Berita

4 Masa Sejarah Panjang Kabupaten Belitung

Kali ini Pegipegi ingin mengajak kamu untuk berkenalan dengan empat masa sejarah panjang terciptanya Kabupaten Belitung. Karena, selain menyimpan pantai yang cantik, kota ini juga punya sejarah menarik. Yuk, disimak!

1. Masa kerajaan

686: 

Pulau Belitung tercatat sebagai wilayah Kerajaan Sriwijaya.

1365: 

Belitung menjadi salah satu benteng pertahanan laut Kerajaan Majapahit di masa kejayaannya.

1400-an: 

Berdiri Kerjaaan Badau dengan Datuk Mayang Geresik sebagai Raja I. Wilayah kekuasaannya meliputi Badau, Ibul, Bange, Bentaian, Simpang Tiga, Buding, Manggar, dan Gantung.

1618: 

Berdiri kerajaan kedua, yakni Kerajaan Balok dengan Kiai Agus Masud (Kiai Agus Gedeh Ja’kub) sebagai Raja I (Depati Cakraningrat I). Beliau merupakan keturunan bangsawan Jawa dari Kerajaan Mataram Islam.

1705: 

Berdiri kerajaan ketiga, yaitu Kerajaan Belantu yang merupakan bagian wilayah Ngabehi Kerajaan Balok. Datuk Ahmad sebagai Raja I yang bergelar Datuk Mempawah.

1799: 

Berdiri kerajaan keempat, yakni Kerajaan Buding yang merupakan bagian wilayah Ngabehi Kerajaan Balok pula. Datuk Kemiring Wali Raib sebagai Raja I.

2. Masa penjajahan

1812 – 1817:

Belitung masuk ke dalam wilayah kekuasaan Inggris (secara de facto). Namun, nggak lama kemudian Inggris menyerahkan Belitung ke Belanda (berdasarkan surat Keputusan Komisaris Jenderal Kerajaan Inggris).

1851: 

Belanda mulai mengeksplotasi kekayaan alam Belitung khususnya timah oleh J.F. Loudon yang kemudian membentuk perusahaan Belitung bernama Billiton Maatschappij (maskapai Belitung).

1921: 

Dalam sistem pemerintahannya, Belitung dijadikan distrik yang dikepalai oleh Demang, yaitu KA. Abdul Adjis dan dibantu dua orang asisten yang membawahi dua onder district (Belitung Barat dan Belitung Timur).

1933: 

Berubah status menjadi onder-afdeling yang diperintah oleh seorang controleur berpangkat Asisten Residen yang bertanggung jawab kepada residen dari Afdeling Bangka Belitung.

1939: 

Diberi hak untuk mengatur daerahnya sendiri, sehingga Belitung terbagi dua distrik, yaitu Distrik Belitung Barat dan Belitung Timur.

1942: 

Tentara Jepang menduduki Pulau Belitung. Pemerintahan kedua district dikepalai oleh Gunco.

3. Masa kemerdekaan 

1945: 

Berita Kemerdekaan Indonesia baru diumumkan kepada rakyat Belitung Barat pada 16 Oktober 1945 di Gedung HIS, Tanjung Pandan.

1947: 

Pulau Belitung berubah status menjadi Neolanchap dan dibentuklah Dewan Belitung.

1949: 

Saat Indonesia mengubah statusnya menjadi negara serikat (RIS), Belitung tidak termasuk dalam negara federasi (dipisahkan) atau negara tersendiri.

1950: 

RIS dibubarkan dan Belitung menjadi bagian dari Negara Republik Indonesia dan berstatus sebagai kabupaten di bawah provinsi Sumatera Selatan.

4. Masa sekarang

2000:

Berdasarkan UU No. 27 Tahun 2000, Pulau Belitung dan Pulau Bangka memekarkan diri dan membentuk satu provinsi baru dengan nama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (provinsi ke-31 di Indonesia) pada tanggal 21 November 2000.

2003:

Berdasarkan UU No. 5 Tahun 2003, Kabupaten Belitung memekarkan diri menjadi dua kabupaten, yaitu Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur pada 25 Februari 2003.

Pengin liburan ke Belitung? Yuk, pesan tiket pesawat dan cari hotel murah di Belitung lewat Pegipegi! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke belitung  cari hotel murah di belitung

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top