Tips

36 Istilah Perkeretaapian Indonesia yang Perlu Kamu Tahu

Sering naik kereta api? Nah, kamu harus tahu beberapa istilah yang berhubungan dengan kereta api, travelers! Apa aja, ya, istilahnya?

  1. Lokomotif adalah sarana kereta api yang memiliki penggerak sendiri yang dan digunakan untuk menarik atau mendorong kereta, gerbong, dan peralatan khusus. Lokomotif bukan untuk mengangkut penumpang.
  2. Kereta adalah sarana kereta api yang ditarik atau didorong lokomotif. Kereta mempunyai penggerak sendiri yang digunakan untuk mengangkut orang atau bagasi.
  3. Gerbong adalah sarana kereta api yang ditarik atau didorong lokomotif, digunakan untuk mengangkut barang atau hewan. Gerbong kereta api milik PT Kereta Api (Persero) dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu kereta atau gerbong penumpang kelas Ekonomi, Bisnis, dan Eksekutif.
  4. Peralatan khusus adalah sarana kereta api dengan tenaga gerak, baik berjalan sendiri maupun dirangkaikan dengan sarana kereta api lainya yang akan atau sedang bergerak di jalan rel yang terkait dengan perjalanan kereta api.
  5. Kereta api adalah sarana dengan tenaga gerak, baik berjalan sendiri maupun dirangkaikan dengan sarana kereta api lainya, yang akan atau sedang bergerak di jalan rel yang terkait dengan perjalanan kereta api.
  6. Kepala Dipo Traksi (KDT) adalah kepala unit pelaksana teknis yang bertanggung jawab atas pengaturan dinas lokomotif dan kereta rel diesel (KRD), perawatan, dan penyiapan lokomotif dan KRD untuk dinas kereta api.
  7. Kepala Dipo Lokomotif (KDL) adalah kepala unit pelaksana teknis yang bertanggung jawab atas pengaturan dinas lokomotif, perawatan, dan penyiapan lokomotoif untuk dinas kereta api.
  8. Teknis Kereta Api (TKA) adalah petugas yang mengoperasikan dan melakukan perbaikan ringan terhadap fasilitas kereta api.
  9. Kepala Dipo Kereta (KDK) adalah kepala unit pelaksana teknis yang bertanggung jawab atas pengaturan dinas kereta, TKA, perawatan dan penyiapan kereta untuk dinas kereta api.
  10. Kepala Dipo Gerbong (KDG) adalah kepala unit teksis yang bertanggung jawab atas pengatuan dinasan gerbong, TKA, perawatan, dan penyiapan gerbong untuk dinas kereta api.
  11. Puk adalah sub unit di bawah unit pelaksana teknis dipo kereta yang mempunyai tugas melaksanakan pemeriksaan harian dan perbaikan kereta atau KRL (kereta rel listrik), mengatur dinas TKA, menyiapkan dan memeriksa rangkaian kereta atau KRL untuk dinas kereta api, atau pemeriksaan rangkaian kereta api di stasiun pemeriksa tertentu.
  12. Pug adalah sub unit di bawah unit pelaksana teknis dipo gerbong yang mempunyai tugas melaksanakan pemeriksaan harian dan perbaikan gerbong serta mengatur dinas TKA, menyiapkan dan memeriksa gerbong untuk dinas kereta api untuk pemeriksaan rangkaian gerbong untuk dinas kereta api, atau pemeriksaan rangkaian kereta api di stasiun pemeriksa tertentu.
  13. Masinis adalah pegawai yang bertugas mengoperasikan kereta api dan langsiran serta sebagai pemimpin selama dalam perjalanan kereta api di luar emplasemen.
  14. Asisten Masinis adalah pegawai yang bertugas membantu masinis dalam mengoperasikan kereta api dan langsiran.
  15. Kondektur adalah pegawai yang membantu masinis untuk menertibkan perjalanan kereta api dan langsiran apabila di suatu tempat tidak ada juru langsir, serta mengoordinasikan pelaksanaan tugas petugas lain di dalam kereta api.
