Destinasi

4 Hal Seru yang Bisa Kamu Lakuin di Danau Sentani

Kalau ngomongin soal Papua, hal pertama yang biasanya terlintas di benak setiap orang adalah Raja Ampat. Padahal, Papua masih punya banyak tempat wisata alam yang sayang untuk dilewatkan, lho. Salah satunya adalah Danau Sentani. Berlokasi di dekat Jayapura, Danau Sentani memiliki luas sekitar 9360 hektar dengan ketinggian di atas 75 meter di atas permukaan laut dan dikelilingi oleh 22 pulau yang menawan.

Keindahan danau ini emang sudah nggak perlu diragukan lagi. Kalau berkunjung ke danau ini, kamu bakal dimanjain dengan pemandangan pegunungan Cyclops, sejuknya suasana yang hijau dan asri, plus indahnya keanekaragaman jenis ikan yang ada di sana. Sebelum memutuskan untuk berlibur ke Danau Sentani, yuk, cari tahu dulu apa saja yang bisa kamu lakukan di sana!

Menyusuri Danau dengan Perahu

Nggak cuma berenang atau main-main di danau, kamu juga bisa lho nikmatin keindahan Danau Sentani dengan menaiki perahu dan singgah di salah satu pulau yang ada di sana. Kamu bisa menyewa perahu dari Dermaga Kalkothe, kemudian kamu akan diajak oleh pemandu lokal untuk mengunjungi pulau terdekat, seperti Pulau Asei.

Mengolah Sagu
Sagu merupakan makanan pokok bagi masyarakat Papua. Jika berlibur ke Danau Sentani, kamu bisa lihat proses pembuatan sagu hingga mencicipi bubur sagu atau yang dikenal dengan papeda di Desa Abar. Papeda akan lebih nikmat kalau disantap dengan kuah kuning berisi ikan gabus yang ditangkap di Danau Sentani.

Menyaksikan Festival Danau Sentani

Kalau kamu datang ke Danau Sentani di waktu yang pas, yakni pada pertengahan bulan Juni, kamu bisa menyaksikan acara Festival Danau Sentani yang merupakan festival pariwisata yang rutih diselenggarakan setiap tahun dan diikuti oleh turis Belanda, turis lokal, dan paguyuban di Jayapura.

Menampilkan pagelaran budaya, upacara adat, pameran seni, hingga sajian kuliner khas Papua, festival yang telah ada sejak tahun 2007 ini diselenggarakan sebagai wujud pemeliharaan rasa nasionalisme antar penduduk Papua yang terdiri dari suku, ras, dan agama yang berbeda-beda.

Belanja Kerajinan Kulit Kayu
Berkunjung ke Danau Sentani, nggak lengkap kalau kamu nggak beli kerajinan kulit kayu untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Tepatnya di Pulau Asei, kamu bisa menemukan kain kulit kayu yang dilukis indah oleh para seniman lokal dengan beragam motif unik, seperti motif buaya, tifa, legenda penunggang naga, dan yang lainnya.

Nah, sudah tertarik untuk berkunjung ke Danau Sentani? Karena traveling ke timur Indonesia bakal bikin kamu ngerogoh kocek yang lumayan dalam, Pegipegi sarankan supaya kamu berlibur dengan gaya backpacker aja! Selain lebih hemat, liburan kamu pasti jadi lebih menyenangkan.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, liburan ke Jayapura dengan cari hotel murah lewat Pegipegi! Bagi yang berada di luar Jayapura, jangan lupa pesan tiket pesawat lewat Pegipegi, ya!

cari hotel murah di Jayapura  pesan tiket pesawat murah ke Jayapura

Foto utama: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top