Tips

4 Penyebab Sulit Buang Air Besar Ketika Liburan

Mungkin kamu sering bingung, kenapa sih tiap kali liburan malah susah buang air besar (BAB)? Nah, kali ini Pegipegi mencoba untuk menjelaskan penyebabnya.

1. Kurang nyaman

Kalau di kehidupan sehari-hari kamu sudah menemukan tempat yang nyaman untuk buang air besar, ketika liburan belum tentu toilet atau kamar mandinya nyaman. Tentunya hal tersebut bisa menjadi penyebab kamu sulit buang air besar.

2. Perubahan rutinitas

Saat liburan, rutinitas kamu berubah dari biasanya. Tubuh pun bakal kaget dengan perubahan tersebut, sehingga berpengaruh pada jadwal buang air besar.

3. Perubahan pola makan

Biasanya, pas liburan bakal diisi dengan mencicipi kuliner lokal yang lezat. Nah, makanan yang kamu konsumsi bakalan berbeda dari biasanya. Bisa jadi kamu mengonsumsi makanan yang kurang serat, sehingga kamu jadi susah buang air besar.

4. Punya rasa cemas

Mungkin kamu mengalami rasa takut saat naik pesawat atau ketika melakukan hal-hal yang menantang adrenalin ketika liburan. Sehingga, hal tersebut berpengaruh pada kesehatan pencernaan. Kebanyakan kasus sembelit juga disebabkan oleh stres, lho!

Ingin tahu cara mengatasi sulit buang air besar ketika liburan? Kamu bisa baca di sini, ya!

cara mengatasi sulit buang air besar saat traveling

Pengin rencanain liburan selanjutnya? Yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top