Destinasi

4 Kawasan Wisata Kota Tua di Luar Pulau Jawa yang Menawan

Mau cari pengalaman wisata yang nggak biasa? Yuk, berburu suasana kota tua di Indonesia dengan sejarah dan arsitektur bangunan klasik di dalamnya.

Eits! pesona kota tua nggak cuma bisa kamu nikmati di kota-kota besar seperti Jakarta, Semarang atau Yogyakarta, lho. Jika kamu kulik lagi, ada banyak kawasan di luar Pulau Jawa yang menyimpan potensi wisata kota tua.

Mulai dari Medan di Sumatera Utara hingga Singkawang di Kalimantam Barat bisa jadi destinasi kamu berburu suasana kota tua. Jangan khawatir, kamu bakal betah berlama-lama di sana.

Nah, sebagai referensi, Pegipegi punya rekomendasi empat wisata kota tua di luar Pulau Jawa yang wajib kamu kunjungi. Simak, yuk!

Kesawan, Medan

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Dewi A. S (@daunjatuhh) on

Jika lagi di Medan, mampir ke kawasan Kesawan, yuk! Destinasi kota lama di ibukota Sumatera Utara ini memegang peran yang penting, lho. Dibalut dengan berbagai arsitektur bangunan jadul, Kesawan dulunya menjadi pusat perdagangan dan pemerintahan kota Medan. Bahkan, di awal era 1900-an, Kesawan menjadi satu titik di mana terdapat pasar, stasiun kereta api, kantor pos, bank, restoran, bank, kantor pemerintahan, hingga masjid yang menggerakkan perkonomian. Salah satu bangunan jadul yang berdiri kokoh hingga sekarang di Kesawan adalah Bank Nederlandsche Handel Maatschappij.

Jam Gadang, Bukittinggi

Nggak cuma Medan yang punya kota lama bernuasa klasik. Jika main ke Bukittinggi, Sumatera Barat, kamu bakal dapat sesuatu yang lebih spesial. Yap, bekas ibukota darurat Indonesia ini menyimpan banyak sekali bangunan neo klasik yang sangat bersejarah. Mulai dari bangunan pemerintahan, markas militer hingga penjara jadul bisa ditemukan di sini. Salah satu ikon Sumbar, Jam Gadang pun terasa mewakili anggunnya kawasan kota lama di Bukittinggi.

Sekanak, Palembang

 

View this post on Instagram

 

A post shared by EIRA PHOTOGRAPHY (@eira.lens) on

Mau berkunjung ke kampung bangsawan? Yuk, mampir ke kawasan Sekanak di Palembang, Sumatera Selatan. Terletak di Keluarahan 7 Ilir IT I, kampung ini dikenal sebagai kawasan permukiman warga Palembang asli. Khususnya yang dari keturunan langsung Kesultnan Palembang Darussalam. Dulunya, kawasan Sekanan merupakan kediaman dari bangsawan dari Palembang, yang merupakan saudara langsung dari Sultan Mahmud Badaruddin II. Nggak heran, kamu dapat menemukan banyak sekali bangunan yang sudah berusia ratusan tahun. Salah satu spot yang wajib disambangi adalah Pasar Sekanak yang punya arsitektur klasik.

Pasar Hongkong, Singkawang

Dijuluki Hongkong van Borneo, kota Singkawang, Kalimantan Barat dikenal sebagai kawasan yang banyak dihuni oleh masyarakat keturunan Tionghoa. Jadi, jangan heran kalau Singkawang dijuluki sebagai kota lama yang sangat menawan. Di sini, kamu bisa menemukan banyak sekali bangunan tua dengan arsitektur ala Negeri Cina. Salah satunya adalah Pasar Hongkong. Selain bisa berburu kuliner lezat, Pasar Hongkong siap bikin kamu terpukau dengan suasana intim mirip dengan Hongkong, lho. Bangunan tua di sini juga dihiasi dengan lampion kalau malam sudah tiba.

Wah, lagi #ButuhPegipegi? Tenang! Biar liburan makin mudah, jangan lupa pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah pesan tiket kereta api murah cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top