Rekomendasi

3 Tempat Wisata Kuliner Cokelat di Indonesia

Siapa sih yang nggak suka sama cokelat? Selain bisa memberikan efek bahagia ketika dimakan, cokelat juga punya banyak manfaat untuk kesehatan. Yaitu, bisa menyehatkan jantung, menurunkan kolesterol, menghambat penuaan, meningkatkan kesehatan otak, dan lain-lain. Manisnya cokelat bisa kamu dapatkan di beberapa tempat wisata di Indonesia. Jadi, nggak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk menikmati cokelat kan?

1. Pod Chocolate Bali

Di tempat ini, kamu bisa merasakan langsung seperti apa tur proses pembuatan cokelat. Ketika masih berbentuk pod (buah kakao), lalu berkeliling di pabrik pengolahannya, hingga proses mencetak cokelat di cetakan berbentuk gajah. Selain bisa diicip, kamu juga bisa membawa pulang cokelat tersebut sebagai oleh-oleh. Bahkan, kamu bisa mencicipi kakao yang masih mentah dan kakao yang sudah dipanggang.

Jangan khawatir kamu bakal kurang kenyang karena cuma makan cokelat. Karena, di sana kamu juga bisa menikmati ragam menu makan siang di kafe serta es krim. Ada juga wisata gajah dan kegiatan lain yang bisa kamu ikuti, lho. Tur cokelat dilakukan setiap hari dari pukul 10.00 – 15.00 WITA, dengan durasi per tur kurang lebih 2 jam. Tarifnya $45 untuk dewasa dan $25 untuk anak-anak di bawah usia 12 tahun.

Alamat: jalan Tukad Ayung, Carangsari, Petang, Kabupaten Badung.

pod chocolate

Dok. Instagram podchocolate

2. Chocomory Bogor

Chocomory adalah tempat menjual cokelat di Bogor yang terinspirasi dari pabrik cokelat di Belgia, sebagai negara penghasil cokelat terbaik di dunia. Bagian depan pabriknya dibuat seperti rumah kue di film “Hansel and Gretel”. Sama seperti di Pod Chocolate. Di sana kamu bisa menyaksikan langsung bagaimana cara membuat cokelat, melihat bahan-bahan yang dipakai, dan memerhatikan kebersihan pabrik serta pekerja-pekerja.

Aneka cokelat yang dijual di sana adalah chocolate bar, chocolate covered, praline, countline (cokelat snack). Kamu juga bakal diajari cara menikmati cokelat yang benar, yaitu dengan cara memasukkan potongan cokelat dan menekannya ke langit-langit mulut dengan lidah. Kemudian biarkan cokelat meleleh di dalam rongga mulut hingga habis. Ehm, sepertinya enak, ya!

Alamat: jalan Raya Puncak Km 67 , Puncak.

chocomory

Dok. Instagram chocomory

3. Pabrik Cokelat Monggo Yogyakarta

Cokelat Monggo memang sudah beredar di seluruh Yogyakarta, tapi nggak ada salahnya lho jika kamu main ke pabriknya. Karena di sana kamu bisa melihat secara langsung bagaimana cokelat terkenal ini dibuat dari balik kaca display. Tips jika ingin berkunjung ke sana adalah jangan datang pada hari pasaran Legi (pasaran pada kalender Jawa) karena di hari itu bakal ramai dan macet.

Ada banyak varian rasa cokelat yang diproduksi pabrik itu seperti praliné – krim kacang mete, caramello – krim karamel, dark – 58% kakao, stroberi, durian, white chocolate, mangga, marzipan, jahe, red chili dan lain lain. Cokelatnya juga tersedia dalam berbagai bentuk , ukuran, dan kemasan. Seperti bars, tablet, dan kemasan khusus. Kemasan yang digunakan merupakan kertas daur ulang yang akan menimimalisir penggunaan plastik dan ramah lingkungan.

Alamat: jalan Dalem KG III / 978, Purbayan Kotagede.

monggo

www.chocolatemonggo.com

Menyenangkan banget, ya, kalau kamu bisa main ke tempat wisata cokelat di atas! Jangan lupa pesan hotel murah dan dekat dengan lokasi wisata cuma di pegipegi.com!

(Visited 687 times, 1 visits today)

Comments

To Top