  16. Urusan perjalanan kereta api adalah segala kegiatan yang berkaitan dengan pelayanan dan perjalanan kereta api, demikian juga yang berhubungan dengan perjalanan lori.
  17. Pengatur perjalanan kereta api (PPKA) adalah pegawai yang mengatur dan melakukan segala tindakan untuk menjamin keselamatan dan ketertiban berikut segala sesuatu yang berkaitan dengan urusan perjalanan kereta api dan langsir dalam batas stasiunnya untuk wilayah pengaturan setempat atau beberapa stasiun untuk wilayah pengaturan daerah.
  18. Pengawas peron (PAP) adalah pembantu PPKA dalam melaksanakan pengaturan perjalanan kereta api dan langsiran, serta bertanggung jawab atas urusan administrasi perjalanan kereta api .
  19. Laporan kereta api (lapka) adalah pedoman dan laporan yang berisi catatan yang jelas dan lengkap selama masinis melaksanan dinas kereta api, sekaligus merupakan surat perintah perjalanan dinas kondektur.
  20. Laporan Kondektur (lkdr) adalah pedoman dan laporan berisi catatan yang jelas dan lengkap selama kondektur melaksanakan dinas kereta api, sekaligus merupakan surat perintah perjalanan dinas kondektur.
  21. Lokomotif dingin adalah lokomotif dalam kondisi mesin mati (engine off).
  22. Suling lokomotif adalah perawatan operasional lokomotif yang dipergunakan untuk memperdengarkan semboyan suara.
  23. JTL adalah pejabat yang bertanggung jawab atas perawatan dan kehandalan lokomotif pusat.
  24. JTK adalah pejabat yang bertanggung jawab atas perawatan dan kehandalan kereta dan gerbong di pusat.
  25. JPI adalah pejabat yang bertanggung jawab atas penjagaan aset prasarana (infrastructure assuts) di pusat.
  26. JPR adalah pejabat yang bertanggung jawab atas penjagaan aset sarana (rolling stock assets) di pusat.
  27. JTJ adalah pejabat yang bertanggung jawab atas perawatan dan kehandalan jalan rel dan jembatan di pusat.
  28. JOR adalah pejabat yang bertanggung jawab atas perencanaan operasi dan dinas sarana di pusat.
  29. JOP adalah pejabat yang bertanggung jawab atas pengendalian operasi dan dinas sarana di pusat.
  30. JPTD adalah pejabat yang bertanggung jawab atas perawatan dan keandalan sarana di daerah.
  31. JPJD adalah pejabat yang bertanggung jawab atas perawatan dan kehandalan jalan rel dan jembatan di daerah.
  32. JPOD adalah pejabat yang bertanggung jawab atas perencanaan dan pengendalian operasi kereta api di daerah.
  33. JPAK adalah pejabat yang bertanggung jawab atas penugasan awak kereta api dan kondektur untuk dinas kereta api, langsiran, dan cadangan di stasiun awal pemberangkatan kereta api, atau di stasiun pergantian awak sarana kereta api.
  34. Pengirim adalah perorangan, badan usaha, atau institusi lain yang menggunakan jasa pengiriman barang dengan kereta api.
  35. Berat kosong adalah berat kereta atau gerbong tanpa muatan.
  36. Berat total kereta adalah berat kereta termasuk muatan.

86633390c87633299b6b6705793bb48020f34ed78483f4b017pimgpsh_fullsize_distr

Kalau ingin mencari tiket kereta api yang mudah dan terjangkau, kamu bisa pesan tiket kereta api murah lewat pegipegi, ya! Dan jangan lupa cari juga hotel murahnya!

cari tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto utama: http://bisniswisata.co.id/

 

(Visited 1,604 times, 7 visits today)

Comments

To Top