opor. Selain itu, kamu juga bisa membuat nasi goreng rendang untuk sajian sarapan keluarga.

3. Memanggang Sisa Sayuran

Khusus untuk beberapa jenis sayuran bisa kamu panggang di dalam oven dan kemudian dinikmati dengan tambahan pasta, mashed potato, mie, ataupun nasi. Sebagai contoh, kamu bisa memanggang sisa tomat, paprika, zucchini, atau sayuran lainnya yang belum terpakai semua dan menyantapnya dengan hidangan pasta favorit kamu.

4. Membaginya Kepada Yang Membutuhkan

Cara yang paling tepat untuk dilakukan kalau kamu punya cukup banyak makanan yang tersisa setelah Lebaran adalah dengan membagikan makanan tersebut kepada orang-orang yang membutuhkan. Selain itu, kamu juga bisa mengirimkannya ke tetangga, teman, ataupun karyawan kamu. Selama hidangan tersebut masih layak dikonsumsi dan dikemas dengan baik, mereka tentu akan dengan senang hati menerima pemberian tersebut.

Nah, sudah tahu kan bagaimana caranya mengatasi masalah menumpuknya makanan pasca hari raya? Oh ya, supaya terhindar dari makanan yang sudah tidak fresh, Pegipegi sarankan supaya jangan menyimpan makanan terlalu lama di dalam lemari es ya. Jadi, kesehatan kamu bisa terjaga terus deh!

Supaya liburan semakin menyenangkan, kamu bisa cari hotel murah lewat Pegipegi! Soal transportasinya jangan lupa pesan tiket pesawat atau tiket kereta api murah lewat Pegipegi, ya!

cari hotel murah  pesan tiket pesawat murah   pesan tiket kereta api murah

Foto utama: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top