Destinasi

4 Pantai di Kebumen dengan Keindahan Luar Biasa

Main ke Kebumen, rasanya nggak lengkap kalau nggak berkunjung ke pantai-pantai cantiknya! Ada empat pantai di Kebumen yang Pegipegi rekomendasikan berikut ini.

1. Pantai Agung Karang Tengah

Untuk menuju Pantai Karang Agung, kamu diharuskan melewati jalan yang cukup jauh hingga menerobos hutan. Namun, rasa lelahmu akan terbayar saat sudah sampai di tujuan. Yang mencolok di sana adalah adanya batu karang yang terpisah dari daratan. Batunya tinggi, besar, dan berdiri kokoh. Saat zaman dulu, batu itu dianggap sakral dan keramat oleh warga sekitar. Sebelum pantai ini dibuka untuk umum, warga pun sering mengadakan ritual yang disebut sedekah laut.

Di Pantai Karang Agung jangan lupa selfie-selfie cantik, karena pemandangan di sekitarnya begitu instagenic. Jika liburan dengan buah hati, ajak aja main pasir sambil menikmati deburan ombak dan angin sepoi-sepoi. Pantai Karang Agung juga aman untuk berenang di tepiannya atau sekitar karang besar. Sembari bermain, kamu bisa menunggu sunset tiba dan nikmati malam di sana dengan membuat api unggun.

2. Pantai Surumanis

Pantai ini terletak di Desa Pasir Kecamatan Ayah dan berbatasan dengan Desa Srati Kecamatan Ayah. Untuk yang suka menantang adrenalin, berkunjung ke Pantai Surumanis bisa dicoba. Karena medan menuju ke sana cukup ekstrem dan penuh tantangan. Jalan setapaknya kecil dan tanah berlumpurnya licin. Itulah sebabnya pantai ini jarang dikunjungi orang. Plusnya adalah kamu bisa menikmati pantai ini bak pantai pribadi.

Gulungan ombak khas pantai selatan keras menjemput pasir pantai yang lapang menjorok ke daratan. Pepohonan hijau yang asri menambah keindahan dari pantai ini. Tebing hijau membatas memanjang dari barat ke timur menjadi latar yang apik dan memanjakan mata dengan aliran sungai kecil di bawahnya. Di sisi barat Pantai ini dibatasi oleh Bukit Bunton yang menjulang ditumbuhi pohon kelapa. Di sisi timur terdapat Pantai dan Tanjung Karang Penganten.

3. Pantai Menganti

Pantai Menganti berada di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah. Pantai ini memiliki pasir putih dan bersish dan berada di area perbukitan tebing karst. Sejarah Pantai Menganti dimulai ketika pada zaman dahulu ada panglima perang Majapahit yang melarikan diri ke pantai Selatan. Karena, hubungan dengan kekasihnya tidak direstui orang tuanya. Panglima dan kekasih pun berjanji untuk bertemu di tepi samudera berpasir putih. Namun selama beberapa hari panglima menunggu, kekasihnya tidak kunjung datang. Oleh karena itulah tepi samudera berpantai putih ini disebut Menganti yang berarti menanti.

Pantai Menganti termasuk dalam Pantai Selatan yang membentang di Pulau Jawa dengan deburan ombak yang bisa dimanfaatkan untuk surfing. Daya tarik Pantai Menganti adalah hamparan pasirnya yang putih dan birunya laut dikelilingi bukit-bukit hijau dan tebing yang tinggi menjulang. Terdapat tebing pantai raksasa di bagian barat Pantai Menganti yang disebut Tebing Bidadari. Pada musim hujan, kamu dapat melihat keindahan tebing-tebing tersebut berhiaskan empat curug yang turun dari ketinggian lebih dari 30 meter.

4. Pantai Pasir

Wisata Pantai Pasir di Kebumen merupakan pantai sepanjang 700 meter yang menjadi tempat awal kegiatan melaut, sekaligus pendaratan perahu para nelayan penduduk Desa Pasir, Kecamatan Ayah. Para penduduk di desa itu, utamanya pria dan kebanyakan memang bekerja sebagai penangkap ikan di perairan Laut Selatan Jawa.

Pantainya berpasir sebagaimana umumnya pantai di Laut Selatan Jawa. Sebagian area pantainya berbatu, beton pemecah gelombang seperti ini bisa dijumpai cukup banyak di tepian Pantai Pasir Kebumen. Beton kaki empat yang disebut tetrapoda ini dipasang untuk mencegah erosi pantai akibat hantaman gelombang laut selatan yang terkenal ganas dan hampir nggak pernah tidur.

 

Yang mau main ke Kebumen, mampir dulu ke Yogyakarta. Ayo pesan tiket pesawattiket kereta api, dan cari hotel murah di Yogyakarta lewat Pegipegi! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke yogyakarta pesan tiket kereta api murah ke yogyakarta  cari hotel murah di yogyakarta

Foto utama: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top