Destinasi

4 Goa Unik dan Sakral di Bali yang Menarik untuk Dikunjungi

Liburan ke Bali, jangan cuma berburu pantainya! Kalau kamu telusuri lebih dalam, Pulau Dewata juga punya banyak sekali spot wisata berupa goa unik.

Mulai dari kawasan Ubud hingga Klukung, kamu bisa menemukan banyak sekali goa alam yang sarat akan kisah. Beberapa di antaranya bahkan masih digunakan aktif sebagai tempat ibadah, lho.

Aksesnya pun terbilang mudah, lho. Jadi, kamu hanya perlu berkendara untuk mencapai lokasi deretan goa-goa yang menarik ini. Tertarik?

Nah, sebagai referensi, Pegipegi punya rekomendasi empat goa unik dan menarik di Bali yang bisa kamu kunjungi. Simak di bawah ini, yuk

Goa Gajah

Terletak di Kabupaten Gianyar, Goa Gajah merupakan salah satu destinasi wisata wajib buat kamu yang tengah ada di Bali. Di sini, kamu bisa menkmati berbagai artefak peninggalan Hindu dan Buddha yang sangat bersejarah. Sensasinya, seperti ruang waktu. Sekali masuk ke dalam Goa Gajah, waktu seakan berputar balik ke zaman kerajaaan Bali masih ada. Hanya lima kilometer dari Ubud, Goa Gajah cukup mudah diakses kok. Lantaran sangat suci, tempat ibadah yang berada di dalam sebuah goa ini nggak bisa sembarang dimasuki. Bahkan, kalau kamu ingin berwisata di sini, wajib menggunakan pakaian sopan dan selembar kain yang telah disediakan.

Goa Lawah

Pura Goa Lawah yang ada di Klungkung menjadi satu dari sekian banyak pura-pura unik di Bali. Keunikan yang dimiliki, yaitu keberadaan kelelawar berjumlah ribuan membuat banyak wisatawan penasaran untuk mengunjunginya. Dalam bahasa lokal, ‘goa’ berarti gua dan ‘lawah’ berarti kelelawar. Jadi, Pura Goa Lawah ini punya hubungan erat dengan gua dan kelelawar. Pura Goa Lawah atau juga dikenal dengan Pura Sad Kahyangan Goa Lawah dibangun untuk memuja Dewa Laut. Kalau baru pertama kali datang, mungkin kamu akan terkesima dengan keunikan yang dimiliki pura ini. Kenapa? Karena gua ini letaknya tepat di bawah pohon yang cukup rindang sehingga kesan adem dan mistis langsung terasa.

Goa Garba

Berlokasi di Gianyar, Goa Garba adalah goa yang unik. Karena, bentuknya yang menerupai ceruk dan menjadi tempat pertapaan masyarakat di zaman dahulu. Karena usianya yang sudah ribuan tahun, goa ini terlihat sangat klasik. Menurut catatan prasasti yang bisa dijumpai di Pura Agung Pengukur-ukuran, pura ini berdiri sejak masa pemerintahan Raja Jayapangus. Di dalamnya, terdapat peninggalan berupa tapak kaki yang bisa dijumpai di tengah-tengah tangga yang mengarah ke gua. Telapak kaki tersebut, kabarnya merupakan bekas injakan dari pertapa sakti yang menghabiskan waktunya di Goa Garba Gianyar, tak lain adalah Kebo Iwa.

Goa Giri Putri

Buat kamu yang tengah berad di Nusa Penida, jangan lupa mampir ke Goa Giri Putri. Hadir di ketinggian 150 meter di atas permukaan laut serta panjang sekitar 310 meter, Pura Goa Giri Putri selalu kedatangan pengunjung tiap harinya. Ada yang ingin beribadah tetapi juga ada yang berwisata. Namun, kebanyakan wisatawan di sini penasaran tentang ritual keagamaan yang dilakukan serta suasana sakral di dalam goa. Selain sebagai tempat sembahyang, umat Hindu percaya air yang mengalir dari sumber mata air di Pura Goa Giri Putri ini mengandung kekuatan alami yang dapat menyembuhkan penyakit. Umat Hindu sering memohon Tirta Pangelukatan serta dibawa pulang untuk pengobatan kerabat atau keluarga yang sakit.

Nggak sabar kan pengin liburan ke Bali? Ayo pesan tiket pesawat dan hotel murah di Bali lewat Pegipegi! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke Bali cari hotel murah di Bali

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top